6 Strategi Branding Paling Jitu Serta Manfaatnya

Kalau Anda tertarik ingin membuka bisnis sendiri, ada baiknya Anda tahu lebih dalam mengenai strategi branding dalam hal marketing. Pasalnya, branding yang dilakukan dengan strategi yang tepat bisa memudahkan Anda untuk mencapai tujuan bisnis.

Strategi yang tepat juga bisa memberikan image yang baik suatu brand untuk konsumen. Banyak juga manfaat dan keuntungan jika Anda mengimplementasikan upaya tersebut. Tidak heran jika berbagai perusahaan mencoba melakukannya.

Sebelum Anda tahu lebih soal hal ini, Anda juga harus tahu mengenai branding terlebih dulu.

Definisi Branding

Mungkin Anda sadar kalau sekarang terdapat jutaan produk yang sejenis. Karena itu, brand menjadi sebuah identitas sehingga sebuah produk bisa dibedakan dari produk lain meski sejenis.

Sedangkan branding merupakan cara komunikasi dalam membangun karakter atau identitas dengan tujuan membedakan sebuah produk dengan yang lainnya.

Branding sangat dibutuhkan agar bisa mempertahankan atau menciptakan image produk ke konsumen. Saat brand memiliki image yang kuat, kepercayaan konsumen bisa semakin tinggi terhadap produk tersebut.

Jadi, branding sangat penting untuk dilakukan agar bisnis yang Anda miliki bisa diterima oleh masyarakat dan jadi lebih berkembang. Tanpa hal tersebut, bisnis yang Anda jalani tidak akan jadi seperti yang Anda inginkan.

Namun, untuk mencapainya bukanlah hal yang mudah tanpa menggunakan strategi yang tepat dan benar. Jika penasaran, Anda bisa simak ulasannya di sini.

Strategi Branding Dalam Mencapai Kesuksesan

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan agar upaya branding yang dihasilkan bisa berhasil dan juga sukses. Anda harus tahu mengenai hal ini jika ingin bisnis Anda sukses.

Berikut ini strategi branding dalam mencapai kesuksesan bisnis.

1. Membuat logo yang sesuai

Saat melakukan branding maka wajib membuat logo yang sesuai image produk. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan karena bisa membuat ingatan konsumen lebih lekat.

Logo yang sesuai bisa ditempatkan dalam setiap marketing material yang sudah disiapkan. Contohnya, pada kemasan produk atau dijadikan sebagai foto profil dalam media sosial untuk akun bisnis.

2. Memiliki pesan brand

Strategi yang bisa dilakukan selanjutnya adalah membuat pesan untuk brand Anda. Anda harus bisa membuat tagline secara singkat tapi memiliki kekuatan dalam menyampaikan pesan yang dimiliki brand tersebut sehingga strategi pemasaran jadi lebih efektif.

Ada banyak tagline dalam sebuah produk yang bisa Anda jumpai. Bisa saja Anda menjadikan beberapa sebagai referensi untuk produk Anda.

3. Mengintegrasikan brand

Sebuah brand bisa tersampaikan secara efektif jika meletakkan branding di setiap aktivitas bisnis yang tengah dijalankan. Contohnya dengan memasang logo dalam setiap kemasan produk, menayangkan iklan, atau promosi lewat media sosial.

Jika Anda melakukan integrasi pada brand Anda tersebut, brand yang Anda miliki bisa lebih dikenal secara luas oleh konsumen.

4. Membuat pesan yang sesuai brand

Jika Anda melakukan branding, memiliki ciri khas gaya komunikasi dan sesuai dengan brand adalah hal yang wajib. Jika brand yang Anda miliki memiliki kesan yang maskulin, Anda harus memilih gaya yang sesuai.

Anda juga bisa menjadikan produk lain sebagai referensi. Carilah produk yang memiliki gaya komunikasi yang disesuaikan dengan produknya. Dengan begitu, Anda tahu seperti apa pesan yang Anda buat.

5. Mengadakan soft campaign

Anda bisa mengadakan soft campaign yang bisa dilakukan secara online maupun offline dengan media yang tepat. Meski begitu, sekarang ini banyak yang mengadakan soft campaign dengan menggunakan akun media sosial yang dimilikinya karena memiliki jangkauan yang lebih luas dan terukur, juga dengan biaya yang terjangkau.

Contohnya dalam branding adalah dengan membuat konten berisi informasi tentang brand yang akan dikenalkan. Jadi, konsumen bisa tahu dan membuat image sendiri yang sesuai dan baik bagi sebuah brand.

6. Konsisten

Strategi terakhir yang wajib Anda lakukan adalah konsisten. Strategi yang Anda jalani sebaiknya dilakukan dengan konsisten, sehingga branding yang Anda lakukan sebagai komunikasi dengan konsumen bisa sukses dan juga berhasil.

Selain itu, konsumen pun tidak akan dibingungkan ketika mencoba memahami sebuah brand tertentu. Jika Anda melakukannya secara konsisten, strategi yang Anda lakukan akan diterima oleh masyarakat dan mereka bisa jadi lebih loyal terhadap produk Anda.

Manfaat Product Branding

Dengan melakukan strategi branding yang tepat, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk bisnis Anda. Berikut ini beberapa manfaat branding yang bisa Anda dapatkan.

1. Memiliki daya tarik sendiri

Dengan melakukan strategi yang tepat maka produk milik Anda akan memiliki kesan tersendiri bagi para pelanggan. Kesan dan citra yang bagus akan ditampilkan sehingga membuat konsumen tertarik untuk mencobanya.

2. Pembeda dari produk lainnya

Ada banyak sekali produk yang sejenis. Bahkan produk yang Anda buat juga pasti memiliki pesaing dengan produk yang juga sejenis. Karena itu, branding yang Anda lakukan bisa menjadi pembeda.

Produk Anda akan memiliki keunikan tersendiri sehingga konsumen bisa membedakannya dengan produk lain yang sejenis.

3. Mendapatkan loyalitas konsumen

Manfaat yang bisa didapatkan selanjutnya adalah meningkatkan kesetiaan atau loyalitas para konsumen. Branding yang sukses akan membuat konsumen tetap memilih produk Anda. Jadi, mereka tidak akan beralih ke produk lain sehingga membuat kapasitas produksi jadi lebih stabil.

4. Membuat harga jual tinggi

Jika produk Anda semakin laris, ada kesempatan yang terbuka bagi bisnis Anda untuk meningkatkan harga jual. Tentu saja hal ini bukanlah sebuah masalah jika strategi yang Anda lakukan berhasil.

Dengan manfaat sebelumnya mengenai loyalitas konsumen, menaikkan harga jual tidak akan mempengaruhi para konsumen karena produk Anda sudah sangat dipercaya oleh masyarakat.

5. Membuat diferensiesi produk

Selain itu, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah adanya kesempatan bagi Anda untuk membuat produk lain yang berbeda, tapi masih dalam satu brand yang sama. Dengan adanya manfaat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk tujuan promosi produk yang berbeda.

Itulah mengenai branding beserta strategi yang bisa Anda lakukan. Anda harus menentukan bagaimana menarik perhatian konsumen sehingga Anda bisa menentukan sarana promosi yang tepat.

Dengan strategi yang tepat, manfaat seperti di atas juga bisa Anda dapatkan. Tidak ada yang tidak mungkin dalam menjalankan sebuah bisnis asal Anda konsisten dalam melakukannya.

Namun, jika Anda tidak konsisten dalam membangun bisnis lewat branding, produk yang Anda miliki akan sulit diterima oleh masyarakat yang membuat bisnis Anda akhirnya tidak berkembang.

Jika Anda tertarik membuka usaha bisnis, pahami strategi branding di atas agar bisnis Anda tersebut dikenal oleh masyarakat. Strategi yang tepat bisa mengundang konsumen agar tahu akan produk yang Anda miliki dan jika tertarik, mereka akan menjadi produk Anda sebagai pilihan terbaik dibandingkan produk lain yang sejenis.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment