Bingung Apa itu Tugas Seksi Perlengkapan ? Berikut Tugas-tugasnya

Tugas Seksi Perlengkapan – bagi kalian yang aktif dalam organisasi tentu sudah tidak asing dengan istilah seksi perlengkapan. Dimana Seksi perlengkapan memiliki tugas yang biasanya tidak jauh dari kelengkapan suatu kegiatan.

tugas seksi perlengkapan
ilustrasi perlengkapan

Bingung apa saja kelengkapan kegiatan itu ?

Baik kita mulai dari sebab munculnya seksi perlengkapan.

Dalam suatu aktifitas organisasi pasti ada sebuah kegiatan yang mana kegiatan tersebut akan membentuk suatu struktural kecil yang ditujukan khusus untuk menangani kegiatan tersebut. struktural kecil tersebut dikenal dengan kepanitianan.

Dalam kepanitian tersebut akan diadakan sebuah rapat untuk memastikan suatu kegiatan dapat berjalan dengan lancar itu diperlukan apa saja.

contoh Kegiatan seminar.

dalam kegiatan seminar terdapat beberapa kebutuhan yang diperlukan untuk menjadikan kegiatan seminar itu sukses diantaranya:

  • Waktu
  • Lokasi
  • Pembicara
  • Peserta

Setidaknya ada 4 hal diatas, sehingga disitu akan dijabarkan menjadi beberapa hal yang lebih mendetail, misalkan saja waktu. Waktu berbicara soal “kapan acara itu dilaksanakan”, “berapa lama”. hingga terakhir adalah peserta.

Soal peserta itu mencangkup “Siapa saja pesertanya”, “darimana asalnya”, “bagaimana mengunangnya”, “perlu promosi atau tidak”

semua itu akan dibahas di dalam rapat. yang kemudian akan dibagi kepada setiap seksi, seperti seksi acara, seksi dokumentasi, seksi promosi/humas dll.

yang akhirnya setiap seksi itu membutuhkan beberapa peralatan agar tugasnya terpenuhi. Nah disitulah tugas seorang seksi perlengkapan untuk mencukupi kebutuhan Seksi lain agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Daftar Tugas Seksi Perlengkapan

Jika disusun sebagai daftar Fungsi dan Tugas seksi perlengkapan akan tampak sebagai berikut :

  • Mencari tahu semua kebutuhan seksi, terutama peralatan kesekretariatan.
  • Mengecek peralatan dan kebutuhan seksi
  • Melaporkan kelebihan dan kekurangan kebutuhan kepada ketua
  • Mendata dan mencatat semua alat yang berupa pinjaman
  • Menjaga semua peralatan dan dapat bekerja sama dengan seksi keamanan

Sehingga Seksi perlengkapan mempunyai posisi yang sangat vital dan harus dipegang oleh orang yang benar-benar bertanggung jawab. karena semua kebutuhan suatu acara dipegang oleh seksi perlengkapan.

Selain itu seksi perlengkapan diisi oleh pria-pria perkasa yang mana tugas tidak jauh-jauh dari aktifitas fisik seperti angkat-angkat barang. ya sepertinya agak kejam jika meminta perempuan untuk mengangkat sound system yang gedhe.

Loading...
Close Menu