Jika mendengar “sesak nafas” kita mungkin hanya akan berpikir tentang orang – orang yang memiliki penyakit asma atau sesak napas. Tapi sebenarnya, sesak napasa dapat terjadi pada siapapun. Kita mungkin saja mengalami sesak nafas mendadak ketika mengikuti suatu acara. Atau ketika kita berada di suatu tempat dengan pengunjung yang padat, kita mungkin mengalami sesak nafas.

Bagi orang yang memang memiliki penyakit asma sudah pasti membawa obat yang mereka butuhkan. Namun bagaimana jika yang mengalami sesak nafas adalah orang yang biasanya terlihat sehat dan tempatnya juga merupakan tempat yang jauh dari fasilitas medis? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pertolongan pertama pada sesak nafas.

Pertolongan Pertama Sesak , sesak nafas, petolongan pertama

1. Jauhkan dari keramaian

Orang yang mengalami sesak nafas biasanya akan semakin panic dan terganggu ketika mendengar keramaian. Segera bawa ketempat yang tenang dan jauhkan dari keramaian. Tenangkan korban, dan tanyakan apakah korban memiliki obatnya atau tidak. Jika tidak segera hubungi dokter.

2.Jangan baringkan

Usahakan agar korban tidak berbaring atau tertidur. Dudukkan korban dan terus pertahankan kesadarannya. Jika korban mulai kehilangan kesadarannya, maka hal itu akan dapat memperburuk keadaannya.

3. Kompres air hangat

Mengompres air hangat dapat memberikan rasa hangat pada dada dan memberikan rasa nyaman pada pernafasan. Lakukan ini jika korban tidak mengalami sesak nafas terlalu parah.

4. Longgarkan pakaiannya

Anda dapat membuat keadaaan korban lebih baik dengan melonggarkan pakaiannya. Buka kancing baju yang ada disekitar leher, atau lepas semua kancing baju jika baju yang dikenakan terlalu ketat. Anda juga mungkin melepas kaitan bra jika korban sesak nafas tersebut adalah seorang wanita. Dengan begitu saluran pernafasan akan lebih lancar.

5. Menghirup nafas dengan mulut dan hidung

Dengan menghirup nafas melalui hidung dan mulut, maka akan dapat membantu memperlambat laju pernafasan yang dapat mengurangi sesak nafas. Hal ini bisa dilakukan ketika anda sedang ada ditengah suatu aktifitas seperti menaiki tangga, berjalan, atau mengikuti upacara.

Cara bernafas dengan mulut:

  • Rilekskan bahu dan otot leher anda
  • Tarik nafas perlahan melalui hidung selama dua hitungan dan tutup mulut
  • Posisikan bibir seperti ketika anda bersiul
  • Hembuskan nafas secara perlahan dan lembut melalui bibir anda hingga hitungan ke empat.

6. Membungkukkan tubuh dan duduk

Memposisikan tubuh membungkuk selagi duduk dapat merilekskan tubuh dan juga melancarkan pernafasan. Dengan begitu, sesak nafas akan sedikit lega.

Cara :

  • Duduk dikursi dan kaki menempel pada lantai, jangan gunakan sepatu atau alas kaki apapun dan miringkan tubuh kedepan seperti membungkuk.
  • Letakkan siku pada lutut atau bisa juga dengan memegang dagu dengan tangan. Usahakan otot – otot pada bahu dan leher tetap rileks.

7. Duduk dan tidurkan kepala di meja

Jika anda sedang berada di rumah, sekolah, kantor atau tempat lain yang tersedia meja dan kursi, anda bisa menggunakannya dengan posisi duduk untuk membantu mengatasi masalah sesak nafas.

  • Duduklah di kursi, lepaskan sepatu anda, dan mengahdap kemeja.
  • Miringkan tubuh sedikit ke depan, letakkan tangan di meja.
  • Letakkan kepala di bantal atau lengan bawah.

8. Berdiri dan sandarkan tubuh anda

Mungkin anda sedang mengalami sesak nafas di suatu tempat yang tidak ada tempat duduk, atau tempat yang tidak memungkinkan anda untuk duduk, maka anda dapat merilekskan tubuh anda dengan cara menyandarkan tubuh anda ke dinding atau benda tegak lainnya sambil berdiri.

  • pandangan ke depan, sandarkan punggung dan pinggul ke dinding.
  • Jaga lebakaki agar terpisah seperti setengah kuda – kuda, dan istirahatkan tangan di atas paha.
  • Rilekskan bahu dan tari nafas perlahan – lahan

9. Berdiri dan tangan bertumpu pada meja

Jika anda sedang berada di kantor atau dirumah, atau sedang duduk di depan meja, anda juga dapat melakukan cara ini untuk mengatasi gangguan sesak nafas yang menyerang. Cukup gunakan meja atau benda lain yang datar yang memiliki ketinggian di bawah bahu anda.

  • Berdirilah di dekat sandaran yang ada yang memiliki ketinggian di bawah bahu anda. Usahakan sandaran tersebut merupakan sandaran kokoh yang dapat menopang tubuh anda.
  • Istirahatkan siku atau tangan anda pada tumpuan dan rilekskan otot otot leher anda.
  • Rilekskan kepala dan pundakmu dan mulai lah bernafas perlahan.

10. Tidur dalam posisi rileks

Mungkin anda sedang berada di rumah dan tidak ada siapapun yang dapat membantu anda menangani sesak nafas yang anda alami. Cara paling sederhana yang dapat anda lakukan adalah dengan tidur dengan posisi yang rileks. Anda dapat berbaring dan menggunakan bantal untuk menopang kepala anda, dan juga topang lutut anda dengan bantal. Usahakan agar punggung tetap lurus. Posisi tidur lainnya adalah dengan tidur terlentang, dengan kepala lebih tinggi dan lutut yang ditekuk dan di topang dengan bantal.

Cara tersebut dapay membantu melancarkan sesak nafas anda

11. Gunakan kipas angin

Cara berikutnya adalah cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan kipas angin. Suatu penelitian menunjukkan bahwa udara yang sejuk dapat mengatasi sesak nafas. Dengan menyalakan kipas angin dan mengarahkannya ke wajah, dapat sedikit melegakan sesak nafas yang anda alami.

12. Kopi

Terdengar menyenangkan bukan? Mengatasi sesak nafas dengan kopi memang sedikit tidak umum. Namun, kafein yang terkandung dalam kopi berfungsi untuk melemaskan otot – otot saluran napas penderita asma serta meningkatan fungsi paru – paru. Namun, and juga harus mengenali tubuh anda sendiri. Jika anda bukan termasuk orang yang bisa meminum kopi, jangan paksakan untuk minum kopi.

Cara – cara diatas adalah cara yang dapat dilakukan dalam pertolongan pertama pada sesak nafas.

Baca Selengkapnya
Loading...