Kerajinan dari kain perca – Apakah anda tahu mengenai kain perca ? kain ini mungkin populer diantara beberapa penjahit, karena kain perca merupakan kain sisa yang dibuang setelah membuat pakaian ataupun produk apapun. Kain ini juga banyak di pabrik garmen yang memproduksi kain-kain dengan jumlah besar atau banyak. Anda juga akan melihat potongan kain kecil dari sisaan bahan tersebut. Nah sisa tersebutlah yang biaas disebut sebagai kain perca.

Untuk perusahaan besar, kain perca memang tidak digunakan dan hanya menyita waktu saja jika harus digunakan. Karena itu perusahaan garmen ataupun tukang jahit lebih cenderung untuk membuang sisa-sisa kain ini.

Kreasi dari Kain Perca

Tetapi bagi beberapa orang kain perca ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi. Kain perca bisa menjadi peluang yang paling besar untuk dijual ataupun bisnis yang menguntungkan. Kain perca termasuk kedalam salah satu bahan baku yang bisa digunakan untuk berbagai kreasi, salah satunya sarung bantal. Dalam artian ini, anda yang bisa memanfaatkan kain perca tersebut akan menjadi sebuah barang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan tentu saja maksimal.

Kain perca tersebut dapat dijadikan kerajinan tangan dan juga kreasi, dimana kerajinan tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Umumnya, kerajinan yang dibuat dengan bentuk seperti barang dan juga salah satu barang yang bisa dimanfaatkan sehari-hari. Ada banyak kreasi yang bisa dibuat dari kain perca yang bisa diwujudkan.

Hasil dari memanfaatkan kain perca ini tentu saja tidak akan kalah dari barang-barang yang dibuat dengan menggunakan bahan baku yang terbuat dari kain mahal. Kain perca justru memiliki nilai plus dan juga nilai seni yang tinggi. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai apa saja yang bisa anda dapatkan dari kain perca dan kreasi apa saja yang bisa anda wujudkan dari kain perca ini.

Sarung Bantal Dari Kain Perca

Sarung Bantal Dari Kain Perca

Pada tulisan atau artikel di artikel ini akan di bahas ihwal tatacara membuat kerajinan sarung bantal dari kain perca, bagaimana tatacara membuatnya serta perlengkapan apa sajakah yng di perlukan, mari simak lengkap nya di bawah ini ya : 

Alat serta bahan yang bias anda gunakan untuk menggunakan sarung bantal dari kain perca :

  1. Kain Perca
  2. Gunting
  3. Meteran
  4. Busa Angin
  5. Jarum
  6. Mesin Jahit
  7. Renda 
  8. Tambahan aksesoris lainnya yang dapat membantu meningkatkan penampilan ataupun sarung bantal menjadi lebih indah dan keren.

Cara Membuat Sarung Bantal dari Kain Perca

Selanjutnya setelah mengenal mengenai kain perca dan juga berbagai alat dan bahan yang harus digunakan untuk membuat kreasi ini. Anda bisa langsung melakukan dengan beberapa langkah berikut ini :

  1. Setelah anda mempersiapkan berbagai alat dan bahan tahapan yang pertama adalah memotong kain perca yang memiliki motif atau warna yang berbeda-beda. Dimana produk ini bisa dipenuhi sesuai dengan sketsa ataupun ide yang ingin anda buat. Setelah itu potong menjadi 8 bagian, lantas gunting busa angina yang memiliki ukuran 2x lebih besar dari kain perca sejumlah dua lembar. Disisi lain, anda bisa menggunting kain renda dengan panjang yang sesuai dengan sketsa yang ada, dimana bantal bisa dibuat berbeda ukuran.
  2. Proses selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan berbagai motif yang ada, gunakan pembuatan dengan posisi selang-seling. Anda bisa membuatnya berbeda-beda warna namun juga bisa juga dengan berbeda-beda motif. Hal ini tentu saja bisa menjadikan model menjadi lebih berbeda. Untuk membentuk sarung bantal yang bagus dan rapih baiknya menggunakan warna selang-seling sehingga lebih bagus dan dijahit.
  3. Sesudah motif dibuat dan dilakukan, anda bisa langsung menjahitnya dan juga langsung membuat berdasarkan ukuran. Jangan lupa untuk menyambung jahitan dan membuat lambing plus. Kerjakan hal yang sama dengan kain yang satunya lagi hingga anda sesuai dengan ukuran yang ada. Jangan lupa siapkan kancing ataupun zipper.
  4. Untuk lebih bagus, sarung bantal dapat menggunakan busa angina yang dapat dimasukan sarung bantal dan menjadi pelapis untuk bantal tersebut. Disini anda bisa menggunakan angina tersebut. Selain itu jangan lupa jahit di satu sisi agar lebih mudah membuat sarung bantal. Selain itu, langkah yang terakhir adalah merupakan pemasangan resleting, gunakan resleting yang menarik dan warna yang unik. Anda juga bisa menggunakan kancing agar warnanya lebih bagus dan terang. Buatlah hal tersebut menjadi kelebihan dan keunikan tersendiri.
  5. Jika sudah selesai anda bisa membuat sarung bantal lainnya yang memiliki nilai jual tinggi yang bahkan bisa mendatangkan keuntungan bagi anda yang ingin berbisnis. Dimana, sarung bantal ini memiliki nilai keunikan tersendiri.

seni bentuk sendiri yang menggunakan kreasi seperti kain perca memang menghasilkan banyak kreasi yang unik dan juga berbeda. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan pemanfaatan sampah yang ada. Dengan hal begini anda bisa mengurangi limbah ataupun sampah yang bisa diolah dengan baik. Bahan atau barang bekas lainnya bisa juga dibuat menjadi sebuah kreasi.

Itulah penjelasan mengenai pembuatan kain perca dan menjadi kreasi unik salah satunya adalah sarung bantal. Memang jarang sekali masyarakat membeli sarung bantal, jika anda bisa membuat mengapa tidak ? bahkan anda bisa menjualnya dengan mudah tanpa perlu membeli dan mengeluarkan uang. Umumnya para pembuat sarung bantal menjual dengan keuntungan yang maksimal dan juga melimpah.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.