Mudah! Ini Dia Tips Menabung untuk Pelajar!

Mudah! Ini Dia Tips Menabung untuk Pelajar!

Tips menabung untuk pelajar , Cara menabung bisa dibilang cukup banyak, dan tentu semuanya benar. Pada dasarnya menabung memang bertujuan mengumpulkan uang untuk suatu tujuan tertentu. Tapi manakah cara menabung dengan cepat? apakah di celangan di rumah, ataukah di bank dan darimana sumber uang yang ditabung itulah yang menjadi masalah.

Sebagai seorang pelajar, pasti kamu mendapat uang saku dari orang tua. Nah, alangkah baiknya jika kamu menyisihkan sebagian uang jajan untuk ditabung. Supaya berhasil, simak beberapa tips menabung untuk pelajar di artikel ini:

Tips Menabung untuk Pelajar

Menabung merupakan kegiatan menghimpun uang di masa kini untuk digunakan di masa mendatang. Kebiasaan menabung harus dibiasakan sejak kecil, karena kita tidak dapat menebak apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Menabung sejak dini memiliki banyak manfaat bagi kamu, lho. Pertama, menabung dapat dijadikan sebagai sarana untuk melatih kesabaran dan menahan diri. Selain itu, menabung juga membuatmu lebih menghargai uang  dan menerapkan gaya hidup hemat.

Kedisiplinan dan kemandirian juga turut dilatih selama kamu menabung. Yang terpenting, menabung dapat menjadi persiapanmu untuk menghadapi masa depan.

Nah, menabung bisa dibilang susah-susah gampang. Bila kamu merasa terlalu sulit untuk menabung, coba terapkan beberapa tips di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan Menabung

Setiap kegiatan menabung pasti memiliki tujuan tertentu, entah itu untuk membeli sesuatu atau sekadar simpanan darurat saja. Maka dari itu, tips menabung yang pertama adalah menentukan tujuan menabung.

Sebagai pelajar, kamu bisa mencatat tujuan menabung di buku tulis atau catatan ponsel. Dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat dan termotivasi dalam menabung. Selain itu, kamu juga tidak akan mudah tergoda karena sudah menentukan suatu keinginan.

2. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Sejak kecil, orang tua semestinya sudah memberitahu anak bedanya kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu hal yang harus dipenuhi sekarang juga, misalnya makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

Sementara itu, keinginan merupakan kebutuhan yang berlebihan. Keinginan memiliki sifat tidak mengikat dan berdampak pada kepuasan, sehingga kamu tidak harus memenuhinya. Contoh keinginan adalah pergi berlibur, makan di restoran mewah, membeli mainan, dan lain sebagainya.

Meskipun masih duduk di bangku pelajar, kamu harus membedakan mana barang yang benar-benar kamu butuhkan dan mana yang hanya sekadar keinginan. Kamu bisa mencari jawaban dari pertanyaan ‘Kalau nggak beli sekarang nggak papa, kan?’, ‘Ini penting banget gak sih?’, dan ‘Barang ini bakal dipakai terus nggak, ya?’

3. Sisihkan Uang Jajan

Salah satu sumber penghasilan seorang pelajar adalah dari uang jajan yang diberikan orang tua. Maka dari itu, kamu bisa mulai menabung dengan menyisihkan sedikit demi sedikit uang jajan yang kamu miliki.

Misalnya saja, orang tuamu memberi uang jajan Rp300.000 sebulan. Kamu bisa menyisihkan Rp2.000 setiap hari dan memasukkannya ke celengan. Memang sih Rp2.000 nggak terlalu terasa.

Tapi, coba bayangkan jika Kamu menabung dalam waktu 1 tahun. Uang yang awalnya Rp2.000 tadi akan berubah menjadi Rp700.000 setelah 1 tahun. Yang penting, kamu harus konsisten dan disiplin, ya.

4. Membuat Catatan Keuangan

Tips menabung untuk pelajar selanjutnya adalah membuat catatan keuangan. Tenang, jangan buru-buru membayangkan banyak angka yang membingungkan. Sebagai seorang pelajar, kamu bisa membuat catatan keuangan yang simple saja.

Pertama, siapkan satu buku tulis khusus untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan. Kemudian, buatlah kolom tanggal, pemasukan, pengeluaran, dan saldo. Misalnya, orang tuamu memberi Rp500.000 setiap bulannya. Maka, catat tanggal pemberian uang jajan dan nominal pemasukan. Kemudian, tuliskan saldonya.

Jika Kamu membeli sesuatu, catat pada kolom pengeluaran dan hitung saldonya. Contohnya, kamu membeli tas Rp50.000, maka saldo kamu menjadi Rp450.000.

5. Membawa Bekal

Saat menabung, tentu saja kamu harus berhemat. Nah, salah satu cara paling ampuh untuk berhemat adalah membawa bekal dan botol minum dari rumah. Agar tidak bosan, kamu bisa meminta orang tua untuk membawakan lauk yang beraneka ragam.

Membawa bekal dari rumah tentu saja membuat kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makan di kantin. Dengan begitu, uang makan dapat Kamu simpan untuk keperluan lainnya.

6. Mengurangi Kegiatan di Luar

Masa remaja merupakan kondisi pertumbuhan seseorang yang paling prima. Sebagai seorang pelajar, tentu saja kamu ingin melakukan banyak aktivitas di luar rumah. Tak jarang, para pelajar juga mencoba hal-hal baru yang menguras banyak uang.

Bila kamu sudah berkomitmen untuk menabung, sebaiknya kurangi kegiatan di luar rumah, seperti nongkrong, mengerjakan tugas di cafe, dan lain sebagainya. Sebaliknya, ajak saja teman-temanmu ke rumah supaya lebih menghemat biaya.

7. Jangan Sepelekan Uang Kecil

Selama menabung, sebagian besar dari Kita mungkin berhenti di tengah jalan karena tidak sabar akan pertambahan uang yang lambat. Tapi, ternyata uang kecil sangat berharga bila kamu konsisten melakukannya.

Jadi, jangan sepelekan uang Rp100, Rp200, maupun Rp500, ya. Jika kamu memiliki uang Rp200 sebanyak 50 buah saja kamu sudah mengantongi Rp10.000, lho.

8. Gunakan Celengan Unik

Tips yang terakhir dapat diterapkan bila kamu merupakan seorang pelajar yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Orang tua dapat mengajarkan anak menabung sejak dini dengan menggunakan celengan yang unik dan berbentuk lucu.

Meskipun sedikit tidak masuk akal, nyatanya celengan berbentuk unik dapat memacu semangat menabung sang buah hati. Bila kamu masih berusia 3 – 6 tahun, coba beli celengan yang berbentuk hewan.

Kemudian, bayangkan hewan tersebut membutuhkan makan, sehingga kamu harus memasukkan uang ke dalam celengan tersebut. Seiring berjalannya waktu, kamu akan memiliki kebiasaan menabung, meskipun tidak lagi menggunakan celengan lucu.

Setelah membaca tips menabung untuk pelajar, kamu bisa langsung mempraktekkannya, nih. Ingat, ya! Hal yang terpenting dari menabung adalah konsistensi dan sikap disiplin. Tak perlu takut, sedikit demi sedikit, tabunganmu akan menjadi bukit, kok.

Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

Post Comment