Tips Jualan Online Laris dan Banyak Pelanggan

Kita tentu sudah sering mendengar istilah Jualan Online bukan? Jualan Online memang sat ini menjadi fenomena sosial yang tak bisa terhindarkan. Dengan semakin majunya IPTEK di Era digital ini, semakin besar pula kemungkinan untuk melakukan aktivitas secara online.

Terlebih lagi, dengan adanya Pandemi yang mengharuskan manusia mengurangi kontak fisik dan melakukan pembatasan sosial. Jualan online menjadi salah satu solusi bagi Kita yang membutuhkan tambahan penghasilan di masa yang sulit ini.

Berjualan Online tentu bukan merupakan suatu hal yang sulit dilakukan, namun juga bukan suatu hal remeh yang mudah dilakukan. Untuk itu, Kita perlu tahu bagaimana menjalankan bisni ini. Nah, bagi Kita yang masih merupakan pemula, berikut akan dibahas sedikit mengenai beberapa tips jualan online laris manis dan banyak pelanaggan. Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Jualan Online Laris dan Banyak Pelanggan

tips bisnis online

Harapan setiap penjual Ketika menawarkan barangnya tentu saja agar laris dan banyak pelanggan. Namun, tentu agar laris memerlukan banyak cara dan strategi. Nah berikut ini akan kita bahas sedikit mengenai Tips Jualan Online Laris dan Banyak Pelanggan.

Baca Juga :

Memilih Jenis Jualan Online

Jualan online juga bisa dilakukan melalui beberapa cara. Nah sebelumnya, Kita perlu menentukan cara apa yang akan Kita gunakan untuk berjualan online. Kita bisa memilih diantaranya adalah :

  1. Reseller
  2. Dropship
  3. Menjual barang hasil karya sendiri
  4. Menjual barang bekas
  5. Menawarkan jasa atas keahlian yang Kita miliki

Kita bisa memilih apakah Kita ingin menjadi Reseller yang harus memiliki stok barang, menjadi dropshipper yang hanya butuh memasarkan barang dagangan, menjual barang yang Kita buat sendiri, atau bahkan menawarkan jasa.

Pastikan bahwa jenis jualan online yang akan Kita lakukan memang telah sesuai dengan kemampuan dan keahlian Kita. Jangan sampai, ditengah jalan Kita memutuskan untuk mundur dari jualan online karena merasa tidak mampu meneruskan.

Peminat Produk

Sebelum memutuskan produk apa yang akan Kita jual nantinya, Kita perlu tahu apakah ada banyak peminat dari produk tersebut. Untuk itu, Kita bisa melakukan riset terlebih dahulu. Jika Kita ingin menjual produk, cari produk yang saat itu sedang populer.

Kita juga bisa mencari produk yang abadi, yaitu produk – produk yang akan selalu dibutuhkan orang meskipun jumlahnya begitu banyak di pasaran. Seperti pakaian atau berbagai jenis makanan. Produk – produk ini tidak akan sepi peminat.

Selain produk, Kita bisa menawarkan jasa yang sesuai dengan keahlian Kita. Tentu saja, Kita juga perlu memperhatikan jasa apa yang mungkin akan banyak dicari orang sesuai dengan keadaan yang tengah berlaku.

Promosi Produk Secara Online

Selanjutnya, tentu saja Kita perlu mempromosikan produk Kita. Apalagi, Kita memiliki bisnis jualan online, tentu Kita perlu mempromosikan produk maupun jasa Kita secara online. Kita bisa memanfaatkan berbagai media online untuk mempromosikan produk Kita.

Dengan mempromosikan produk secara online, Kita dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Seperti yang kita ketahui, bahwa media sosial menghubungakn banyak orang dari berbagai rentang usia dimanapun berada.

Itu berarti, dengan memanfaatkan media sosial, Kita bisa memasarkan produk Kita secara lebih luas. Bukan tidak mungkin jika pembeli yang akan membeli produk Kita adalah pelanggan dari luar negeri.

Promosi secara Offline

Meskipun promosi secara online lebih mudah dan mampu mencakup berbagai daerah, usia maupun negara, promosi produk secara offline juga masih diperlukan. Berjualan offline juga akan memungkinkan untuk memperluas cakupan usaha Kita.

Kita bisa menawarkan produk jualan online secara offline melalui beberapa cara diantaranya adalah :

  1. Word of Mouth artinya dengan menawarka terlebih dahulu produk Kita kepada teman maupun keluarga dekat Kita. Dengan demikian mereka yang telah menggunakan produk Kita akan mulai menyebarkan berita tentang seberapa baik produk yang Kita tawarkan.
  2. Membuat poster, flyer, brosur dan media cetak lainnya. Dengan demikian Kita bisa menawarkan produk dan memberikan informasi produk secara tertulis kepada lebih banyak orang.
  3. Mengikuti bazaar. Tentu Kita sudah sering melihat bagaimana para pemilik bisnis menawarkan dan mengenalkan produk maupun jasa mereka melalui event – even bazaar. Tentu saja dengan demikian Kita akan lebih mudah menawarkan produk Kita kepada pelanggan.

Foto Yang menarik

Selanjutnya, menyematkan gambar atau foto produk adalah salah satu hal yang perlu Kita perhatikan. Kita perlu benar – benar memikirkan bagaimana foto yang akan Kita gunakan untuk promosi.

Misalnya saja, Ketika Kita ingin mempromosikana produk Kita melaui Instagram, tentu saja Kita perlu menampilkan produk yang Kita tawarkan. Bukan hanya foto, Kita juga mungkin menampilkan rekaman atau review terhadap produk yang Kita tawarkan.

Oleh karena itu, Kita perlu membuat foto maupun video yang semenarik mungkin. Kita bisa saja mempekerjakan ahli fot produk yang saat dapat dengan mudah ditemui. Dengan foro produk yang berkualitas, sudah tentu produk Kita akan lebih menarik bagi para pelanggan.

Proses Penjualan yang Efisien

Berjualan secara online artinya akan lebih banyak proses yang harus dilalui. Untuk itu, Kita perlu memikirkan strategi untuk membuat proses penjualan lebih efisien. Kita bisa menggunakan bantuan aplikasi pengatur pengiriman barang maupun aplikasi laiinya.

Kita juga mungkin bisa mempekerjakan lebih banyak karyawan untuk mengurangi resiko keterlambatan pengiriman saat penjualan. Jika Kita tidak ingin mengalami banyak kerugian, Kita bisa saja menjadi dropshipper. Dengan menjadi Dropsipper, Kita hanya perlu menawarkan produk Kita kepada para calon pembeli.

Promo untuk produk

Kita pasti sering menemui papan bertuliskan “Discount” atau “SaLe”.  Dengan membuat promo produk, maka Kita bisa menarik lebih banyak pembeli. Buat promo yang realistis dan tidak membebani Kita.

Contohnya adalah dengan menawarkan bedi 2 discount 15% atau dengan cara memberikan hadian untuk setiap pembelian dengan syarat tertentu. Dengan adanya promosi, secara tidak disadari keinginan pelanggan untuk membeli juga semakin menigkat.

Dengan memberikan promo, Kita mungkin bisa mengurangi adanya barang – barang yang tidak begitu terjual maupun barang – barang yang mungkin kurang diminati oleh orang lain.

Penutup

Jualan Online tentu bukan hal yang mudah dilakukan, namun bukan berarti jualan online adalah sesuatu yang cukup sulit dilakukan. Jualan secara online tentu saja perlu pengetahuan dan skill yang mumpuni.

Ketika Kita memutuskan untuk berjualan secara online, Kita juga perlu mencari tahu terlebih dahulu bagaiman Langkah cara dan juga tips dalam menjalankan bisnis online. Produk yang bisa Kita tawarkan juga tidak terbatas pada produk barang saja, namun Kita juga sangat mungkin untuk menjual atau menawarkan produk berupa jasa.

Baca Juga :

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah, trend pasar saat Kita mendirikan jualan online, produk yang akan Kita tawarkan serta strategi promosi baik secara online maupun offline. Demikian adalah beberapa tips jualan online laris dan banyak pelanggan yang bisa Kita jadikan refernsi.

Leave a Comment