Ada banyak hal belum kita ketahui dalam menggunakan Microsoft excel apalagi yang jarang bahkan belum pernah menggunakan Microsoft excel sebelumnya. Maka dari itu dalam tutorial Microsoft excel kali ini Kami menyajikan Tips-tips Microsoft Excel agar kita lebih mudah untuk menggunakan Microsoft excel.

  1. Select / Block Semua CELL

Tips Microsoft Excel yang pertama kalian bisa memilih seluruh CELL yang ada di Microsoft Excel hanya dengan satu klik saja. Cari tombol berikut, lalu klik dan semua CELL akan berada dalam mode selected.

  1. Select sebagian table

Terkadang kita mengalami kesulitan saat memilih sejumlah CELL yang kebetulan sangat pajang hingga perlu Scroll dan tidak memungkinkan menggunakan Klik dan Select.

Cara termudah di tips microsoft excel ini adalah dengan memanfaatkan Tombol “Shift” pada keyboard. Kalian klik CELL pertama, kemudian cari CELL terakhir ( pastikan CELL pertama masih dalam kondisi terpilih ). Tekan tombol “Shift” kemudian klik CELL terakhir.

  1. Menambah Kolom (Column)

Tips Microsoft Excel ke 3, Misalkan saja kalian ingin menambah kolom baru sebelum “kolom B” hal yang perlu kalian lakukan bukanlah memindahkan data dari Kolom B dan seterusnya ke kolom C, tapi cukup klik kanan pada Kolom B ( nama kolomnya ) pilih “Insert”. Dan Kolom B-pun akan kosong.

Dan jika ingin mengosongkan beberapa kolom sekaligus, misalnya kolom B, C dan D kalian cukup select kolom B, C dan D lalu klik kanan “insert”.

  1. Menambah Baris (Row)

Begitu pula yang dilakukan jika kita ingin menambah Row atau baris, hanya kita pilih Row nomor berapa dan klik kanan “insert”

Pun juga untuk menambahkan beberapa row sekaligus, select beberapa row, kemudian klik kanan “insert”.

  1. Membuat Garis Diagonal pada CELL

Sering kita menemui CELL yang ada garis diagonalnya ? baik begini cara membuat. Klik kanan CELL yang ingin diberi garis diagonal, pilih “Format Cells”

Dan akan muncul Window Format Cells, kalian pilih tab “Border”

Kalian klik tombol pada section “border” yang paling bawah maka akan muncul garis melintang (diagonal).

Terakhir klik OK.

  1. Membuat Teks di dalam CELL menjadi Vertikal

Sama halnya dengan Garis diagonal hanya saja. Kita tidak menggunakn Tab “Border” tapi menggunakan “Alignment” pada bagian “Orientation” kalian ubah nilai “Degrees” nya.

Misalnya 45. Terakhir klik OK.

  1. Menambah tombol Shortcut pada Toolbar

Tips Microsoft Excel ke 7 Terkadang kita memerlukan tombol yang kebetulan tempatnya sangat susah dicari, sehingga cukup memakan waktu untuk mencari. Oleh karena itu solusinya adalah dengan memindahkannya pada toolbar.

Caranya adalah klik tombol segitiga kecil pada “toolbar quick access”.

Kalian bisa yang sudah tersedia atau pilih “More Commands” untuk melihat semua tombol.

Kalian pilih tombol di sebelah kiri, kemudian klik “Add” ke kanan dan klik “Ok”.

  1. Mengambil Hasil penghitungan Rumus

Terkadang kita ingin mengambil sebuah hasil perhitungan tapi ketika kita copy dan paste hasilnya malah rumus. Akhirnya opsi terakhir kita lebih memilih mengetikkan ulang, sebenarnya kita bisa menggunakan “paste special”.

Copy hasil Rumus, kemudian pindah ke CELL diaman kalian ingin meletakkan hasilnya lalu klik kanan “paste > paste options > values” ( yang ada angka 123 )

  1. Mengunci Colum dan baris tertentu ( Freeze Panes )

Biasanya saat menscroll e kiri untuk melihat kolom sebelah kanan kita sering bingung “ini baris apa ya ?” nah kita bisa menggunakan Freeze Panes untuk mengunci Kolom tertentu agar tidak bergerak saat discroll ke kiri atau kekanan atau row saat di scroll keatas atau kebawah.

Caranya, tentukan CELL mana yang diFreeze, lalu pilih CELL dibawahnya atau sebelahnya. Kemudian, buka tab “View”.

  1. Filter pada judul table

Pada suatu ketika kita menginginkan filter pada table secara spesifik agar tampil sesuai yang kita inginkan. Misalnya ingin data kelas 3 saja, atau nilai 80 saja. Maka kita bisa menggunakan cara dibawah.

Demikian tips-tips microsoft excel yang sering kali dilupakan, jangan lupa untuk menerapkan tips microsoft excel di atas agar pekerjaan dapat selesai lebih cepat.