6 Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Agar Mudah Diterima Kerja

6 Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Agar Mudah Diterima Kerja

Seorang fresh graduate dituntut untuk memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Ada beberapa skill yang harus dimiliki fresh graduate untuk memudahkannya terjun ke dunia kerja. Berbagai perusahaan rata-rata mensyaratkan skill tersebut bagi para pelamarnya.  

Skill di sini nantinya terbagi lagi menjadi hard skill dan soft skill. Baik hard skill maupun soft skill sama-sama memegang peran penting dan menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk penerimaan karyawannya. Sebagai fresh graduate, kamu perlu menguasai skill tersebut.

Sebenarnya ada berbagai macam skill yang patut kamu kuasai ketika hendak melamar ke sebuah perusahaan. Secara umum, ada keahlian-keahlian yang memang semua perusahaan mensyaratkannya. Namun, ada pula skill spesifik yang hanya disyaratkan perusahaan-perusahaan tertentu.

Untuk lebih jelasnya tentang keahlian apa saja yang wajib kamu miliki sebagai fresh graduate, berikut di antaranya:

1. Kemampuan Bahasa Asing

Ini adalah salah satu skill yang harus dimiliki fresh graduate dan rata-rata dicantumkan dalam daftar syarat penerimaan karyawan suatu perusahaan. Apalagi bagi perusahaan internasional, dimana mereka sering melakukan kerjasama dengan relasi atau investor dari luar negeri misalnya.

Tentu saja kamu harus menguasai kemampuan ini, khususnya bahasa Inggris. Tak hanya menguntungkan perusahaan, kamu juga akan banyak dimudahkan dalam banyak hal ketika sudah menguasai keahlian bahasa asing seperti bahasa Inggris.

2. Skill Keadministrasian

Ini merupakan salah satu kategori hard skill yang cukup penting dalam perusahaan apapun. Bahkan, hampir semua perusahaan mulai dari skala kecil hingga skala besar pasti membutuhkan keahlian ini. Kemampuan pengelolaan administrasi merupakan satu keahlian yang sifatnya kompleks.

Ini meliputi beberapa keahlian yang dicakup menjadi satu, seperti pembukuan, komputer, dokumentasi, dan sebagainya. Kalau kamu memiliki keahlian ini dan melamar pada bagian administrasi sebuah perusahaan, besar kemungkinan kamu akan diterima.

Satu hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan bila kamu ingin diterima di bagian administrasi, sebaiknya kamu adalah pribadi yang well-organized dan rapi.

3. Keahlian Komputer

Perusahaan mana sih yang di zaman sekarang tak menggunakan komputer dalam kegiatan operasionalnya? Hampir bisa dikatakan semua perusahaan memanfaatkan teknologi komputer dalam menunjang kegiatan perusahaan.

Sejalan dengan keahlian administrasi, kamu perlu menguasai keahlian di bidang komputer. Bila kamu tak terlalu menguasai bagaimana cara mengoperasikan komputer berikut berbagai program di dalamnya, kamu bisa memperdalam keahlian tersebut melalui kursus atau pelatihan.

4. Skill Akunting

Tak semua orang memiliki keahlian akunting lho. Bisa dikatakan saat ini keahlian akunting banyak dicari dan memiliki posisi tawar yang cukup bagus di sebuah perusahaan. Lihat saja gaji seorang akuntan sekarang. Posisi akuntan mendapatkan rewards yang cukup berarti dalam sebuah perusahaan.

Dalam berbagai iklan lowongan kerja bahwa sering ditemui lowongan akuntan, hingga jurusan akuntansi di perguruan tinggi menjadi salah satu jurusan favorit. Kalau kamu memiliki keahlian ini, kamu tak usah terlalu khawatir menganggur, karena keahlianmu banyak dicari perusahaan.

5. Leadership

Kepemimpinan atau leadership merupakan salah satu keahlian lunak yang didapat melalui proses dan pengalaman di masa lalu. Kalau kamu di masa sekolah atau kuliah dulu termasuk aktif dalam berorganisasi, sudah pasti kamu memiliki kemampuan leadership.

Perusahaan sebagai sebuah organisasi skala besar dimana banyak orang sebagai karyawan dilibatkan di dalamnya tentu membutuhkan seorang leader yang mampu memimpin dan mengarahkan mereka. Nah, kalau kamu sudah cukup hebat di bidang ini, perusahaan tak akan ragu untuk menerima kamu.

Tak banyak orang memiliki jiwa leadership. Hanya pribadi yang matang dan tumbuh dengan pengalaman organisasi yang memilikinya.

6. Keahlian Komunikasi

Kemampuan interpersonal yang baik juga masuk jajaran skill penting kalau kamu ingin diterima bekerja di sebuah perusahaan. Tak semua orang pandai berkomunikasi dan beradaptasi dengan cepat. Boleh dikatakan, ini merupakan ‘bakat’ atau bawaan dari seseorang.

Namun, sebenarnya kemampuan berkomunikasi itu bisa dilatih. Cukup banyak pelatihan yang menawarkan kursus di bidang keahlian komunikasi, bagaimana cara menghadapi orang baru, bersikap di lingkungan kerja, dan sebagainya.

Perusahaan juga membutuhkan bagian marketing dan public relation dalam kegiatannya. Maka dari itu, peluang kamu untuk diterima jadi terbuka lebar dengan berbekal skill komunikasi ini.

7. Time Management

Time management atau manajemen waktu menjadi satu ukuran seberapa teraturnya seseorang. Apakah kamu termasuk pribadi yang disiplin dan bisa mengatur waktu? Sebaiknya demikian, karena keahlian mengatur waktu menjadi sangat krusial ketika kamu kelak dihadapkan pada deadline kerja yang ketat.

Score card atau rapor kerja kamu nantinya juga akan sangat ditentukan oleh kemampuan kamu mengatur dan mendisiplinkan waktu. Jadi, sebaiknya keahlian ini dikuasai betul melalui pembiasaan sejak jauh-jauh hari agar kelak kamu tidak merasa kaget.

8. Team Work

Team work atau kerja tim juga merupakan satu bentuk keahlian kerja. Benar demikian, karena tidak semua orang lho bisa diajak bekerjasama dalam suatu tim. Bila tim atau kelompok memiliki suatu ritme kerja yang cepat, orang yang tidak bisa mengimbanginya bisa malah menggerogoti kinerja tim.

Sama seperti skill leadership, keahlian untuk bekerja dalam tim terbangun dari pengalaman terdahulu dalam berorganisasi. Namun kamu jangan khawatir dulu, karena semuanya bisa dilatih asal kamu mau. Intinya dalam team work, kamu mau diajak maju dan disiplin.

Berbagai skill yang harus dimiliki fresh graduate sebagai syarat melamar kerja adalah suatu hal yang tidak boleh dikesampingkan. Ini menjadi faktor penting diterima atau tidaknya kamu pada sebuah pekerjaan. Jadi, tingkatkan kemampuanmu sedari sekarang. 

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment