6 Jenis Strategi Marketing Dan Tujuan Marketing

Semua orang pasti sering dengar kata marketing, istilah ini umumnya dipakai oleh pebisnis atau perusahaan yang menjual sebuah produk. Arti istilah ini sendiri adalah memperkenalkan sebuah produk baru atau lama ke konsumen, jadi laku dan tidaknya sebuah produk tergantung dari pengenalan produk tersebut.

Proses pengenalan ini bukan hanya terdiri dari banyak aktivitas mulai dari proses promosi, proses distribusi, proses penjualan dan juga strategi mengembangkan produk. Pebisnis harus bisa melakukan semua proses tersebut dengan baik agar bisnisnya maju, agar tidak bingung waktu menjalankannya bisa baca ulasan singkat berikut ini.

Strategi Marketing Yang Cocok Untuk Bisnis

Peran pengenalan produk sangatlah besar untuk sebuah bisnis, kalau sampai tidak bisa mengenalkan produk maka harapan bisnisnya maju akan hilang karena produk yang dijual tidak pernah laku di pasaran. Agar hal tersebut tidak terjadi maka pengenalan produknya harus dilakukan dengan sangat baik menggunakan strategi-strategi di bawah ini.

1. Mix

Untuk strategi pemasaran mix ini merupakan strategi yang dipakai agar target pemasaran bisa langsung tercapai, strategi inilah yang paling sering digunakan pebisnis baru maupun pebisnis lama. Strategi Mix ini punya beberapa elemen dasar, seperti product, place, price, physical evidence, promotion, proses dan people.

Untuk menjalankan strategi ini langkah pertama yang dilakukan adalah merancang produk yang konsumen butuhkan dan juga pastikan kalau produk tersebut harganya terjangkau. Selain itu harus bisa membuat produk yang bisa terus eksis di kalangan masyarakat dengan cara melakukan berbagai macam usaha.

2. Viral

Strategi kedua ini merupakan strategi yang promosinya dengan cara memanfaatkan penonton agar bisa menyebarkan informasi produk yang dijual. Strategi ini cukup ampuh untuk membuat produknya terkenal dalam waktu yang tidak lama jadi cocok sekali kalau ada pebisnis baru yang menggunakan strategi yang kedua ini.

Strategi ini punya banyak sekali kelebihan, di antaranya adalah bisa membuat pengeluaran untuk promosi produk semakin berkurang. Kelebihan berikutnya adalah jangkauan penonton sangatlah luas jadi besar kemungkinan untuk bisa mendapatkan konsumen lebih banyak. Kelebihan terakhir adalah produk akan makin terkenal karena banyak media yang akan mengulas produk tersebut.

3. Guerilla

Strategi Guerilla ini merupakan strategi pemasaran yang sangatlah unik makanya bisa menarik banyak konsumen. Banyak konsumen yang merasa kaget dengan strategi ini dan timbul rasa ingin produk yang dipromosikan. Contoh pemasaran dengan strategi ini adalah mengenalkan produk minuman di dasar laut.

Pebisnis suka dengan strategi guirella ini dikarenakan kelebihannya, seperti anggaran untuk promosi lebih sedikit karena yang ditonjolkan di strategi ini adalah kreativitas promosi. Kedua lebih mudah terkenal karena ada kesan surprise dalam pengenalan produk. Ketiga adalah konsumen jadi lebih terkesan karena cara pengenalan produknya unik.

4. Trend

Trend pemasaran ini adalah strategi untuk memasarkan produk dengan cara mempelajari trend yang sedang populer di masyarakat. Sebagai pebisnis jangan pernah melewatkan strategi ini sebab dengan mengikuti tren pasti produk akan lebih mudah dikenal.

Selain itu promosi seperti ini juga tidak akan memakan banyak biaya jadi sangatlah menguntungkan kalau digunakan. Saat ini sudah banyak tren marketing yang dapat digunakan seperti tren penggunaan artificial intelligence. Dengan menggunakan kecerdasan buatan tersebut maka lebih mudah mengetahui apa yang diinginkan konsumen.

5. Experiential

Strategi pemasaran yang ini adalah strategi memasarkan produk dengan cara mengajak konsumen untuk menggunakan produk yang sedang dipromosikan. Strategi ini dianggap sangat efektif karena konsumen jadi bisa tahu secara langsung kualitas produk tersebut seperti apa.

Memakai strategi ini tidak terlalu membuat lelah karena tidak perlu menjelaskan produknya secara detail karena konsumen bisa langsung mencoba produknya. Untuk jenis pemasaran experiential banyak yang bisa dilakukan seperti pameran produk, menggelar event, mengadakan seminar dan juga mempromosikan melalui virtual reality.

6. Email

Email marketing adalah salah satu cara pemasaran yang bertujuan untuk menawarkan produk kepada konsumen melalui media email. Jenis pemasaran yang seperti ini disukai pebisnis karena biaya pemasarannya itu sedikit sekali tetapi untuk hasilnya sangatlah maksimal. Selain itu untuk jangkauannya juga sangatlah luas karena yang memakai email ada banyak.

Ada beberapa keuntungan yang akan dirasakan pebisnis setelah memakai strategi ini, contoh keuntungannya adalah lebih mudah mengenalkan produk karena orang yang menggunakan email sering sekali mengecek emailnya. Selain itu ada juga keuntungan lainnya yang bisa dirasakan dan keuntungannya adalah tidak perlu mempromosikan lewat media sosial karena email lebih efektif.

Tujuan Utama Melakukan Marketing

Banyak sekali pebisnis yang merancang rencana pemasaran, salah satu tujuan pebisnis melakukan hal tersebut adalah ingin mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar. Memang benar dengan memasarkan produk pasti bisnisnya akan berkembang, selain tujuan tadi ada juga tujuan lain dan berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Jumlah Penjualan

Memasarkan produk merupakan jalan termudah agar produk yang dijual itu laku, peningkatan penjualan ini tidak hanya berlaku untuk produk baru saja tetapi bisa berlaku untuk produk lama juga. Biasanya yang memasarkan produk itu ingin produk lamanya laku kembali di pasaran dan ingin juga produk barunya cepat laku.

Peningkatan jumlah penjualan ini tidak secara langsung terjadi tetapi melalui proses yang cukup panjang, hal tersebut dikarenakan produk tidak akan langsung dikenal dan disukai masyarakat setelah dipasarkan. Jadi pebisnis sebaiknya menunggu dulu agar bisa merasakan keuntungan karena sudah meningkat penjualannya.

2. Memunculkan Peluang Baru

Pemasaran juga akan bisa membantu pebisnis untuk menemukan peluang baru, memang yang namanya peluang itu tidak akan muncul secara tiba-tiba tanpa adanya proses. Peluang ini dapat muncul setelah pebisnis melakukan banyak hal seperti memasarkan produk.

Biasanya setelah berhasil memasarkan produk akan muncul peluang untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar, peluang tersebut bisa muncul bisa dikarenakan memasarkan produknya memakai media baru seperti media internet. Jadi kalau media pemasarannya berbeda pasti peluang yang akan muncul juga berbeda-beda.

3. Memperoleh Konsumen Baru

Tujuan lainnya yang ingin sekali dicapai pebisnis dengan melakukan pemasaran adalah ingin sekali mendapatkan konsumen baru. Memang tujuan yang seperti ini akan mudah sekali dicapai kalau memang memasarkan produknya dengan baik dan benar.

Untuk jumlah konsumen baru yang diperoleh bisa banyak dan bisa juga sedikit, kalau mau yang banyak maka mempromosikannya jangan hanya memakai satu media saja. Pakailah media yang banyak seperti media sosial, media elektronik dan juga media cetak.

4. Mempertahankan Konsumen Lama

Selain ingin bisa memperoleh konsumen, banyak pebisnis yang melakukan pemasaran untuk bisa membuat pelanggan atau konsumen lama tidak berpindah ke pesaing bisnis. Memang memakai strategi pemasaran yang bagus akan membuat hal tersebut bisa terjadi.

Pelanggan bisa sampai bertahan kalau strategi marketing yang dipakai berbeda dengan strategi milik pebisnis lainnya. Contohnya saja adalah memberikan diskon untuk pembelian produk dalam jumlah tertentu.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment