Daftar Tugas Seksi Acara

Daftar Tugas Seksi Acara

Tugas Seksi Acara, Apasih tugas seksi acara dalam suatu acara ? itu adalah salah satu pertanyaan ketika kalian ditunjuk menjadi seksi acara untuk pertama kalianya.

Seksi atau biasa disebut Sie terbagi menjadi banyak bagian seperti seksi acara, seksi dokumentasi, seksi kesehatan, seksi humas dan lain-lain. seksi ini dapat ditambah ataupun dikurangi sesuai sekala kegiatan.

Tugas Pokok Seksi Acara

Secara pokok tugas seksi acara adalah memastikan suatu acara dapat berjalan sesuai dengan rencana sebagaimana yang telah dirancang jauh-jauh hari.

Mulai dari menyiapkan rundown acara, hingga mengatur hal-hal teknis pada saat acara dilaksanakan.

Mudahnya, tugas seksi acara lebih kepada kegiatan teknis dilapangan atau pada saat acara di hari H. Jika diperinci tugas seksi acara akan tampak seperti berikut :

  1. Membuat Rundown / Jadwal Acara
  2. Menentukan Siapa saja yang akan diundang
  3. Meminta Seksi publikasi/humas untuk membuat pengumuman
  4. Memimpin Acara (di Hari H)
  5. Mengatur dan membagi tugas teknis ketika acara berlangsung misalnya, moderator,pemimpin acara, pembicara, Narasumber singgers, pemain musik dll

Contoh Tugas Seksi Acara

Biar lebih mudah kita asumsikan saja kita sedang ada acara seminar. dari sini Pemimpin atau ketua akan memimpin rapat untuk menentukan kapan, dimana acara seminar ini akan dilaksanakan.

Setelah diputuskan kapan dan dimana acara diadakan, Tugas seksi acara adalah mencari dan menentukan Siapa yang akan menjadi pembicara, susunan acara, berapa orang yang akan diundang, dan siapa saja targetnya.

Dan beberapa kebutuhan perlengkapan seperti perlu piagam/sertifikat atau tidak ? perlu speaker atau tidak dan kebutuhan lain. lho kenapa bukan sie perlengkapan ? Sie perlengkapan bertugas mencari, merawat dan memaksimalkan perlengkapan. Sementara butuh atau tidak butuhnya yang lebih tau adalah seksi perlengkapan.

Begitu juga soal seksi acara punya target 100 peserta dan SMA dan SMK se Magetan. disini seksi acara tidak tau model promosi apa yang cocok, oleh karenanya tugas promosi dikerjakan oleh seksi publikasi.

ketika acara tugas seksi acara adalah mengatur tempat duduk, siapa moderator, siapa pembawa acara / MC, membagikan materi, membagikan jadwal acara dll.

kok dokumentasi tidak ? iya tidak. karena itu tugas seksi dokumentasi.

Hingga terakhir. membagikan sertifikat atau piagam kepada seluruh peserta. demikian tugas seksi acara semoga bermanfaat.

Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

Post Comment