Review Pinjaman Online Kredivo Proses Cepat Terdaftar OJK

Banyaknya pinjaman online yang ada saat ini membuat banyak orang yang membutuhkan merasa bingung. Salah satu pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK adalah Kredivo. Aplikasi Kredivo juga bisa didapatkan dengan mudah di Play Store maupun App Store.

Mengenal Kredivo

Kredivo merupakan layanan pinjaman tunai online dan cicilan tanpa kartu kredit. Pilihan bayar yang tersedia yaitu 30 hari atau cicilan dalam waktu 3, 6, atau 12 bulan. Kredivo juga sudah terdaftar serta diawasi OJK dan termasuk sebagai perusahaan yang sudah terdaftar dalam P2P Lending Indonesia. 

Setiap pengajuan oleh nasabah yang disetujui akan memperoleh limit pinjaman yang dapat dipakai untuk transaksi, yakni dana tunai atau cicilan tanpa kartu kredit. Selama masih ada limit serta nasabah tidak terlambat dalam membayar maka sisa limit dapat dipakai untuk keperluan transaksi. 

Setiap melakukan pembayaran, limit akan meningkat sejumlah besarnya pembayaran.

Kerjasama Kredivo dengan Telkomsel

Untuk pengguna Telkomsel, mungkin saja mendapatkan penawaran resmi dari Kredivo yang bekerjasama dengan Telkomsel. Nama program kerjasama tersebut adalah KLOP. Pemilik nomor Telkomsel terpilih saja yang dapat mengajukan pinjaman tersebut. 

Orang yang terpilih akan mendapatkan SMS menyebutkan bahwa terpilih untuk mengajukan pinjaman dari link yang ada. Pengajuan hanya dapat dilakukan dari link tersebut.

Proses Pengajuan

Bagi orang yang tertarik menggunakan layanan ini pastinya penasaran dengan cara kredit. Proses pengajuan diawali dengan pengecekan apakah calon nasabah sudah mempunyai aplikasi Kredivo atau belum. Untuk bisa meminjaman di Kredivo, ada beberapa syarat dan data yang harus diisi.

Syarat untuk meminjam di Kredivo:

  • WNI atau Warga Negara Indonesia.
  • Usia antara 18-60 tahun.
  • Besar penghasilan minimal yaitu Rp 3 juta per bulan.
  • Domisili di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Palembang, Semarang, Bali, Medan, Solo, Yogyakarta, Malang, Makassar, Cirebon, dan Sukabumi.

1.   KTP serta Foto Selfie

Calon nasabah perlu mengambil foto KTP menggunakan kamera ponsel. Selain itu, dibutuhkan juga foto selfie calon nasabah sambil memegang KTP. Dalam aplikasi KLOP. 

Kredivo juga mempunyai format untuk mengambil foto dan calon nasabah perlu mengikuti format yang diberikan.

2.   Data Pribadi

Setelah proses pengambilan foto menggunakan kamera diupload, selanjutnya adalah pengisian data pribadi. Beberapa data pribadi yang dibutuhkan, seperti data pribadi, domisili, dan pekerjaan. Ada form yang perlu diisi berkaitan dengan data-data tersebut.

3.   Submit Pengajuan

Setelah mengisi form dengan lengkap, submit pengajuan ke Kredivo. Selanjutnya, akan muncul pesan bahwa pengajuan dalam proses dan memerlukan waktu 3-4 menit. Namun, sayangnya berdasarkan pengalaman beberapa orang ada yang menunggu sampai setengah hari. 

Jika persyaratan kurang jelas, misalnya foto yang belum sesuai maka calon nasabah perlu upload ulang. Setelah selesai, nasabah perlu menunggu lagi.

4.   Persetujuan Pinjaman

Apabila persyaratan sesuai, pihak Kredivo akan menyampaikan jika pengajuan pinjaman disetujui. Untuk pengajuan pertama, kemungkinan mendapatkan Rp1,8 juta dengan limit maksimum yang dapat diberikan Rp3 juta. 

Setelah permohonan akun disetujui, nasabah akan memperoleh SMS maupun email untuk aktivasi akun. Aktivasi dapat dilakukan lewat link yang ada di email atau SMS. Selanjutnya, mengisi kode OTP yang dikirim lewat SMS. 

Dibutuhkan juga PIN 6 digit serta menjawab pertanyaan keamanan. Setelah aktivasi selesai, Anda akan memperoleh email konfirmasi aktivasi akun serta email perjanjian pemakaian Kredivo. 

Dalam perjanjian tersebut Anda akan melihat KTP, data diri, serta isi perjanjian yang disetujui sebagai pengguna Kredivo.

5.   Unduh Aplikasi Kredivo

Untuk dapat menggunakan limit, Anda perlu mengunduh aplikasi Kredivo yang bisa didapatkan dari Play Store atau App Store. Jangka waktu aktivasi akun adalah 30 hari. Dalam proses aktivasi, pengguna perlu memasukkan nomor telepon dan PIN. 

Dalam akses aplikasi ini, pengguna juga perlu tahu bahwa ada data ponsel yang akan diambil, yaitu lokasi, informasi paket, serta nomor ponsel.

Fitur Pinjaman Kredivo

Kredivo menawarkan dua jenis pinjaman, yatu pinjaman tunai serta cicilan tanpa memerlukan kartu kredit.

1.   Pinjaman Tunai

Pinjaman tunai yang tersedia yaitu Rp500 ribu, Rp 1 juta, serta Rp1,5 juta dengan tenor 30 hari. Waktu jatuh tempo yaitu 30 hari setelah tanggal pinjaman disetujui. Detail peminjaman juga bisa dilihat dari aplikasi Kredivo.

2.   Belanja Cicilan

Selain pinjaman tunai, produk lainnya adalah cicilan di merchant tanpa kartu kredit. Cicilan yang tersedia yaitu untuk 3 bulan, 6 bulan, serta 12 bulan dengan bunga sebesar 2,95% per bulan.

3.   Denda Terlambat

Terdapat dua konsekuensi yang akan didapatkan saat telat membayar. Pertama, akun diblokir sementara. Kedua, Kredivo akan mengenakan biaya keterlambatan dihitung dari besarnya tagihan yang lewat dari jatuh tempo.

FAQ

Untuk memudahkan pemahaman mengenai Kredivo, berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan.

  • Apa itu pinjaman tunai online Kredivo?

Pinjaman Tunai atau disebut Personal Loan merupakan produk dari Kredivo untuk mengajukan pinjaman tunai secara online tanpa jaminan atau agunan.

  • Apa fitur pinjaman tunai online Kredivo?

Pinjaman tunai online tanpa jaminan dengan jangka waktu 30 hari. Ada dua jenis biaya yaitu biaya bunga dan biaya administrasi. Biaya bunga 2.95% per bulan untuk cicilan atau 4% untuk pengguna pembayaran dalam 30 hari. 

Biaya administrasi sebesar 6% yang dipotong dari jumlah dana yang dikirimkan ke rekening nasabah.

  • Berapa limit pinjaman tunai online?

Batas minimum Rp500 ribu. Batas maksimal yaitu kelipatan terdekat dari Rp500 ribu dari sisa kredit limit akun Kredivo. Kredivo merupakan perusahaan P2P lending yang menyediakan layanan pinjaman online. Layanan ini bisa digunakan oleh siapa saja yang memenuhi persyaratan untuk mengajukan pinjaman. Calon nasabah bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai sistem peminjaman di Kredivo.

About Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

View all posts by Shunt Magetan

Leave a Comment