Tips Jualan Online di Instagram yang Sudah Terbukti Efektif

Tips Jualan Online di Instagram yang Sudah Terbukti Efektif

Berjualan  online tentunya sudah menjadi hal umum di masa kini. Kita mungkin adalah salah satu seller online yang memasarkan produk melalui bantuan market place maupun media sosial yang saat ini tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia modern.

Salah satu media sosial yang tengah digandrungi adalah Instagram. Instagram memang memiliki banyak keuntungan dibanding dengan media social lainnya yang ada. Selain tampilannya yang eye catching dan tidak sulit digunakan, Kita bisa dengan mudah mencari teman atau pengikut.

Hal tersebut tentu menjadi salah satu kemudahan untuk memasarkan produk yang Kita miliki. Dengan banyaknya pengguna dan adanya jenis akun yang bisa Kita pilih, Kita akan lebih mudah mendapatkan target pasar yang luas.

Bagi Kita yang belum begitu memahami mengenai Jualan online melalui Instagram, berikut ini adalah beberapa tips jualan online di Instagram yang sudah terbukti Efektif.

Jualan Online di Instagram

Jualan Online di Instagram berarti Kita memasarkan produk maupun jasa Kita melalui Instagram. Tentu hal ini adalah hal yang gampang – gampang susah untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa Tips Jualan yang bisa Kita pertimbangkan:

Gunakan Akun Instagram Bisnis

Kita yang sudah lama bermain Instagram tentu sudah mengetahui bahwa terdapat jenis akun Instagram Bisnis. Akun Instagram bisnis adalah akun Instagram dimana Kita bisa mempromosikan produk atau bisnis Kita secara lebih professional.

Kita bisa menggunakan fasilitas iklan dan promote yang disediakan oleh Instagram. Namun tentu saja Kita perlu mengeluarkan sedikit biaya tambahan. Namun bisnis Kita akan lebih banyak dilihat orang dengan adanya iklan. Dengan demikian semakin banyak orang yang akan mengenal bisnis dan produk Kita.

Profil Pada Bio

Selanjutnya tentu Kita perlu membuat profil sebaik mungkin. Profil bisnis tentu saja akan menentukan bagaimana costumer akan tertarik. Untuk itu, Kita perlu menuliskan profil bisnis Kita sebaik mungkin.

Kita perlu menuliskan apa saja produk yang Kita tawarkan, lalu informasi lengkap mengenai bisnis Kita. Kita juga perlu menuliskan alamat website, nomor telpon yang bisa dihubungi dan juga alamat toko atau bisnis Kita. Dengan demikan Kita akan lebih mudah menawarakan bisnis Kita.

Rutin Posting

Berikutnya, Kita juga perlu memperhatikan waktu untuk posting Kita. Kita perlu memposting produk serta berbagai promosi yang mungkin Kita miliki untuk menarik lebih banyak konsumen. Dengan demikian, Kita juga tetap eksis dan aktif sehingga semakin banyak yang akan tertarik dengan produk Kita.

Rutin Posting bukan berarti Kita harus posting produk setiap hari. Sebaiknya Kita memposting pada Instagram Kita dengan jeda waktu yang cukup. Misalnya setiap satu atau dua minggu sekali. dengan demikian konsumen Kita tidak akan merasa bosan, namun Kita tetap update dengan barang – barang baru yang trendi.

Caption Menarik dan Relevan

Saat Kita memposting sesuatu di Instagram tentu Kita perlu menyematkan caption. Tidak jarang caption yang menjadikan suatu postingan menjadi trending topic. Namun tidak jarang juga jesaalahan caption justru menjadikan suatu postingan kurang diminati.

Jika Kita menawarkan produk tentu Kita perlu menuliskan deskripsi produk yang Kita posting. Tuliskan tentang produk, bagaimana cara memesannya dan informasi lain seperti nomor yang bisa dihubungi untuk membuat pesanan. Dengan demikian konsumen akan lebih mudah dalam memilih produk yang ingin mereka beli.

Hashtag yang Relevan

Satu hal yang menentukan suatu postingan akan menjadi trend topic atau tidak adalah penggunaan hashtag. Selain caption, hashtag juga bisa menjadi salah satu penentu akan sepopuler apa postingan Kita nantinya.

Membuat Hashtag yang relevan juga akan menjadikan produk Kita semakin banyak dikenal. Contohnya jika Kita menjual produk skin care maka ada baiknya Kita menggunakan hashtag berupa merek produk tersebut.

Dengan demikian, produk Kita akan lebih sering muncul pada halaman Instagram. Hashtag yang berlebihan juga justru akan membuat orang tidak ingin membuka postingan Kita. Misalnya Kita secara sengaja membuat hashtag tentang topik yang sedang trending saat itu, meskipun produk yang Kita tawarkan tidak ada hubungannya sama sekali.

Testimoni Costumer

Testimoni adalah salah satu kunci suksesnya suatu produk. Apalagi, dengan berjualan online artinya Kita perlu memberikan sesuatu untuk meningkatkan kepercayaan calon customer Kita. Salah satu caranya adalah dengan mencantumkan testimoni dari costumer terdahulu Kita.

Dengan berjualan online, artinya Kita akan memiliki banyak dokumentasi mengenai pembelian dan pemesanan produk pada toko online Kita. Kita bisa mengambil tangakapan layar kemudian mengunggahnya dengan kategori tersendiri pada laman Instagram Kita.

Kita juga bisa menampilkan testimoni pelanggan Kita tentang pengalaman mereka Ketika menggunakan produk Kita. Dengan demikian, costumer akan semakin percaya kepada toko online Kita.

Pilih Endorser yang Tepat

Endorser adalah kunci lain untuk kesuksesan suatu produk. Kita perlu memperhatikan endorser yang akan Kita gunakan. Tidak sedikit celebgram yang kurang berdedikasi dan terlalu sering membuat sensasi.

Hal tersebut akan membuat produk Kita secara tidak langsung terpengaruh. Jika Kita menggunakan endorser dengan image public yang baik dan tidak neko – neko, tentu produk Kita juga menjadi semakin baik.

Memilih endorser dari non – celebrity juga mungkin memberikan keuntungan tersendiri bagi Kita. Selain biaya yang diperlukan tidak terlalu banyak, endorser dari orang biasa juga bisa memberikan kesan “not too much” pada produk Kita.

Promo Menarik

Promo dan diskon merupakan salah program menarik yang banyak diburu, terutama para wanita. Meskipun potongan harga yang diberikan hanya sedikit, namun hal tersebut tetap sesuatu yang menarik.

Berikan promo seperti buy 2 get 1 atau diskon 20% pada pembelian kedua dengan waktu yang teratur. Jangan terlalu sering, namun pastikan Kita memiliki program semacamnya. Misalnya Kita bisa memberikan giveaway setiap akhir bulan, setiap hari besar atau mungkin pada ulang tahun Kita.

Berikan promo pada produk – produk yang memang banyak diburu. Dengan demikian, customer Kita juga akan semakin senang berbelanja pada toko online Kita. Apalagi jika Kita memberikan system membership yang tentunya memberikan banyak keuntungan bagi pembeli dan penjual.

Kesimpulan

Jualan online adalah salah satu hal yang saat ini banyak digandrungi. Apalagi sejak munculnya COVID-19 yang membatasi kontak fisik manusia. Semakin banyak kebutuhan hidup sehari – hari yang dibeli melalui marketplace atau media online lainnya.

Media online yang banyak membantu dalam promosi jualan online adalah Instagram. Selain banyak pengguna, penggunaan yang mudah dan fasilitas uang ditawarkan ioleh Instagram memang memberikan banyak keuntungan.

Nah, diatas adalah beberapa tips jualan online di Instagram yang sudah terbukti efektif. Diantaranya adalah dengan membuat caption dan memposting foto produk yang menarik, memberikan promo – promo yang menarik secara rutin dan masih banyak lagi lainnya. Positifnya Kita juga bisa berinteraksi secara langsung dengan target pasar.

Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

Post Comment