Review Uang Teman Pinjaman Online Mudah dan Cepat Cair

Ketika memilih pinjaman online, pastinya orang akan lebih memilih layanan pinjaman yang mudah digunakan dan cepat cair. Salah satu aplikasi yang menawarkan kelebihan tersebut adalah Uang Teman. Layanan ini cocok dipilih untuk orang yang sedang mencari pinjaman dana.

Mengenal Aplikasi Uang Teman

Uang Teman adalah salah satu fintech P2P lending dari PT. Digital Alpha Indonesia. Dari profil perusahaan Uang Teman, bisa diketahui bahwa perusahaan ini bergerak dalam bidang peminjaman uang jangka pendek. 

Umumnya, layanan pinjaman ini ditujukan untuk orang-orang yang memiliki kebutuhan keperluan usaha maupun tujuan konsumtif.

Contact Center Uang Teman

Salah satu hal penting dari perusahaan pinjaman online adalah fasilitas komunikasi atau contact center. Terdapat layanan komunikasi terintegrasi dengan website resmi memakai fitur live chat. Calon nasabah atau nasabah bisa menghubungi di jam kerja.

Alamat: Gedung Perkantoran Pakuwon Tower Kota Kasablanka Lantai 28 Unit A-J

Telepon: (021) 80623000

Email: cs@uangteman.com

Website: https://uangteman.com/

Layanan contact center Uang Teman dapat digunakan sebagai tempat bertanya maupun pengaduan layanan. Pastikan untuk menghubunginya di hari Senin sampai Jumat jam 09.00-17.00 WIB. 

Waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian dari aduan konsumen bisa berbeda-beda. Oleh karena itu, calon nasabah harus bisa menunggu sampai pihak Uang Teman memberikan tanggapan terhadap aduan masalah.

Prosedur Peminjaman Dana di Uang Teman

Dalam melakukan pinjaman di Uang Teman, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Berikut ini langkah-langkah pinjam uang di Uang Teman:

  • Download aplikasi Uang Teman di Play Store atau App Store.
  • Instal dan buka aplikasi tersebut.
  • Ketika proses pemasangan, pengguna akan diminta memberikan izin pemakaian fitur telepon. Untuk bisa melanjutkan proses, berikan izin yang diminta.
  • Di tampilan aplikasi, pilih ajukan pinjaman. Di tahap ini, pengguna diminta mengisi formulir yang dibutuhkan. Selanjutnya, calon nasabah diminta mengirim foto KTP serta foto selfie sambil memegang KTP.
  • Tunggu pemberitahuan. Setelah selesai mengisi formulir, tunggu beberapa saat sampai data selesai diverifikasi. Pengguna akan memperoleh notifikasi pengajuan pinjaman, apakah dapat dilanjutkan atau tidak.
  • Pada tahap konfirmasi, calon nasabah diminta memasukkan nomor telepon dan nomor KTP sebagai proses konfirmasi pinjaman.
  • Proses verifikasi akan dilakukan dengan cara telepon. Customer Service Uang Teman akan menghubungi untuk verifikasi dokumen. Maksimal waktu yang dibutuhkan 3×24 jam.
  • Setelah disetujui, pihak Uang Teman akan memberikan informasi tentang status pencairan. Calon nasabah diminta tanda tangan digital via email. Dana akan dikirim ke rekening bank.

Pembayaran di Uang Teman

Untuk membayar tagihan, pengguna juga sudah diberikan banyak kemudahan oleh Uang Teman. Nasabah bisa memanfaatkan berbagai channel pembayaran supaya bisa membayar dana sesuai dengan tenggat waktu. 

Metode yang dapat digunakan adalah layanan ATM atau mobile banking memakai virtual account. Sayangnya, pembayaran lewat minimarket untuk saat ini belum tersedia. Untuk informasi lebih lengkap mengenai pembayaran pinjaman bisa diperoleh dari website resmi.

Biaya Aplikasi Uang Teman

Sama seperti aplikasi layanan pinjaman uang lainnya, Uang Teman juga memiliki biaya untuk layanan yang ditawarkan. Beberapa biaya di aplikasi Uang Teman:

1.   Biaya Layanan

Biaya ini dibebankan sebagai biaya risiko dengan sistematika operasional untuk pelanggan. Biaya layanan akan terasa semakin rendah apabila pelunasan dilakukan sesuai dengan tanggal tempo pembayaran.

2.   Biaya Perpanjangan Jangka Waktu Pinjaman

Biaya perpanjangan dibebankan saat peminjam tidak dapat melunasi sesuai periode yang sudah ditentukan. Biaya ini berlaku secara otomatis sesuai ketentuan pada sistem.

3.   Biaya Keterlambatan

Apabila nasabah terbukti terlambat dalam membayar, maka akan dikenakan biaya ini. Oleh sebab itu, supaya semua [pihak merasa lebih nyaman, segera membayar adalah tindakan yang tepat.

4.   Biaya Penagihan

Saat nasabah sudah terlambat, terdapat biaya penagihan. Besar biaya penagihan juga terbilang cukup besar yaitu 10% dari total biaya penagihan. Supaya tidak rugi, nasabah harus segera melunasi hutang.

Risiko dan Hal yang Harus Diperhatikan di Uang Teman

  • Saat meminjam uang, Anda harus paham bahwa uang yang dipinjam harus dikembalikan sesuai dengan waktu sesuai ketentuan. Oleh karena itu, lebih baik dana pinjaman ini dilakukan jika ada keperluan mendesak saja. 
  • Hindari meminjam dana untuk tujuan konsumtif tanpa memiliki kemampuan membayar. Hal tersebut dapat menyebabkan seseorang terjerat dengan kasus hutang. 
  • Nomor telepon yang didaftarkan juga harus aktif. Hal ini dibutuhkan agar proses pencairan dana lebih cepat. Apabila nomor tidak dapat dihubungi, proses pengajuan mungkin akan terhambat. 
  • Data yang digunakan untuk mendaftar Uang Teman juga harus sah. Apabila data yang diinput salah, proses pengajuan akan ditolak. Orang tersebut juga kemungkinan akan masuk daftar hitam dan tidak dapat mengajukan dana sementara.
  • Untuk pihak Uang Teman, pastinya sudah memikirkan upaya supaya bisnis dapat berjalan lancar. Data yang sudah disetorkan akan dipakai sebagai informasi utama apabila debitur tidak melakukan proses pembayaran sesuai dengan kewajibannya. 
  • Ada banyak kasus penagihan pinjaman online yang terlihat tidak sesuai etika. Namun, apabila dilihat dari kasus di lapangan, biasanya peminjam yang tidak mengikuti prosedur. Beberapa kesalahan yang dilakukan peminjam, yaitu sengaja, lalai, atau mungkin tidak paham dengan syarat ketentuan. 
  • Sebelum menggunakan layanan pinjaman online, selalu pastikan sudah membaca seluruh peraturan dan ketentuan yang ada. Jangan sampai mudah tergoda dan tidak membaca serta memahami syarat ketentuan dengan teliti.

Langkah bijak sebelum menggunakan pinjaman online, calon nasabah harus bisa memahami semua syarat dan ketentuan dengan baik. Jangan sampai hanya tergiur dengan mudahnya proses, calon nasabah harus tahu bahwa pinjaman tersebut harus dibayar sesuai dengan tenggat yang diberikan. 

Leave a Comment