Urutan Generasi Prosesor AMD dari Masa ke Masa, Apa Saja?

AMD bukan perusahaan elektronik sembarangan. Mereka berhasil menciptakan sekaligus menjual beragam komponen ke masyarakat sejak lama, seperti Graphics Processing Unit (GPU). Pada sisi lain, badan usaha ini sukses menciptakan urutan generasi prosesor AMD dari masa ke masa.

Uniknya adalah setiap seri prosesor AMD mempunyai karakteristik masing-masing. Membuat produsen laptop tertarik untuk menyematkan nya kepada produk mereka. Hal ini membuat Kita sebagai pengguna wajib mengetahuinya satu per satu. Bila belum tahu, silakan baca artikel berikut sampai habis.

Urutan Generasi Prosesor AMD dari Masa Ke Masa

Image Attachment

1. AMD K-5

AMD K-5 merupakan generasi pertama yang dijual ke pasar. Dirilis ketika tahun 1996 lalu. Sayangnya saat itu tidak ada motherboard yang cocok dengan produk AMD. Dengan demikian, komputer berprosesor AMD cukup sedikit jumlahnya.

Seiring berjalannya waktu, AMD pun mengadakan pembaruan dari BIOS. Berkatnya, semua jenis pada urutan generasi prosesor AMD dapat dipakai dan bersinkronisasi ke komputer yang saat itu banyak menggunakan prosesor Intel.

2. AMD K-6

Satu tahun berselang tepatnya 1997, AMD mengeluarkan generasi baru bernama AMD-K6. Berbeda dari sebelumnya, produk keluaran AMD sudah mendukung motherboard komputer keluaran tahun itu.

Dengan demikian, banyak produsen komputer yang mulai menggunakan prosesor dari perusahaan satu ini. Dari sana, persaingan antara dua raksasa elektronik mulai terasa dan bertahan sampai sekarang, yaitu tahun 2022.

3. AMD Duron

AMD Duron diperkenalkan pada tahun 2000 ke seluruh pengguna komputer. Di eranya, prosesor ini terkenal sebagai komponen yang dapat mempercepat kinerja perangkat secara signifikan. Sehingga ketika membuka atau mengerjakan sesuatu, pengguna tidak perlu menunggu lama.

Meski terkenal cepat dan terjual banyak karena harganya yang murah, AMD telah menghentikan segala seri pada generasi Duron. Entah apa alasannya, yang pasti posisi generasi ini tergantikan oleh keluaran baru.

4. AMD Athlon

Athlon adalah urutan generasi prosesor AMD selanjutnya pada artikel kali ini. Keunggulan utama darinya cepat dalam mengerjakan perintah pengguna. Wajar saja apabila kemudian prosesor ini mengungguli Intel.

Karena mampu mengungguli Intel, AMD pun mempertahankan generasi Athlon cukup lama. Terhitung sejak tahun 2001-2005. Selama empat tahun berkecimpung di pasar, banyak seri yang telah dikeluarkan oleh perusahaan ini.

Salah satu seri unggulan adalah Athlon 64 FX. Kenapa gelar tersebut bisa muncul? Pasalnya di seri ini tersemat suatu teknologi bernama Antivirus Enhanced Virus Protection. Berkat teknologi tersebut, perangkat terlindungi dari virus berbahaya.

5. AMD Sempron

Sempron adalah urutan generasi prosesor AMD berikutnya yang akan dibahas lengkap. Diperkenalkan di tahun 2001 sebagai pesaing Intel Celeron.

Sebagai pesaing, AMD Sempron punya karakteristik yang sama seperti Intel Celeron. Perbedaannya adalah harga prosesor yang begitu murah sehingga menjadi pilihan utama bagi sebagian produsen komputer di dunia.

Pada sisi lain, AMD Sempron hanya mendukung perangkat bersistem operasi 32 bit. Sementara itu, perangkat yang menggunakan sistem 64 bit tidak bisa jalan sebagaimana mestinya.

6. AMD Opteron

Di awal tahun 2009, Opteron muncul sebagai salah satu urutan generasi prosesor AMD unggulan dan terbaru.

Generasi ini memiliki cache data begitu besar, yakni 1024 KB. Oleh karenanya, terkadang cukup memakan ruang di penyimpanan perangkat. Namun tenang, Kita bisa menghapusnya lewat langkah-langkah yang benar.

Secara kecepatan, memang performa AMD Opteron lebih unggul ketimbang generasi lain. Segala jenis game yang berat kala itu bisa jalan tanpa kendala sama sekali.

7. AMD Orochi

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, AMD mengeluarkan prosesor yang punya spesifikasi dewa di tahun 2008. Nama urutan generasi prosesor AMD ini adalah Orochi.

Secara umum, AMD Orochi masih menggunakan arsitektur Bulldozer karena lebih simple dan mudah untuk dipasang di perangkat. Selain itu, generasi ini punya ukuran begitu kecil sehingga tidak terlalu memakan tempat di komputer.

Meski ukurannya kecil, performa AMD Orochi jangan diragukan lagi. Sebagai prosesor yang diproduksi untuk komputer berspesifikasi tinggi, kemampuan membaca sekaligus menjalankan perintah dari pengguna pada komponen ini cukup besar.

8. AMD Ryzen

Untuk lebih mengadaptasi diri terhadap setiap kebutuhan pengguna, AMD selalu melakukan update terhadap generasi prosesor sebelumnya. Kegiatan ini bertahan selama hampir 11 tahun lamanya, terhitung sejak 2008-2017.

Baru di tahun 2017, AMD mengeluarkan generasi baru yang mengubah wajah perusahaan tersebut selamanya. Nama dari urutan generasi prosesor AMD ini adalah Ryzen.

Secara umum, AMD Ryzen dapat menjalankan program berat sekelas game. Hal tersebut wajar karena kecepatan datanya mencapai 3.6 GHz. Prosesor ini memiliki 8 core dan 16 Thread untuk mendukung performanya.

Seiring berjalannya waktu, AMD Ryzen selalu mengalami perubahan. Perusahaan satu ini mengeluarkan pula beragam seri tambahan. Sebut saja, semisal Ryzen 2700 yang menawarkan kecepatan turbo dalam mengelola perintah dari pengguna.

Dalam rangka mencegah hegemoni Intel di pasar, diperkenalkanlah Ryzen 9 3900X ke publik. Berbeda dengan jenis lain, generasi ini menawarkan kecepatan data cukup tinggi, yaitu mencapai 4.6 GHz. Selain itu, inti core-nya lebih banyak, yaitu 8. Cache data pada prosesor ini relatif sedikit, kurang dari 20 MB.

Berkat kedua keunggulan tersebut, Ryzen 9 3900X secara otomatis dapat mengintegrasikan diri ke Graphic Processing Unit (GPU) Radeon RX5700. Kemudian, urutan generasi prosesor AMD ini mampu membaca data lebih cepat ketimbang yang lain sehingga banyak dipakai di beragam komputer gaming yang tersebar di Indonesia atau dunia.

Tags:

Baca Juga

20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
permainan kelompok, game kelompok, games kelompok, permainan outbound, outbound games, permainan team building dalam ruangan, permainan kelompok dalam ruangan, permainan indoor team building, games teamwork, team building activities, team building games indoor
10 Permainan Outbound untuk membentuk Kerjasama Kelompok
Empek-Empek Ikan Tenggiri, Camilan yang Mengenyangkan
Empek-Empek Ikan Tenggiri, Camilan yang Mengenyangkan
Resep Oseng Cumi Tomat Pete, Masakkan Mudah Penggugah Selera Makan
Resep Oseng Cumi Tomat Pete, Masakkan Mudah Penggugah Selera Makan
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo, Cocok Untuk Melengkapi Nasi Gudeg
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo, Cocok Untuk Melengkapi Nasi Gudeg
Resep Camilan Kentang Keju Kopong, Camilan Sederhana yang Cocok untuk Kumpul Bersama Keluarga
Resep Camilan Kentang Keju Kopong, Camilan Sederhana yang Cocok untuk Kumpul Bersama Keluarga