Tugas ketua panitia, sebagai seorang yang aktif dalam organisasi baik di sekolah maupun diluar sekolah pasti tidaklah asing dengan istilah kegiatan.

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan bagian-bagian kecil dari sebuah rentetan program kerja pengurus organisasi dalam satu periode menjabat.

Berbicara soal kegiatan kalian pasti tau yang namanya kepanitiaan. kepanitiaan merupakan kepanjangan tangan dari pengurus organisasi yang mana mereka adalah orang-orang yang dibentuk secara khusus untuk mengurusi suatu kegiatan.

Nah di dalam kepanitiaan ini terdapat sebuah struktur baru selayaknya kepengurusan dimana ada ketua, sekretaris, bendahara dan seksi-seksi.

Dari masing-masing jabatan dalam kepanitian ini memiliki tugas sendiri-sendiri namun saling berkoordinasi dan kerjasama. Sebagai contoh tugas seksi dokumentasi tentu tidak akan lepas dari tugas ketua panitia, sebagian tugas dari seksi dokumentasi ada campur tangan ketua panitia.

Dan kali ini kita akan obrolin sedikit tentang tugas ketua panitia.

Tugas-tugas Ketua Panitia dalam suatu kegiatan

tugas ketua panitia

sebelum lebih jauh ada yang tau siapa itu ketua panitia ? yap ketua panitia adalah seseorang yang bertanggung jawab atas acara atau kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya.

Sehingga dari sini tugas ketua panitia akan sangat banyak. mencari peserta, perijian, menata tempat, dokumentasi, laporan dan lain-lain. oleh karena hal sebanyak itu tidak mungkin dikerjakan sendiri maka perlu dibuatlah anggota panitia.

lalu apa tugas ketua panitia ? sabar kita akan buatkan list atau daftar.

a.    Membuat proposal, dan mengurus perizinan.

Bukannya itu tugas sekretaris dan humas ? betul, membuat proposal dan ngurus perizinan merupakan tugas sekretaris dan perizinan adalah tugas humas. tapi mengingat seluruh tugas yang ada dalam proses membuat acara adalah tugas ketua. hanya saja akan didelegasi atau diberikan kepada orang lain seperti sekretaris atau seksi humas.

b.    Mengkoordinir jalannya suatu pekerjaan semua seksi.

Diawal pembentukan panitia, ketua harus menyampaikan seluruh tahapan agar kegiatan yang dibuat dapat terlaksana. dari perencaan, hingga terakhir acara hari H.

c.    Memantau kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing seksi.

Seusai rapat, Seorang Ketua akan membagi tugas-tugasnya kepada beberapa anggota panitia seperti seksi-seksi. sehingga dalam kurun waktu tertentu seorang ketua harus dan wajib mengawasi proses dan hasil dari seksi-seksi.

d.    Mengarahkan seksi-seksi.

Apabila terjadi sebuah miss atau ada tugas yang tidak dapat dijalankan sesuai rencana, ketua wajib mengarahkan seksi-seksinya untuk mencari solusi atau pemecahan masalah agar acara atau kegiatan tetap dapat berjalan sesuai rencana.

e.    Membuat konsep, mengambil keputusan dan mempertanggung jawabkan tugas-tugas secara umum yang dilaksanakan semua seksi.

Jika seksi-seksi sudah mentok, dan tidak menemukan sebuah solusi, peran atau tugas ketua panitia adalah memberi keputusan dan siap mempertanggung jawabkan apapun hasil keputusannya.

f.    Menambahkan anggota panitia baru.

Ketua dapat menambahkan anggota baru dalam kepanitiaanya, misalkan tambah seksi wira-wiri atau seksi hiburan yang mana dengan berbagai pertimbangan bahwa menambah anggota baru itu sangat dibutuhkan. mengingat menambah anggota tentu akan menambah anggaran, konsumsi dan transportasi misalkan.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.