10 Tips Menabung Ibu Rumah Tangga untuk Kebebasan Finansial Rumah Tangga

Wanita sebagai ibu rumah tangga harus pandai mengelola keuangan di rumah. Untuk itu, diperlukan pengetahuan dalam menghemat pengeluaran rumah tangga. Kita harus lebih banyak membaca tentang tips menabung ibu rumah tangga agar dapat merealisasikan pengelolaan keuangan keluarga.

Mengapa Ibu Rumah Tangga Perlu Menabung?

Kita sering mengeluh bahwa kita tidak punya uang untuk melakukan hal-hal tertentu. Misalnya seperti traveling, membeli mobil, membeli rumah atau bahkan menabung untuk pendidikan anak-anak kita. Terkadang, kita melihat orang lain dan bertanya-tanya bagaimana mereka mampu melakukan begitu banyak hal?

Pengetahuan terkait tips menabung tentu sangat penting dipelajari dan diterapkan. Hal ini karena ilmu tersebut bisa membantu kita jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat dalam hal keuangan. Selain itu, menabung dapat membantu kita untuk menghindari hutang, mengurangi tekanan keuangan, dan memberi kita kebebasan finansial.

Menabung memang sangat penting diterapkan di keluarga. Ketika kita memiliki uang yang tersedia di bank, kita dapat melakukan apa yang kita inginkan tanpa stres. Jika kita tidak memiliki tabungan, mungkin akan lebih sulit untuk mengejar hasrat tertentu, memulai bisnis misalnya.

Berikut 10 Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

Berikut adalah beberapa tips menabung ibu rumah tangga untuk bisa diterapkan di keluarga kita. Semoga tips ini membantu kita untuk menghemat lebih banyak uang dalam pengelolaan keuangan rumah tangga.

1.     Buatlah Anggaran Keuangan Rumah Tangga

Membuat anggaran bisa membantu mengelola keuangan rumah tangga kita. Lewat anggaran keuangan, kita bisa mengetahui semua pengeluaran di rumah tangga. Anggaran keuangan ini tentu disesuaikan dengan pendapatan kita sebagai istri, atau pendapatan suami.

Anggaran keuangan ini akan membantu mengendalikan pengeluaran kita yang berlebihan. Selain itu, pastikan untuk mencatat semua pengeluaran yang terjadi secara teratur diluar anggaran tetap setiap bulan, misalnya seperti asuransi kendaraan.

2.     Bedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Meskipun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tips ini adalah cara yang bagus untuk menghemat uang. Jika dapat membedakan antara apa yang dibutuhkan dengan apa yang diinginkan, maka kita dapat menghemat banyak uang.

Misalnya saja, jangan membeli Smart TV baru hanya karena ada diskon besar di supermarket, padahal TV Kita masih berfungsi dengan baik. Belilah apa yang menjadi kebutuhan kita. Tentukan prioritas pada kebutuhan rumah tangga yang paling dibutuhkan.

3.     Catat Pengeluaran Kita

Kunci untuk menabung adalah agar bisa mengawasi dimana Kita menghabiskan uang. Catatlah ke mana sebagian besar pengeluaran kita agar dapat meminimalkan pengeluaran. Kita dapat melakukan pencatatan keuangan secara manual atau dengan aplikasi pencatat pengeluaran keuangan yang lebih modern.

4.     Belanjalah dengan Terencana

Sebelum kita pergi belanja, catat dalam daftar belanja semua hal yang kita butuhkan. Jika barang tertentu tidak ada dalam daftar belanja kita, berarti kita tidak membutuhkan barang itu. Belanjalah apa yang ada di dalam daftar belanja kita untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

5.     Lebih Baik Membayar dengan Uang Tunai daripada dengan Kartu

Ketika membayar dengan uang tunai, kita tahu berapa banyak uang yang dibelanjakan. Saat membayar dengan kartu, kita mungkin tidak tahu berapa banyak uang yang dikeluarkan sampai tagihan kartu kredit tiba. Maka, sebaiknya hindari pembayaran non tunai.

6.     Tabung Uang Secara Teratur

Tanamkan kebiasaan menabung sedikit setiap bulan. Setelah tahu jumlah anggaran belanja tiap bulan, kita bisa menentukan berapa pengeluaran yang dibutuhkan setiap bulan. Kita juga bisa menentukan berapa uang yang harus ditabung setiap bulannya.

Walaupun sedikit uang yang kita tabung setiap bulan, namun tetap lakukan itu secara teratur dan rutin di tiap bulan. Maka peribahasa sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit akan terealisasi pada uang yang kita tabung.

7.     Jadikan Tabungan Berorientasi Pada Tujuan

Ketika menetapkan tujuan untuk menabung seperti rumah, pernikahan, liburan, pendidikan anak, atau pensiun, kita akan mencari tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyimpannya.

8.     Saat Membeli Sesuatu, Belajarlah untuk Membandingkan

Tips ini mungkin membantu dalam banyak hal. Jika kita perlu membeli sesuatu, jangan langsung membelinya. Sebaiknya kita mencari opsi dari tempat lain di mana kita bisa mendapatkannya dengan harga yang jauh lebih masuk akal.

Misalnya marketplace X mungkin menawarkan harga produk yang bagus. Tapi marketplace Y memberikan flash sale dengan harga produk yang lebih rendah. Dengan membandingkan barang secara online, kita bisa mendapatkan produk yang sama dengan harga yang jauh lebih murah.

9.     Hemat Uang dengan Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Ketika makan dan olahraga dengan baik, teratur, dan sehat, maka secara tidak langsung hal ini mengurangi sebagian besar tagihan medis kita. Jadi jika kita menjaga diri tetap bugar dan sehat, hal ini berkontribusi pada penghematan anggaran belanja medis.

10.  Gunakan Diskon atau Voucher Belanja dengan Seksama

Saat ini banyak marketplace yang memberikan diskon pada hal-hal favorit kita. Meskipun diskon atau flash sale bisa menjadi penawaran yang bagus, namun jangan biarkan diskon menggoda kita. Ingatlah pada prioritas utama daftar belanja kita.

Misalnya, jika membeli sesuatu senilai Rp 100.000 dengan diskon 50%, kita memang bisa berhemat. Tapi, jika barang itu tidak penting dan diskon besar-besaran mendorong kita untuk membelinya, kita mungkin kehilangan Rp 50.000 yang sebenarnya bisa ditabung.

Tips menabung ibu rumah tangga ini mungkin bukan hal baru bagi kita sebagai ibu rumah tangga. Semoga kita bisa lebih bijak untuk mengatur keuangan keluarga dan mengelolanya dengan baik.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment