9 Usaha Rumahan yang Lagi Trend, Bisa Kaya Mendadak!

Dampak dari wabah pandemi yang masih belum berakhir sampai sekarang adalah banyaknya orang yang membuka usaha rumahan. Gak heran kalo sekarang banyak jenis usaha rumahan yang lagi trend, dan peminatnya pun meningkat.

Bidang usahanya juga beragam ya, mulai dari bidang usaha kuliner, usaha stream motor, jual beli barang-barang bekas, menjadi pekerja freelance, dan masih banyak lagi. Tanpa modal yang besar kamu bisa mendapat keuntungan yang cukup besar dari sana.

Jenis Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Diminati Orang Banyak

Enaknya menjalankan usaha rumahan selain modal kecil, yaitu kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi atau biaya makan seperti saat bekerja di kantoran. Jenis usaha rumahan yang bisa kamu jalankan saat ini dan sedang menjadi trend diantaranya yaitu:

1. Translator

Kalau kamu punya keahlian di bidang bahasa atau memang punya latar belakang pendidikan bahasa asing, maka kamu bisa menjadi translator atau penerjemah. Ada banyak kebutuhan untuk menerjemahkan bahasa saat ini.

Misalnya dalam menerjemahkan dokumen, karya fiksi, subtittle film, dan masih banyak lagi. Promosikan kemampuan kamu dalam menerjemahkan bahasa ini, ke sosial media atau bisa juga melalui situs pencari kerja.

Kamu juga bisa meminta teman/kerabat yang bekerja di perusahaan internasional, untuk menggunakan jasa kamu dalam menerjemahkan bahasa asing untuk kebutuhan apa saja.

2. Guru Les Privat

Keahlian lainnya yang bisa dijadikan peluang usaha dari rumah adalah memiliki pengetahuan di bidang akademik atau non akademik, sehingga bisa membuka usaha les privat. Jadi, nantinya kamu bisa mengajar anak-anak baik yang bersekolah di SD, SMP, atau SMA.

Mata pelajarannya disesuaikan dengan bidang pelajaran yang kamu kuasai saat ini. Metode belajarnya bisa kamu yang datang ke rumah murid, murid yang datang ke rumah, atau pembelajaran jarak jauh via Zoom.

3. Usaha Jahit Pakaian

Jenis usaha rumahan yang juga sedang menjadi trend saat ini adalah usaha jahit pakaian. Biasanya usaha ini dijalankan oleh ibu-ibu yang punya keahlian dan keterampilan dalam menjahit baju.

Tapi kalau kamu punya keahlian dalam menjahit pakaian juga bisa mencoba usaha ini di rumah. Apalagi saat ini perkembangan dunia fashion sedang meningkat pesat.

Banyaknya pola-pola yang menarik pada pakaian, membuat permintaan dalam menjahit baju pun menjadi ikut meningkat. Selain itu, usaha ini juga bisa dibuka di rumah saja.

4. Steam Motor

Usaha rumahan yang lagi trend berikutnya yang bisa dipertimbangkan adalah usaha steam motor di rumah. Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak banget orang yang menggunakan kendaraan motor bahkan ada orang yang memiliki lebih dari 1 motor.

Kalau teras atau garasi rumah kamu cukup luas, maka kamu bisa membuka usaha steam motor tersebut. Akan menambah poin lebih jika lokasi rumah kamu tepat di dekat jalan raya, atau di jalan yang sering dilewati banyak orang.

5. Laundry Sepatu

Trend memakai sneakers dengan brand ternama baik lokal maupun luar negeri, membuat usaha laundry sepatu juga mulai banyak diminati. Jadi, kamu bisa menerima laundry sepatu khusus untuk sepatu-sepatu brand ternama yang sayang jika dicuci di rumah sendiri.

Keuntungannya juga cukup besar dari sepasang sepatu saja. Sehingga usaha rumahan ini juga bisa dipertimbangkan, mengingat bertambah banyaknya sepatu dari brand lokal yang kualitasnya bagus sehingga harus dirawat dengan dicuci di laundry sepatu.

6. Menjadi Penulis dan Penjual E-book

Suka menulis dan punya kemampuan menulis, juga bisa membuka peluang bisnis baru yaitu menjadi penulis sekaligus juga sebagai penjual e-book. Kamu bisa membuat kumpulan tulisan yang dimana isinya berupa tips menarik dalam bidang yang banyak diminati saat ini.

Kumpulan tips tersebut disusun di dalam sebuah buku, kemudian dijual dalam bentuk e-book. Namun sebelum membuat kumpulan tips tersebut, pastikan dahulu subjek apa yang harus dibahas di sana dan mampu menarik perhatian banyak orang.

7. Konsultan SEO

Perkembangan digital marketing juga terus mengalami peningkatan saat ini. Gak heran ya kalau ada banyak perusahaan yang memerlukan jasa konsultan SEO, dalam mempromosikan produknya agar laris di pasaran.

SEO akan mengoptimasi situs dari perusahaan tersebut, supaya bisa berada di halaman satu pencarian Google. Jika kamu punya keahlian SEO atau berpengalaman di bidangnya, maka kamu bisa membuka jasa konsultan SEO tersebut.

Usaha yang satu ini bisa dijalankan di rumah saja, dengan modal laptop/komputer dan juga jaringan internet.

8. Jasa Katering

Kalau kamu ahli di bidang masak memasak, kamu juga bisa membuka jasa katering. Dimulainya dari skala katering harian saja, ya. Misalnya memasak untuk anak-anak mahasiswa atau orang-orang kantoran yang tak punya waktu untuk memasak.

Buat cita rasa makanan yang berbeda dan menu atau varian makanan yang beragam. Kalau usahanya sudah mulai meningkat, kamu bisa mengembangkannya menjadi katering dalam jumlah besar.

9. Refill Air Minum

Air mineral sedang menjadi permintaan tertinggi setiap harinya di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Untuk itu, cobalah untuk membuka usaha refill air minum di rumah, misalnya di garasi rumah yang tersedia.

Biasanya orang lebih memilih refill saja dibandingkan harus membeli air minum isi ulang yang lebih mahal, dengan merek-merek yang sudah terkenal. Untuk itu, refill air minum bisa menjadi alternatif dan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan air minum setiap hari.

Setelah mengetahui usaha rumahan yang lagi trend apa saja yang bisa kamu coba saat ini, maka kamu sudah bisa menentukan bidang usaha yang sekiranya menguntungkan dan menjanjikan.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment