Tugas Seorang Bendahara Dalam Organisasi

Tugas Bendahara Dalam Organisasi, Seperti yang kita tau bawa tugas Bendahara organisasi adalah mengelola keuangan organisasi. Tapi bagaimana proses pengelolaannya ? apakah sebatas menerima uang, memberi uang dan mencatatan ?

Tidak. Tugas bendahara organisasi tidak hanya sebatas itu. Tugas bendahara adalah harus Pengelolaan uang ini berasal dari program kerja yang telah disusun diawal periode kepengurusan. dimana disana akan ditentukan dalam satu periode organisasi kita akan berbelaja apa saja, mengeluarkan dana untuk kegiatan apa saja dan darimana saja sumber dana itu berasal.

1. Menyusun RAPBO

tugas bendahara, tugas bendahara organisasi, tugas bendahar dalam organiasai

Bendahara bertugas untuk mengelola keuangan mulai dari membuat pembukuan, mengatur keuangan, hingga penyusunan Rencana Anggaran Pengeluaran Belanja Organisasi (RAPBO) untuk satu periode kepengurusan dalam sebuah organisasi.

Fungsi RAPBO ini adalah untuk bahan pertimbangan seandainya ada keperluan luar biasa diluar program kerja selama periode kepengurusan dijalankan, pengurus dapat menentukan apakah akan memangkas program kerja atau mengabaikan keperluan luar biasa tersebut.

Bagaimana Menyusun RAPBO ?

1. Anggaran Berasal Dari Program Kerja Terdahulu.

dimana program kerja terdahulu merupakan program kerja yang belum selesai atau masih berlanjut dan harus diselesaikan. artinya seorang bendahara organisasi harus mengecek Anggaran Belajar Organisasi perode yang lalu, kemudian dipelajar dan dirumuskan untuk periode yang sekarang.

2. Anggaran Berasal Dari Program Kerja Yang Baru.

Biasanya setiap pergantian pengurus selalu ada program kerja – program kerja baru yang berbeda dengan program terdahulu, sehingga tugas bendahara organisasi adalah mempelajari program kerja baru tersebut untuk dirumukan kedalam Anggaran periode sekarang.

3. Penyesuaian Program Kerja Terdahulu dan Sekarang Dengan Sumber Pendapatan

Setelah bendahara selesai melakukan analisis RAPBO terdahulu dan program kerja terbaru, seorang bendara organisasi menyesuaikan dengan keadaan kas organisasi dan sumber pendanaan organisasi.

Jika dirasa sumber pendanaan cukup maka RAPBO bisa dirumuskan kedalam RAPBO perido yang baru. jika tidak akan ada pilihan untuk memangkas program kerja periode sekarang atau menghentikan program kerja terdahulu atau mencari tambahan sumber dana atau mengalihkan sumber dana yang lain.

2. Membuat Pembukuan Selama Satu Periode Kepengurusan

Setelah RAPBO selesai disusun tugas bendahara organisasi adalah membuat pembukuan selama satu periode, dimana dipembukuan tersebut akan dicatat pengeluaran dan pemasukan selama satu periode pengurusan.

Selain mencatat tugas bendahara organisasi juga wajib memberi warning atau peringatan kepada pemimpin apabila kondisi kas telah menipis dan perlu tambahan atau kebutuan dana melebihi yang dianggarkan.

3. Mengelola Bukti Transaksi

Hal yang tidak kalah penting adalah pengelolaan bukti transaksi dalam setiap kegiatan. Setiap bukti transaksi yang diperoleh harus disimpan secara baik-baik jangan sampai hilang atau rusak.

keberadaan tanda bukti transaksi ini merupakan bentuk tanggungjawab seorang bendahara organisasi dalam mengelola kuangan organisasi.

Salah satu poin yang mengatakan suatu organisasi itu sehat adalah dengan melihat bagaimana pengelolaan uangnya. karena biar bagaimanapun sebuah organisasi tidak bisa mengadakan kegiatan apapun tanpa ada dana untuk mendana kegiatan tersebut. sehingga tugas bendahara dalam organisai sangatlah vital.

Loading...
Close Menu