Resep dan Manfaat Aneka Wedang Jahe Untuk Kesehatan dan Imunitas Tubuh

Wedang Jahe adalah minuman tradisional yang sangat terkenal di Indonesia sebagai minuman yang memiliki banyak sekali manfaat, baik itu wedang jahe rempah, susu, uwuh, jahe merah atau wedang jahe angkringan. Manfaat wedang jahe diantaranya adalah menghangatkan badan, menghilangkan mual-mual, mengobati vertigo, demam, batuk dan sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam Jahe, jahe sendiri termasuk dalam kategori tanaman rempah yang biasa digunakan untuk pengobatan. Jahe atau dengan nama latin Zingiber Officinale memiliki segudang manfaat dengan kandungan senyawa aktif seperti zingiberin, kamfer, lemonin, borneol, shogaol, sineol, fellandren, zingiberol, gingerol, dan zingeron.

Dengan kandungan tersebut, jahe cocok dikonsumsi oleh siapa saja baik itu pria maupun wanita. Dan bagusnya lagi jahe ini bisa dengan mudah kita temukan disekeliling kita.

Manfaat Wedang Jahe Secara Umum

Manfaat Wedang Jahe

Sudah bukan rahasia lagi jika wedang jahe memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pria maupun wanita. Dan berikut 6 manfaat wedang jahe secara umum yang biasa dicari oleh orang-orang ketika mengkonsumsi wedang jahe.

Baca Juga :

1. Menghangatkan dan Menyegarkan Badan

Sudah tidak diragukan lagi jika wedang jahe mampu memberikan rasa hangat bagi tubuh kita, dengan disajikan secara hangat, rasa pedas dari jahe serta penambahan gula batu atau gula merah akan memberikan sensasi hangat dan menyegarkan badan.

2. Menghilangkan Rasa Mual

Selain terbukti menghangatkan badan, wedang jahe juga dipercaya mampu menghilangkan rasa mual. Baik mual karena masuk angin, mabuk kendaraan atau mual muntah karena efek samping dari pengobatan atau operasi seperti kemoterapi.

3. Meredakan Rasa Nyeri dan Sakit

Kandungan Gingerol dan Fenol yang ada di dalam jahe merupakan senyawa kimia aktif yang bersifat antinyeri yang mampu meredakan rasa nyeri yang dialami oleh tubuh kita. Sehingga wedang jahe cocok untuk dikonsumsi orang yang sedang mengalami sakit kepala biasa, ataupun migrain.

Wedang jahe juga cocok untuk meredakan nyeri gejala lambung, nyeri otot, nyeri karena menstruasi. 

4. Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Wedang Jahe yang dibuat dari bahan jahe yang sudah dikeringkan memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, yang mampu melindungi kita dari efek radikal bebas yang mengincar. Disisi yang lain, wedang jahe yang asli mampu mencegah atau memperlambat penyakit gagal ginjal.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Dengan kandungan senyawa aktif yang dimilikinya, wedang jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, serta mencegah terjadinya komplikasi diabetes seperti jantung, stroke dan retinopati.

Menurut penelitian di Iran, manfaat wedang jahe ini akan lebih maksimal jika dalam pembuatannya ditambah dengan kayu manis.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat wedang jahe yang ke 6 adalah meningkatkan kekebalan tubuh, benar dengan kandungan antioksidan yang tinggi serta senyawa kimia aktif lainnya membantu peningkatan sistem pertahanan tubuh atau Imun tubuh, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Cara Membuat Wedang Jahe Sederhana

Cara Membuat Wedang Jahe Sederhana

Setelah mengetahui seberapa hebatnya manfaat wedang jahe, sekarang saat mencoba membuat wedang jahe sederhana.

Siapkan beberapa bahan berikut :

  • 1 ruas jahe (kalau bisa yang kering)
  • Gula pasir, lebih baik jika menggunakan batu atau gula merah.
  • Garam secukupnya

Langkah-langkah Membuat wedang jahe sederhana :

  1. Bersihkan jahe, iris kecil-kecil
  2. Siapkan panci berisi air, kemudian masukan semua bahan.
  3. Rebus hingga mendidih dan mengeluarkan aroma jahe yang harum
  4. Sajikan wedang jahe selagi panas.

Selain wedang jahe sederhana, ada beberapa resep-resep jahe lain yang ditulis diartikel ini, seperti wedang jahe khas angkringan, wedang jahe rempah, dan lainnya. Jadi simak hingga akhir.

Cara Membuat Wedang Jahe Angkringan

Cara Membuat Wedang Jahe Angkringan

Angkringan merupakan salah satu tempat makan (nasi kucing) pinggir jalan yang terkenal di seluruh jawa tengah, khususnya Jogja dan Solo. Selain terkenal dengan nasi kucing, angkringan juga terkenal dengan Wedang Jahe yang spesial.

Dimana wedang jahe ala angkringan ini terasa nikmat, pedasnya terasa dan benar-benar tiada duanya. Sebenarnya secara resep tidaklah jauh berbeda dari wedang jahe yang sederhana, yang menjadi rahasia dari resep wedang jahe angkringan ini adalah pada proses pembuatannya yaitu dengan cara dibakar dan dipukul untuk menghilangkan rasa pahit dan mengeluarkan rasa pedas.

Bakarlah jahe menggunakan arang agar hasilnya lebih maksimal. Jika tidak ada, kita bisa menggunakan kompor dengan api yang kecil, bakar hingga jahe mengembang dan kulitnya mengkerut.

Tapi hati-hati jangan sampai kering dan jangan dibolak balik, tunggu hingga panas merata dan meresap kedalam jahe.

Kemudian seduh jahe dengan air panas, lalu tambahkan gula batu atau gula merah dan jahepun siap dihidangkan.

Cara Membuat Wedang Jahe Merah

Cara Membuat Wedang Jahe Merah

Jahe merah tidak seperti jahe pada umumnya, ciri utama dari jahe merah ini adalah warnanya yang merah dimana jahe lain berwarna keputih-putihan. Soal khasiat jangan ditanya lagi, jahe merah ini telah dipercaya banyak orang dan negara sebagai salah satu tanaman herbal atau obat tradisional.

Jahe merah ini dipercaya memiliki kandungan senyawa kimia aktif yang sama dengan jahe pada umumnya namun dengan kadar yang lebih tinggi, sehingga khasiatnya lebih terasa.

Ciri yang lain dari jahe merah ini adalah rasanya, rasa pedas jahe merah lebih terasa dibandingkan jahe-jahe biasa, sehingga sensasi hangat dan segar pada tubuh langsung terasa.

Manfaat Wedang Jahe Merah

Seperti pada wedang Jahe pada umumnya, wedang jahe merahpun mememiliki banyak manfaat selain menghangatkan dan menyegarkan badan, diantaranya :

1. Antiradang

Kandungan gingerol, gingerdione, dan zingeron pada jahe mampu menghambat mediator peradangan (prostaglandin). Efek tersebut sama dengan efek yang ditimbulkan ketika kita mengkonsumsi obat antinyeri atau antiradang ibuprofen yang terkenal mampu mengurangi rasa nyeri yang dialami tubuh.

2. Memperbaiki Imunitas

Kandungan antioksidan dari jahe merah tidaklah diragukan lagi, apalagi jahe merah telah dikeringkan sehingga kadar antioksidannya meningkat. Antioksidan inilah yang akan memperbaiki sistem imun tubuh kita.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Pelan namun pasti, dalam studi yang dilakukan oleh fakultas Farmasi UGM, jahe merah yang dioleh menjadi minyak esensial mampu menstimulis gairah seksual yaitu dengan meningkatkan libido.

Sementara ketika dijadikan sebagai wedang jahe merah, kita bisa menambahkan kandungan zinc atau suplemen zinc untuk merangsang produktifitas sperma testi pria.

4. Mengurangi Morning Sickness

Morning sickness atau mual dipagi hari biasanya dirasakan oleh ibu hamil trimester pertama. Wedang jahe merah sangat ampuh dalam urusan meredakan rasa mual. Baik itu mual karena mabuk perjalanan, mabuk efek samping pengobatan atau operasi.

Baca juga : Bolehkah Ibut Hamil Minum Wedang Jahe? Ini Jawabnnya

Namun khusus untuk ibu hamil sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu, karena ada beberapa ibu hamil yang tidak tahan dengan jahe atau aroma jahe.

Resep Wedang Jahe Merah

Untuk membuat wedang jahe merah, kita siapkan beberapa bahan-bahan berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 200 gr jahe merah, geprek
  • 5 btg sere, geprek
  • Segenggam kayu secang
  • 2 ruas jari kayu manis
  • 2 bh pekak / bunga lawang
  • 5 helai daun pandan, ikat simpul
  • 100 gr gula aren, sisir
  • 2,5 liter air

Cara Membuat Wedang Jahe Merah

  1. Cuci bersih jahe, sere, kayu secang, kayu manis, pekak dan daun pandan.
  2. Rebus semua bahan dengan api kecil hingga aroma wangi keluar.
  3. Jika aroma wangi telah keluar maka wedang jahe merah siap untuk dihidangkan.
  4. Jika wedang jahe telah dingin, dapat dipanaskan kembali.

Cara Membuat Wedang Jahe Rempah

Cara Membuat Wedang Jahe Rempah

Wedang jahe rempah atau biasa dikenal dengan wedang jahe uwuh sebenarnya masuk dalam kategori obat herbal dengan fungsi atau manfaat untuk memperbaiki imunitas tubuh, dimana jika kita merasa capek-capek atau linu-linu dibadan, maka konsumsilah wedang jahe rempah ini.

Manfaat Wedang Jahe Rempah

Sekilas sudah dibahas tentang manfaat wedang jahe rempah, tapi lebih spesifik wedang jahe rempah ini adalah mengembalikan kebugaran tubuh, dengan kandungan-kandungan senyawa aktif pada jahe, serta rempah-rempah lainnya, membuat khasiat jahe rempah ini makin bagus.

Dan bagusnya lagi, wedang jahe rempah ini cocok untuk dikonsumsi pria atau wanita. Namun khusus untuk wanita hamil, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk menghindari adanya alergi atau penolakan terhadap jahe.

Resep Wedang Jahe Rempah

Nah bagi kamu yang sedang mencari resep wedang jahe rempah atau wedang jahe uwuh tak perlu risau, langsung saja berikut resepnya.

Bahan-bahan:

  • 3 buah jahe merah.
  • 4 buah cengkeh.
  • 1 batang kayu manis.
  • 2 buah gula merah.
  • 2 sdm gula pasir.
  • 800 ml air.

Cara membuat wedang jahe rempah

  1. Cuci bersih jahe, kayu manis dan cengkeh.
  2. Masukan kedalam panci yang berisi 800ml air.
  3. Tambahkan gula merah dan gula pasir.
  4. Rebus dengan api besar, jika sudah mendidih kecilkan api.
  5. Tunggu beberapa saat, dan wedang jahe rempahpun siap dihidangkan.

Cara Membuat Wedang Jahe Sereh

Cara Membuat Wedang Jahe Sereh

Wedang jahe sereh atau serai, sudah terkenal jika dua bahan ini (jahe dan sereh) adalah tanaman tradisional yang memiliki banyak manfaat, jika dari tadi kita ngomongin manfaat jahe, sekarang kita akan bahas manfaat sereh.

Manfaat Tanaman Sereh

Sereh terkenal sebagai salah satu obat herbal yang dapat kita temukan disekeliling rumah, ya minimal ada di pasarlah. Karena sereh ini juga menjadi salah satu bahan-bahan dapur, jadi sangat mudah ditemukan.

Kandung nutrisi dalam sereh ini sangat banyak, diantaranya vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan.

Jika dijadikan minyak, sereh dapat dijadikan obat nyamuk atau aroma terapi.

Manfaat yang dapat kita peroleh dari sereh ini diantarnya:

  1. Antioksidan tinggi, yang dapat meningkatkan daya imunitas tubuh kita, jadi kita tidak gampang sakit.
  2. Antimikroba, air rebusan sereh dapat dijadikan antibiotik untuk mengobati infeksi mulut dan gigit akibat bakteri.
  3. Anti Peradangan, yang cocok untuk kamu yang sedang menderita flu dan sakit tenggorokan.
  4. Detoksifikasi Tubuh, sereh dapat membantu melancarkan buang air kecil sehingga pembuangan racun melalui air seni dapat optimal serta dapat memperbaiki dan meningkatkan fungsi ginjal.
  5. Melancarkan Pencernaan, sereh dapat membantu proses pencernaan sehingga usus kita menjadi lebih mudah mencerna makanan, tidak hanya itu, sereh juga memberikan rangsangan-rangsangan yang membuat pencernaan lebih sehat.
  6. Atasi Tekanan Darah Tinggi, kandungan kalium dalam sereh mampu memberikan rangsangan terhadap sirkulasi darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah ke titik normal. Selain itu sereh juga dapat membantu memperbaiki fungsi hati sekaligus meningkatkan fungsi dan kesehatan jantung.
  7. Meredakan Gejala Menstruasi¸ selain antiperadangan, sereh juga mampu menenangkan kontraksi perut efek menstruasi yang dialami oleh wanita, dengan efek ini, rasa sakit yang ditimbulkan akan mereda atau berkurang.

Resep Wedang Jahe Sereh

Untuk membuat wedang jahe sereh cukuplah mudah, dapatkan bahan-bahan berikut.

Bahan-bahan:

  • 1 liter air
  • 7 batang serai, ambil bagian putihnya
  • 5 bonggol jahe, bakar, dan kupas kulitnya
  • Gula batu atau gula aren secukupnya

Cara Membuat Wedang Jahe Sereh

  1. Cuci dan memarkan jahe dan sereh.
  2. Masukan kedalam panci berisi 1 liter air.
  3. Kemudian rebus dengan api sedang hingga mendidih.
  4. Tambahkan gula batu atau aren secukupnya.
  5. Wedang jahe serehpun siap dihidangkan.

Cara Membuat Wedang Jahe Susu

Cara Membuat Wedang Jahe Susu

Tidak perlu diragukan lagi tentang khasiat wedang jahe susu ini, namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan susu yang hendak dicampurkan dengan wedang jahe, sebab susu kemasan saat ini bukanlah susu murni melainkan susu gula atau creamer yang tidak baik untuk kesehatan karena kandung kadar gula yang tinggi.

Jadi yang perlu kita perhatikan adalah kita harus menggunakan susu murni atau minimal susu tanpa gula.

Manfaat Wedang Jahe Susu

Selain memberikan segudang manfaat yang dimiliki jahe, wedang jahe susu ini juga menghadirkan seabrek manfaat dari susu, diantaranya:

  1. Menjaga kesehatan tubuh.
  2. Mencegah kanker.
  3. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti jantung.
  4. Menjaga kesehatan otot dan sendi
  5. Meningkatkan fungsi otak.

Resep Wedang Jahe Susu

Untuk membuat wedang jahe susu, cukup mudah, kita cukup mempersiapkan bahan-bahan berikut.

Bahan-bahan

  • 200 gram jahe
  • 250 ml susu cair plain atau tanpa rasa
  • 1 sdm gula aren bubuk
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 2 lembar daun pandan 
  • 2 batang sereh

Cara Membuat Wedang Jahe Susu

Baca Juga :
  1. Bakar jahe kurang lebih 2 menit atau tunggu hingga kulit mengembang, jangan dibolak balik. Kemudian memarkan.
  2. Rebus jahe yang dimemarkan dengan air secukupnya ¼ atau ½ gelas air hingga mendidih.
  3. Panaskan susu, jangan sampai mendidih karena akan merusak nutrisi dalam susu.
  4. Masukan air jahe, kayu manis, daun pandang dan sereh ke susu.
  5. Panaskan susu dengan api kecil sambil diaduk hingga meletup-letup.
  6. Dan wedang jahe susupun siap untuk disajikan.

Demikian resep dan manfaat dari wedang jahe untuk kehatan tubuh yang bisa kita jadikan referensi untuk meningkatkan kesehatan keluarga dan imun tubuh kita agar tetap sehat dan dapat beraktifitas secara optimal setiap hari.

Leave a Comment