Kerajinan tangan ataupun kreasi yang dibuat dari kain perca merupakan salah satu kerajinan yang sudah biasa digunakan di dunia jahit menjahit. Kain memang menjadi bahan yang diperlukan di seluruh dunia, dan banyak dilakukan masyarakat di Indonesia maupun di dunia. Kerajinan ini memang membuat bahan yang ada di Indonesia, padahal kain perca ini masuk kedalam bahan yang dibuang dan tergolong limbah. Dimana kain perca ini merupakan sisaan yang umumnya dibuang atau disia-siakan begitu saja.

Kain perca merupakan salah satu kain sisa yang sudah tidak digunakan oleh para penjahit karena termasuk kain sisa dari pembuatan berbagai produk mulai dari pakaian dan sebagainya. Kain ini digunakan untuk membuat sebuah karya yang ternyata bisa membuat berbagai produk yang bagus dan juga bernilai tinggi. Kain ini bisa disulap menjadi sebuah karya yang indah bahkan bisa memiliki nilai seni yang cukup tinggi.

Loading...

Selimut dari Kain Perca

Kreasi dari Kain Perca

Caranya sangat mudah, salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah membuat sebuah selimut dari kain perca ini. Dimana selimut umumnya menjadi produk atau kebutuhan umum yang banyak digunakan oleh masyarakat termasuk anda yang tinggal di area dataran tinggi. Dimana selimut memiliki harga yang tinggi dimana, selimut memiliki ketebalan yang bagus dengan kualitas bahan yang nyaman. Namun jika anda butuh ternyata anda bisa membuatnya sendiri, bagaimana jika anda bisa membuatnya sendiri ? jelas anda tidak perlu mengeluarkan uang atau khawatir, karena anda bisa memanfaatkan selimut tersebut untuk digunakan sendiri atau bahkan bisa menjualnya.

Bagi anda yang ingin membuat kerajinan tangan ataupun kreasi selimut ini dengan bahan dan alat yang ada, sangat mudah. Dalam artikel berikut ini, anda bisa membuat selimut dari kain perca yang ada dari bahan sisa ataupun bahan yang tidak digunakan setelah membuat pakaian :

Membuat Selimut dari Kain Perca

Kreasi dari Kain Perca

1. Mengumpulkan alat dan bahan

Pertama hal yang bisa anda lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan yang ada. Dimana anda bisa menggunakan quilt pertama anda, sehingga anda harus mempersiapkan guna memudahkan anda dalam membuat sebuah produk. Hal ini juga akan membantu anda untuk membuat selimut dari kain perca dengan efisien dan tentu tidak mengeluarkan biaya yang lebih besar. Pertama yang perlu anda pikirkan adalah mengukur selimut yang ingin anda buat, tentukan sketsa ataupun gambaran yang ada. Setelah itu, anda bisa mempersiapkan beberapa produk diantaranya adalah :

  • Pemotong berputar (rotary cutter)
  • Bahan pelapis (tebal)
  • Gunting
  • Penggaris
  • Benang (beragam jenis)
  • Alas potong
  • Alat dedel
  • Jarum pentul
  • Pilih Jenis Kain

Selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memilih jenis kain dengan berbagai motif. Usahakan kondisi kain masih bagus meskipun motifnya berbeda-beda. Dimana anda bisa menggunakan bahan yang beragam, salah satunya adalah bahan katun yang paling nyaman dan juga berbahan lembut. Setelah itu anda mengumpulkan kain sesuai dengan ukuran yang sudah anda buat sebelumnya.

2. Pilih Warna

Meskipun anda menggunakan kain perca yang ada, namun motif yang dipilih juga harus jelas dan sesuai motif atau ide yang ingin anda gunakan. Cobalah memilih warna dengan nuansa yang sama, namun jangan menggunakan warna yang sama persis karena akan saru atau tidak terlihat. Bahkan motif bisa saja cenderung membosankan, dimana anda bisa melakukan pencampuran warna terang dan gelap.

3. Campurkan warna

Selanjutnya jangan memilih kain dengan motif yang keseluruhan kecil ataupun keseluruhan besar. Anda coba variasikan atau campurkan antara motif besar dan motif kecil sehingga dapat memberikan hasil yang lebih dinamis dan jelas. Anda mungkin bisa memilih satu kain dan juga menyesuaikan kain lainnya berdasarkan pola kain yang ada. Hal ini dapat membantu anda memeprtimbangkan antara kain dan ide agar lebih hidup dan menyenangkan.

4. Gunakan katun asli

Katun itu merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk pakaian yang nyaman dan juga memiliki harga yang murah. Jika anda ingin membuat sebuah selimut yang nyaman dan hangat maka anda bisa menggunakan katun. Bahan layaknya JoAnn, Hancock, dll bisa juga anda manfaatkan. Selain itu hindari warna yang luntur dan kualitas yang rendah. Jika perlu bahkan anda bisa mencucinya terlebih dahulu sebelum anda mulai memotongnya.

5. Jahit Selimut agar Aman

Ambillah selembar kotak yang Anda miliki dan letakkan dengan sisi muka menghadap ke atas. Lalu, ambillah lembar kedua dan letakkan sisi muka menghadap ke bawah, tepat di atas kotak pertama. Beri jarum pentul pada sisi kanannya.

Dengan mesin jahit Anda, jahitlah kotak-kotak tersebut dengan jarak keliman sebesar 0,6 cm. Anda akan perlu mensejajarkan tepian kain Anda kepada sepatu mesin Anda. Sesuaikan jarumnya jika diperlukan. Ketahuilah bahwa sedikit kurang dari 0,6 cm lebih baik dari kelebihan 0,6 cm.

Sekarang bukalah sepasang kain tadi dengan sisi muka menghadap Anda. Ambillah kotak ketiga dan beri jarum pentul dengan sisi muka menghadap ke sisi muka kotak kedua. jahit dengan jarak keliman 0,6 cm seperti yang Anda buat. Ulangi hingga barisan ini dan baris-baris berikutnya selesai, namun jangan menjahit baris-baris tersebut dahulu!

itulah deretan cara yang bisa anda lakukan, dimana anda yang ingin membuat selimut dari kain perca. Dimana anda bisa membuat selimut yang bisa mengurangi bahan atau pengeluaran yang anda membuat selimut. disisi lain bahkan anda bisa menjual produk ataupun selimut yang sudah dibuat dengan kain perca anda.

Baca Selengkapnya
Loading...