Bolehkah Ibu Hamil Minum Wedang Jahe? Ini Jawabannya

Banyak yang bertanya-tanya apakah wedang jahe untuk ibu hamil itu aman? Mengingat dalam kondisi hamil ada beberapa makanan dan minuman yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi. Karena dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin dan kesehatan sang ibu.

Tapi bolehkah ibu hamil minum wedang jahe? tentu boleh, wedang jahe merupakan minuman herbal yang sangat bermanfaat khususnya bagi ibu hamil. Bahkan menurut para ahli secara umum wedang jahe boleh dikonsumsi oleh ibu hamil bahkan bisa dikatakan bahwa wedang jahe itu bermanfaat untuk ibu hamil asalkan kondisi kehamilan normal dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi wedang jahe ( 1 cangkir sehari ).

Dengan manfaat wedang jahe yang sangat banyak, wedang jahe mampu membantu mengurangi beberapa keluhan yang dialami oleh ibu hamil seperti keluhan mual dan muntah pada trimester pertama. Dibawah ini ada manfaat-manfaat lain yang dapat diperoleh ketika ibu hamil mengkonsumsi wedang jahe.

Manfaat Minuman Wedang Jahe untuk Ibu Hamil

Wedang jahe memang sudah sangat terkenal memiliki banyak manfaat. Jika dikonsumsi secara benar dan berlebihan wedang jahe akan memberikan banyak. Dan berikut manfaat wedang jahe untuk ibu hamil :

  1. Membantu mengatasi mual di pagi hari
  2. Membantu mengatasi kram yang sering dirasakan di trimester pertama
  3. Meredakan sakit tenggorokan
  4. Melancarkan pencernaan
  5. Membantu perbaikan otot
  6. Mengatur gula darah
  7. Mengatur kolesterol
  8. Membantu mengatasi kecemasan
  9. Meningkatkan kekebalan tubuh
  10. Memasok Darah Ke Janin
  11. Penyerapan Gizi Yang Lebih Baik
  12. Membantu Menyembuhkan Batuk Pilek
  13. Sumber Zat Besi Dan Vitamin C

Jadi ibu hamil tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi wedang jahe, namun jangan sampai berlebihan dan tetap dalam pengawasan dokter atau bidan sebab jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan berbagai masalah.

Bahaya Jahe Untuk Ibu Hamil Apabila Dikonsumsi Berlebihan

Meskipun wedang jahe memiliki banyak manfaat tapi juga terdapat bahaya untuk ibu hamil, apabila dikonsumsi secara tidak benar apalagi kondisi kandungan yang tidak bagus atau bermasalah.

1. Meningkatkan risiko gangguan pencernaan

Salah satu manfaat wedang jahe adalah memperlancar proses pengosongan pencernaan, mengatasi mual dan muntah. Namun apabila ibu hamil mengkonsumsi berlebih akan berefek buruk pada pencernaan.

Beberapa efek yang timbul ada mulas, kembung, asam lambung naik, dan tengorokan terasa terbakar.

2. Meningkatkan risiko perdarahan

Beberapa ahli mengutarakan bahwa mengkonsumsi wedang jahe dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan. Khususnya pada ibu hamil yang secara rutin mengkonsumsi obat tertentu dari dokter.

Oleh karena itu, bagi ibu hamil yang sedang aktif mengkonsumsi obat tertentu seperti koantigulan, atau mendekati waktu persalinan sebaiknya tidak mengkonsumsi wedang jahe.

3. Memengaruhi kadar gula darah saat hamil

Salah satu manfaat dari wedang jahe adalah menurunkan kadar gula, sehingga jahe sangat cocok untuk penderita diabetes. Namun manfaat ini bisa menjadi masalah bagi ibu hamil yang mengalami kekurangan gula darah sehingga dapat memperparah kondisi.

4. Meningkatkan risiko komplikasi kehamilan

Beberapa kejadian sempat dilaporkan sebagai efek dari konsumsi jahe seperti cacat lahir, prematur dan komplikasi kehamilan. Akan tetapi resiko tersebut terbilang rendah.

5. Keguguran

Selain dari keempat efek samping diatas, yang muncul akibat mengkonsumsi jahe secara berlebihan atau mengkonsumsi wedang jahe ketika rutin meminum obat, dikhawatirkan juga akan menimbulkan efek yang lebih parah yang sangat berpotensi mengakibatkan keguguran.

Tips Aman Minum Jahe Untuk Ibu Hamil

Jika ibu hamil adalah seorang penikmat jahe, hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk mengetahui apakah kondisi kehamilannya memungkinkan untuk mengkonsumsi wedang jahe atau tidak.

Meski belum ada ukuran pasti berapa dosis wedang jahe yang dikonsumsi untuk meredakan mual muntah untuk ibu hamil, para peneliti mengeluarkan patokan berupa 1 gram jahe perhari atau setara dengan 4 cangkir wedang jahe, namun cukup disarankan 1 cangkir saja perhari.

Hindari mengkonsumsi jahe atau wedang jahe ketika sudah mendekati waktu kelahiran, karena dapat berdampak buruk pada proses persalinan, kesehatan bayi dan sang ibu.

About Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalUntukGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

View all posts by Shunt Magetan

Leave a Comment