Kerajinan dari Kain Perca – Kreasi memang kaya akan produk dan juga barang, anda bisa membuat berbagai kreasi unik dan juga berharga tinggi dari berbagai barang. Salah satunya bahan baku yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan adalah barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi atau dimanfaatkan lagi. Kain merupakan barang yang paling banyak digunakan dan melimpah karena banyak diproduksi pabrik pakaian. Untuk itu, kreasi ini bisa didapatkan dari bahan bernama kain perca. Kain perca sendiri bisa menghasilkan berbagai produk, salah satunya adalah keset.

Kali ini kita akan bahas tutorial kreasi kain perca. kenapa kain perca ?Kain perca merupakan salah satu kain yang digunakan untuk berbagai kreasi yang berasal dari berbagai sisa bahan yang membuat produk lainnya, produk ini biasanya menjadi produk sisa guntingan kain besar untuk membuat pakaian. Kain perca memiliki motif yang berbeda-beda dan umumnya dianggap sampah. Namun kain juga bisa dibuat untuk produk lainnya. Kain perca umumnya berasal dari beberapa bahan atau kain, diantaranya adalah :

  • Kain wool : merupakan kain tebal dan lembut yang biasanya digunakan untuk membuat baju hangat yang banyak dijual di luar negeri. Kain jenis ini memang lembut dan nyaman sayang jika sisa bahan tidak dimanfaatkan.
  • Kain luca : merupakan salah satu kain dengan tekstur yang lembut namun ciri khas lainnya adalah mudah melar atau elastis.
  • Kain akrilit : merupakan kain yang terbuat dari plastik dan biasanya digunakan untuk membuat kemeja, akrilit ini memang agak jarang digunakan untuk pakaian di Indonesia.
  • Kain Chiffon : Merupakan salah satu kain dengan bahan dasar sutra, katun dan juga fiber sintesis yang banyak di produksi untuk pakaian ataupun bahan kain hijab.
  • Kain ceruti : kain ceruti merupakan kain yang hampir mirip dengan kain chiffon, namun para pengguna kain sering mengatakan bahwa kain ceruti memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan kain chiffon.
  • Kain katun : kain katun merupakan kain yang berbahan dasar kapan dengan proses menggunakan rajutan. Kain ini sering digunakan untuk membuat pakaian karena kenyamanannya.
  • Kain flanel : merupakan kain flanel yang banyak digunakan untuk membuat
  • Kain Chiffon, kain ringan berbagan dasar sutra, katun, dan fiber sintesis.
  • Kain Ceruti, kain yang mempunyai kemiripan dengan kain chiffon.
  • Kain Satin, kain dengan permukaan mengkilap dan licin namun bagian belakannya suram.
  • Kain Denim, kain yang biasa digunakan untuk membuat jeans.
  • Kain Rayon, kain yang nampak berkilau dan tidak mudah kusut.
  • Kain Sutra, kain yang sangat ringan dengan tekstur lembut.
  • Kain Polyester, kain yang menyerupai dengan sutra namun berbahan dasar sintesis.
  • Kain Blacu, kain yang berbahan dasar dari kapas dan memiliki sifat fleksibel.

Kreasi dari Kain Perca

Tutorial Kreasi Kain Perca, Kreasi Kain Perca

Jika anda ingin membuat keset dari kain perca, ada beberapa hal yang harus anda siapkan yaitu bahan dan juga alatnya. Nah berikut ini beberapa bahan yang harus anda sediakan untuk membuat kreasi salah satunya keset dari kain perca :

  1. Kain Sisa/Perca, semakin banyak motif dan kain percanya tentu semakin baik
  2. Kain puring sebagai pelapis
  3. Kain dengan tekstur agak tebal sebagai alas motif
  4. Benang 
  5. Gunting
  6. Mesin Jahit

Cara Membuat Keset dari Kain Perca

Tutorial kreasi kain perca Kreasi kali ini adalah Cara membuat keset dan disulap dari kain perca sangatlah mudah. Jika anda sudah menyediakan alat dan bahan sesuai yang diminta selanjutnya anda bisa membuat akeset spesial ini.

Tutorial Kreasi Kain Perca, Kreasi Kain Perca

Langkah-langkah pembuatan keset dari kain bekas atau kain perca :

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memotong kaos dan juga bahan kain perca ataupun handuk bekas yang telah anda siapkan sebelumya. Potong kain menjadi lembaran tipis dengan menggunakan gunting, dengan ukuran yang sesuai dengan keinginan. Jika bingung, potong kira-kira selebar ibu jari sehingga akan lebih mudah dalam menjahit keset atau membuat keset dari bahan ini.

Tutorial Kreasi Kain Perca, Kreasi Kain Perca

2. Siapkan bahan yang lebih tebal atau jaring agar lebih mudah tali digunakan untuk menjadi tempat utama untuk menalikan kain perca tersebut. dimana kain ini sangat membantu anda dalam membuat keset dari kain perca.

3. Selanjutnya yang bisa anda lakukan dengan menyatukan ikatan atau potongan tersebut menggunakan sirat. Dimana langkah ini memakan waktu yang cukup lama, selain itu semakin banyak anda mengikatkan potongan pada kain sirat ataupun keset kaki akan semakin tebal dan pastinya kualitas menjadi lebih bagus dan tebal.

Tutorial Kreasi Kain Perca, Kreasi Kain Perca

3. Selanjutnya adalah menutup sirat tertutup potongan kain, agar lebih bervariasi anda bisa menggunakan potongan kain dengan warna lain ataupun motif lainnya. semakin banyak kain perca yang anda kumpulkan dan bisa menyatukan dengan benar. maka hasilnya akan lebih bagus.

4. Jika anda sudah selesai membuatnya, anda bisa menggunakan paduan warna yang lebih semarak lagi, sehingga keset yang anda gunakan menjadi lebih beragam.

5. Setelah itu pastikan bahwa produk yang anda buat sudah terikat dengan kuat. caranya dengan melihat atau mengangkat keset tersebut. samakan ukuran atau panjang dari kain agar tidak menguntai dan memiliki bentuk atau panjang yang berbeda-beda.

Tutorial Kreasi Kain Perca, Kreasi Kain Perca

Jika anda tertarik, maka anda bisa mencobanya langsung di rumah. cobalah untuk menggunakan ide yang lebih kreatif dengan terobosan yang berbeda. bahkan beberapa orang menggunakan bentuk yang unik agar dapat membuat keset dari kain perca lebih beragam lagi. Demikian tutorial atau cara singkat bagaimana membaut kain dengan menggunakan kain perca. Meskipun bekas banyak masyarakat yang bisa membuktikan bahwa produk ini jika diolah dengan tepat bahkan bisa menjadi produk yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi. Sekian Tutorial kreasi kain perca Kreasi dari kami semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan sobat.

Loading...