Ingin Sukses Interview Kerja? Ini Dia 8 Daftar Teratas Pertanyaan Interview dan Jawabannya

Ingin Sukses Interview Kerja? Ini Dia 8 Daftar Teratas Pertanyaan Interview dan Jawabannya

Siapapun pasti merasa gugup dan tegang saat menjelang sesi wawancara kerja. Segala persiapan coba ditata dengan baik dan semaksimal mungkin. Agar tidak kaget, tentunya kamu perlu mengetahui beberapa pertanyaan interview dan jawabannya yang sering muncul.

Sebenarnya pertanyaan interview kerja tidak akan jauh-jauh dari topik seputar pekerjaan dan riwayat hidup si pelamar kerja. Asal kamu jeli dan cerdas, kamu bisa mengambil celah dengan mempelajari daftar pertanyaan interview yang paling sering muncul dan menghafalkan jawabannya.

8 Daftar Teratas Pertanyaan Interview dan Jawabannya

Ada banyak pertanyaan wawancara kerja yang diajukan oleh pihak perusahaan kepada calon karyawannya. Setiap perusahaan pastilah menginginkan karyawan terbaik yang berkomitmen dan berdedikasi tinggi.

Oleh karena itu, pertanyaan yang sering diajukan saat sesi wawancara kerja biasanya sedikit menjebak dan memerlukan pemikiran mendalam. Nah, berikut adalah 8 daftar teratas pertanyaan interview dan jawabannya yang bisa kamu pelajari:

1. Bagaimana Kamu Menceritakan Tentang Dirimu?

Ini merupakan pertanyaan pembuka yang lazimnya ditanyakan di suatu sesi wawancara kerja. Pada umumnya, pihak HRD atau pewawancara akan meminta kamu untuk bercerita atau mendeskripsikan siapa dirimu.

Untuk menjawab pertanyaan semacam ini, usahakan untuk selalu bercerita secara jujur tanpa dibuat-buat. Ini memang kesempatan untuk menunjukkan jati dirimu, namun jangan sampai terlalu berlebihan. Kamu boleh menceritakan hal-hal positif tentang dirimu asal tidak terkesan terlalu over-confident.

Dari cara bercerita, mimik, dan gestur yang kamu tunjukkan, HRD sudah mampu melakukan suatu penilaian akan kepribadian kamu. Maka dari itu, berusahalah untuk selalu tetap tenang.

2. Mengapa Kamu Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami?

Untuk pertanyaan seperti ini, tentu saja jawaban yang kamu berikan harus positif dan jauhi jawaban negatif. Sebagai misal, jawablah bahwa kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut dikarenakan image perusahaan yang bagus.

Selain itu, kamu bisa juga menjelaskan bahwa kemampuan yang kamu miliki sangat cocok dengan jenis pekerjaan yang yang ditawarkan perusahaan, sehingga kamu merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi memajukan perusahaan tersebut. Hindari jawaban yang berkaitan dengan masalah gaji yang besar.

3. Mengapa Perusahaan Kami Harus Menerima Kamu?

Setali tiga uang dengan pertanyaan sebelumnya, disini kamu dituntut untuk dapat menunjukkan sisi positif yang kamu miliki. Jangan sekali-kali kamu menyelipkan unsur negatif atau kekurangan yang kamu punyai.

Sebagai contoh, sampaikan bahwa perusahaan layak menerima kamu karena skill yang kamu miliki layak dimiliki oleh perusahaan tersebut. Tekankan juga sisi positif kepribadian kamu dalam jawaban, seperti karena kamu adalah seorang pekerja keras, pantang menyerah, jujur, berkomitmen, dan sebagainya.

4. Mengapa Kamu Berhenti dari Pekerjaan Sebelumnya?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang memerlukan kejelian. Untuk menjawab pertanyaan model seperti ini, kamu tidak boleh mengumbar sisi negatif atau pengalaman buruk yang pernah kamu alami dengan perusahaan kamu sebelumnya.

Di sisi lain, sebaiknya sampaikan alasan-alasan masuk akal kepada HRD, semisal karena ingin mengembangkan karir, ingin menambah pengalaman, dan alasan lain sejenis itu. Intinya, sebaiknya kamu tetap menjaga nama baik perusahaan sebelumnya dan tidak menceritakan kekurangannya.

5. Berapa Gaji yang Kamu Inginkan?

Ini adalah jenis pertanyaan yang sifatnya agak menjebak. Sedikit saran, untuk pertanyaan seputar gaji, sebaiknya kamu terbuka dan tidak kaku. Tunjukkan kalau kamu bisa diajak bernegosiasi. Sampaikan pula kalau kamu memiliki suatu skill spesifik yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan tersebut.

Ini akan menjadi suatu nilai jual tersendiri, sehingga kamu layak untuk digaji dengan besaran yang layak. Namun, tidak ada salahnya juga sebelumnya menjawab, kamu telah mencari informasi seputar kisaran gaji dengan posisi yang kamu incar di perusahaan tersebut.

6. Sejauh Apa Kamu Mengetahui Perusahaan Kami?

Untuk menjawab pertanyaan semacam ini, kamu sebaiknya memang telah mengantongi sedikit banyak informasi seputar profil perusahaan yang akan kamu lamar. Perusahaan akan senang sekali jika kamu telah memiliki pengetahuan tentang profil perusahaannya.

Untuk mendapatkan informasi tentang perusahaan tersebut, kamu bisa mengunjungi laman website resminya atau bertanya kepada rekan lain yang bekerja di perusahaan yang sama. Namun sekali lagi ingat, sebaiknya hal-hal yang kamu sampaikan bukanlah informasi yang bersifat negatif.

7. Apakah Kamu Bersedia Seandainya Ditempatkan di Luar Kota/Daerah?

Untuk perusahaan yang memiliki cabang di luar kota atau daerah, biasanya akan mengajukan pertanyaan semacam ini. Nah, untuk pertanyaan seperti ini, sebaiknya kamu jangan tergesa-gesa. Pertimbangkan baik-baik jawaban yang akan kamu berikan.

Utarakan jawaban secara jujur beserta alasannya. Misal seandainya kamu keberatan dengan penempatan di luar kota, sebaiknya alasan kamu cukup kuat dan masuk akal. Sekedar saran, sebaiknya sebelum melamar posisi tersebut, kamu telah mengerti risiko bila kelak ditempatkan di luar kota

.

8. Apakah Kamu Bisa Bekerja di Lingkungan Kerja yang Heterogen?

Untuk perusahaan dengan jumlah karyawan yang cukup banyak, biasanya kamu akan ditanyai pertanyaan seperti ini. Dengan berbagai macam sifat dan karakter karyawan, kamu dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan cepat terhadap lingkungan perusahaan yang baru.

Sampaikan kepada HRD kalau hal itu tidak menjadi soal buatmu. Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang cepat belajar dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan heterogen.

Terlepas dari sederet pertanyaan interview dan jawabannya tersebut, sebaiknya perhatikan juga penampilan yang sopan dan jangan lupa untuk menjaga ketenangan. Dengan kesiapan yang matang, bisa dipastikan kamu akan dapat melewati sesi wawancara kerja dengan sukses.

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment