Review JULO Pinjaman Tunai Online Izin OJK

Salah satu pinjaman online yang sudah mendapatkan izin dari OJK adalah JULO. JULO memberikan layanan berupa cicilan dana tunai yang cepat dan mudah. Bagi siapapun yang membutuhkan layanan pinjaman online, bisa mengenal lebih jauh mengenai JULO.

Mengenal JULO dan Fiturnya

JULO memberikan penawaran pinjaman tunai kredit tanpa agunan dengan bunga. Ada beberapa pilihan untuk pinjaman jangka pendek 30 hari serta cicilan 3-6 bulan. Produk kredit dapat diambil sesuai dengan credit scoring yang dilakukan JULO sesuai dengan data serta analisa. 

Pinjaman JULO ini menyasar calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman dari smartphone. Fitur kredit yang terdapat di JULO adalah:

  • JULO Mini: pinjaman Rp 1 juta dengan tenor 30 hari dan bunga sebesar 10% per bulan.
  • JULO Cicilan: pinjaman Rp8 juta dengan tenor 3-6 bulan dan bunga 1.5-4% per bulan.

Cara Pengajuan Pinjaman

Untuk mengajukan pinjaman, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

1.   Aplikasi Pinjaman

Setelah download aplikasi JULO, buka aplikasi menggunakan email dan password. JULO juga akan meminta verifikasi email. Setelah verifikasi selesai, calon nasabah dapat menentukan besar jumlah pinjaman.

2.   Memilih Plafon Kredit

Plafon kredit yang ditawarkan oleh JULO dari Rp500 ribu sampai Rp8 juta. Setelah memilih plafon kredit, pilih tombol Lanjutkan.

3.   KTP

Selanjutnya, calon nasabah diharuskan untuk mengisi formulir aplikasi. Pertama, JULO akan meminta pengambilan foto KTP menggunakan kamera dari ponsel yang digunakan. Selanjutnya, isi alamat tempat tinggal, nomor kontak, dan status tempat tinggal. 

Calon nasabah juga perlu membuat pernyataan bahwa ponsel yang dipakai merupakan milik sendiri atau bukan. Untuk verifikasi nomor ponsel, JULO akan mengirim verifikasi OTP.

4.   Info Keluarga

Data keluarga yang diminta adalah informasi pasangan dan informasi keluarga kandung. Data yang diminta, meliputi nama, nomor kontak, serta hubungan keluarga.

5.   Info Pendidikan dan Pekerjaan

Info pendidikan yang diminta oleh JULO adalah tempat pendidikan, jurusan, dan IPK. Pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan, yaitu nama perusahaan, alamat, tanggal gajian, serta mulai bekerja.

6.   Info Keuangan

Calon nasabah perlu mengisi informasi mengenai keuangan. Beberapa data yang diperlukan adalah penghasilan setiap bulan, pengeluaran, cicilan atau sewa rumah per bulan, cicilan hutang, rata-rata penghasilan bersih 3 tahun terakhir. 

JULO juga akan meminta informasi mengenai kendaraan pribadi dan status sudah lunas atau belum.

7.   Rekening Bank

Nomor rekening, nama bank, dan nama pemilik rekening juga akan diminta untuk keperluan pencairan dana. Rekening tidak boleh nama orang lain, harus nama sendiri.

8.   Pengajuan

Setelah berhasil mengisi semua data, JULO akan meminta persetujuan mengenai Privacy Policy, Syarat dan Ketentuan, maupun proses pemeriksaan data pribadi. Setelah itu, pilih Kirim Formulir.

Credit Scoring

JULO juga akan menentukan credit scoring calon nasabah. Dalam setiap pengajuan, terdapat JULO Poin. JULO Poin ini terbilang penting karena hasilnya akan menentukan jenis produk yang dapat diambil. Misalnya, untuk JULO Poin B+ maka produk yang bisa diambil:

  • JULO Mini Rp1 juta dengan tenor 30 hari.
  • JULO Cicil Rp8 juta dengan cicilan selama 3-6 bulan.

Verifikasi

Setelah lolos credit scoring dan memilih produk pinjaman, pihak JULO akan menyampaikan proses verifikasi yang dilakukan via telepon. Verifikasi ini tidak dilakukan langsung setelah lolos credit scoring. Beberapa hal yang disampaikan dalam proses verifikasi, yaitu:

  • Kredit analis JULO menyampaikan bahwa pengajuan pinjaman telah disetujui.
  • Kredit analis menyampaikan besar pinjaman yang disetujui dengan masa pinjaman. Apabila terlambat membayar maka harus membayar denda.
  • Permintaan data tanggal lahir serta nomor rekening bank untuk pencairan.
  • Kredit analis JULO menyampaikan bahwa masih ada tahapan tanda tangan elektronik di aplikasi dan rekaman suara persetujuan.
  • Kredit analis JULO akan menyebutkan jumlah pencairan pinjaman yang sudah dipotong biaya provisi Rp50 ribu. Jika pinjaman yang disetujui adalah Rp1 juta maka yang diterima Rp950 ribu.

Setelah proses verifikasi selesai, nasabah akan diminta cek aplikasi untuk melihat perjanjian pinjaman yang harus ditandatangani.

Syarat Pencairan

Walaupun telah disetujui dan diverifikasi, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah tanda tangan dan rekaman suara persetujuan. Nasabah akan diminta untuk tanda tangan di dalam kotak yang ada di aplikasi. 

Selanjutnya, nasabah juga perlu merekam suara berisi pernyataan yang sudah dituliskan di aplikasi JULO. Kedua hal tersebut memiliki batas waktu. Nasabah harus menyelesaikannya dalam waktu 3 hari sejak dikirimkan oleh JULO. Apabila lewat dari batas waktu tersebut, pinjaman akan dibatalkan.

Denda Keterlambatan

Biaya keterlambatan juga sangat penting untuk diperhatikan. Berikut denda keterlambatan yang ditetapkan JULO:

  • Grace period selama 4 hari dari tanggal jatuh tempo. Di hari ke-5 akan dikenakan biaya keterlambatan.
  • Biaya keterlambatan di hari ke-5 sebesar Rp50.000 sampai hari ke-10. Di hari ke-30 akan dikenakan Rp100.000/ Total denda terlambat selama 30 hari sejak jatuh tempo yaitu Rp200.000.
  • Selanjutnya, setiap periode 30 hari keterlambatan dikenakan denda Rp100.000.

Review Pemakaian JULO Pinjaman Online

Dari pemakaian beberapa pengguna, berikut kelebihan dan kekurangan dari pinjaman online JULO.

1.   Kelebihan

  • Proses pengajuan yang simpel, cepat, dan online. Calon debitur yang ingin meminjam dapat membuktikan kemudahan yang diberikan.
  • Uang kredit atau dana tunai JULO dapat digunakan sesuai dengan keinginan peminjam.
  • Tidak membutuhkan agunan untuk pengajuan pinjaman.
  • JULO sudah mendapatkan izin OJK dan resmi beroperasi.

2.   Kekurangan

  • Bunga JULO terbilang mahal dengan maksimum bunga adalah 0.8%.
  • Dibandingkan dengan KTA bank yang tanpa jaminan, JULO menawarkan plafon kredit yang lebih kecil.

Sebagai pinjaman online yang ada di Indonesia, JULO memiliki beberapa kelebihan yang dapat membantu banyak orang. Prosesnya yang cepat dan mudah menjadi salah satu alasan aplikasi ini memiliki banyak pengguna dengan tujuan untuk pinjaman dana.

Leave a Comment