Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Tips Mendaki Gunung – Mendaki gunung adalah hal populer saat ini, banyak masyarakat rela menghabiskan waktu tenaga dan uang untuk menikmati keindahan alam pegunungan. Mendaki gunung memang menyenangkan namun harus tetap mengutamakan keamanan dan persiapan yang matang. Terlebih lagi sekarang sudah masuk musim hujan dan tentu saja gunung yang didaki memiliki tingkat kesulitan dan karakter yang berbedan dibanding saat musim kemarau. Musim hujan memang memiliki resiko tersendiri bagi kegiatan mendaki gunung, trek mendaki bisa saja berubah sulit, adanya angin kencang, petir, dan bahaya lainnya yang bisa saja mengkhawatirkan anda.

Tentu mendaki saat musim hujan tidak semudah saat musim kemarau, namun anda tidak perlu khawatir anda tidak bisa mendaki gunung saat mendaki gunung saat musim hujan. Anda hanya perlu melakukan tindakan khusus untuk memastikan keamanan mendaki gunung saat musim hujan, jadi anda tetap bisa menikmati keindahan alam meski cucaca sedang hujan dan tak perlu menundanya. Berikut kami berikan beberapa tips mendaki gunung yang perlu anda lakukan saat musim hujan.

Persiapan Ekstra Untuk Cuaca Ekstrem

Mendaki gunung sejatinya perlu persiapan, namun saat musim hujan persiapan ini harus ekstra dan lebih tinggi lagi. Misalnya membawa barang bawaan lebih banyak untuk cadangan dan adanya pelapis barang bawaan anda. Bila perlu anda membawa tas plastik (trahsbag) atau jas hujan  untuk membuat barang bawaan anda kedap air dan aman saat dibawa mendaki gunung.

Selain itu persiapan fisik saat musim hujan juga harus sama ekstranya selain persiapan barang bawaan. Fisik anda harus dilatih dan menjaga kesehatan sebelum mendaki gunung, banyak olahraga dan minum air putih dan vitamin bila perlu sebelum mendaki gunung saat musim hujan. Mengingat hujan bisa saja membuat anda sakit dan tentu itu tidak memungkinkan untuk mendaki gunung. Jangan lupa berdoa sebelum mendaki gunung agar senantiasa dilindungi oleh Tuhan saat mendaki.

Sesuaikan Gunung Yang Akan Didaki

Gunung memiliki karakter berbeda – beda saat musim hujan, pilih gunung yang kira – kira aman didaki saat musim hujan dan tidak berbahaya, banyak sekali gunung yang tutup saat musim hujan demi alasan keamanan dan lingkungan. Pilihlah gunung dengan trek yang tidak berbahaya saat musim hujan. Selain itu mendaki lah di gunung yang memiliki jalur pendek dan cepat agar anda tidak terlalu lama terkena hujan saat mendaki dari awal tempat anda mendaki hingga anda sampai di pemberhentian terakhir atau puncak gunung.

Sesuaikan Waktu Pendakian

Selain menyesuaikan tempat mendaki gunung, sesuaikan juga waktu mendaki gunung yang akan dilakukan. Jangan mendaki gunung pada waktu hujan akan turun dengan deras atau ada angin kencang bahkan petir, pilihlah waktu dimana hujan tidak turun atau hujan gerimis sehingga mendaki gunung jauh lebih aman. Kami sarankan untuk tidak mendaki gunung waktu malam karena jalur basah sehabis hujan bisa membuat anda tidak nyaman dan berbahaya.

Pelajari Jalur Pendakian & Hindari Tebing Licin Rawan longsor

Masih berhubungan dengan karakter gunung, anda juga harus memahami betul jalur pendakian yang akan dilalui. Saat hujan bisa saja trek mendaki gunung berubah sehingga menyulitkan anda saat mendaki, misalnya trek tanah yang berubah menjadi lumpur atau batu yang tumbuh lumut dan licin. Trek yang aman dilalui akan memudahkan anda mencapai tujuan anda sampai di puncak atau pemberhentian terakhir. Hindari juga mendaki gunung di jalur yang dekat dengan tebing yang rawan longsor, curam,  atau tebing licin untuk didaki demi keamanan anda. Alangkah baiknya jika memilih mendaki dengan jalur panjang daripada memilih jalur singkat namun berbahaya. Mempelajari jalur pendakian juga bisa dilakukan dengan bertanya dengan petugas basecamp atau melihat peta jalur pendakian yang disediakan.

Pelajari Prakiraan Cuaca

Penting untuk selalu mempelajari prakiraan cuaca saat musim hujan, apalagi saat ini cuaca kadang susah diprediksi. Lihatlah melalui aplikasi prakiraan cuaca di gadget anda mengenai prakiraan cuaca sebelum pendakian sehingga anda merasa nyaman saat mendaki gunung dan tidak khawatir akan cuaca yang akan terjadi di saat mendaki gunung. Namun perlu diingat cuaca yang diprediksi bisa berubah sewaktu – waktu jadi persiapkan diri anda lebih matang daripada sebelumnya.

Jangan Memaksakan Diri Ketika Cuaca Memburuk

Alam memang tidak bisa dihindari dan dilawan, sebaiknya jika memang cuaca memburuk saat sebelum anda mendaki anda bisa menunggu sampai cuaca membaik. Apabila hujan turun saat anda mendaki, anda bisa mendirikan tenda atau berhenti di tempat yang teduh untuk sementara waktu. Perlu anda ingat mendaki gunung bukan bagaimana menaklukkan  puncak gunung dan menikmati keindahan alam, namun mengenai bagaimana menaklukkan diri sendiri dan memperhatikan keselamatan saat mendaki gunung menjadi hal yang lebih utama.

Demikian tulisan kami mengenai beberapa tips mendaki gunung saat musim hujan. semoga dengan tulisan kami menambah wawasan anda mengenai mendaki gunung agar lebih aman dan nyaman bagi anda yang ingin mendaki gunung di waktu dekat.

Loading...
Close Menu