Tugas Sekretaris Kelas dan Tanggung Jawabnya

Tugas Sekretaris Kelas – Meski memiliki gelar yang sama, Tugas Sekretaris Perusahaan, Organisasi dan Sekretaris Kelas tidaklah sama. hal tersebut terjadi karena adanya batasan wilayah atau ruang lingkup yang secara tidak langsung men-spesifikan tugas-tugas sekretaris.

Pengertian Sekretaris Secara Umum

Makna sekretaris datang dari bahasa Latin ialah “secretum” yang bermakna rahasia. Di terapannya, seseorang sekretaris benar-benar berhadapan langsung dengan sejumlah hal penting yang mempunyai sifat rahasia dalam perusahaan. Sekretaris adalah seseorang pekerja yang punya keharusan untuk menolong pimpinan perusahaannya, di mana sekretaris harus mengenali sejumlah info super rahasia dalam perusahaannya dan mampu mengontrolnya agar perusahaan menjadi lebih baik.

Pengertian Sekretaris Kelas

Seperti yang disampaikan di atas bahwa Tugas sekretaris juga dipengaruhi raung lingkup diaman dia menjabat, dalam hal ini sekretaris kelas, merupakan siswa yang ditunjuk oleh kelas, wali kelas, ketua kelas yang dimaksudkan untuk membantu pekerjaan ketua kelas. Agar kelas menjadi lebih baik.

Tugas Sekretaris Kelas

Sekretaris dapat diartikan sebagai juru catat/tulis. Seperti namanya, pekerjaan sekretaris kelas terkait dengan dunia tulis-menulis dan catat-mencatat. Misalnya menulis pelajar di kelas yang tidak masuk sekolah karena Sakit (S), Ijin (I), atau Lalai (A) alias absen sekolah. Itu semua dicatat di jurnal kelas.

Baca Juga :

Disamping itu, menulis agenda pelajaran tiap hari dan guru yang mengajarkan mata pelajaran itu pada hari itu, merangkum kedatangan guru di kelas, dan simpan beberapa berkas penting yang lain.

Karena pekerjaan sekretaris agak banyak, karena itu jumlah sekretaris kelas umumnya ada 2 orang. Nah, pekerjaan sekretaris yang ke-2 masih terkait dengan dunia tulis-menulis. Tetapi tidak seperti sekretaris khusus yang bertanggung jawab dengan jurnal kelas dan beberapa surat, sekretaris 2 lebih konsentrasi ke penulisan pekerjaan/catatan di papan catat.

Lebih Detail Lagi Tentang Tugas Sekretaris Kelas

  1. Mengikuti ketua kelas dalam tiap rapat tatap muka.
  2. Memberi anjuran dan saran kepada ketua kelas dalam memutuskan.
  3. Menyiapkan semua wujud dan tipe surat yang terkait dengan semua penerapan gagasan beberapa kegiatan kelas.
  4. Bersama ketua kelas dalam hal menandatangani beberapa surat atas nama organisasi kelas.
  5. Bertanggung jawab atas administrasi kelas.
  6. Bertindak selaku penulis/notulen dalam tiap rapat kelas apabila berhalangan bisa mewakilkan ke anggota organisasi kelas yang lain.

Meski tidak sebanyak tugas sekretaris perusahaan, tugas sekretaris kelas terbilang cukup sulit dan penuh dengan kesabaran mengingat levelnya masih sekolah.

Mungkin jika disetarakan, tentu antara tugas sekretris perusahaan, tugas sekretaris organisasi ataupun tugas sekretaris kelas tetaplah sebanding.

Baca Juga :

Demikian uraian tugas sekretaris kelas semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Baca Al Qur'an Online