Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Personal Branding

Personal branding merupakan praktik memasarkan seseorang menjadi sebuah merk, hal tersebut merupakan proses yang berkelanjutan untuk mempertahankan dan mengembangkan kesan dan reputasi sebuah kelompok, organisasi dan juga individu. Jadi kalau mau membuat merk baru sebaiknya manfaatkan proses ini dulu agar merknya terkenal.

Untuk masyarakat yang sama sekali tidak tahu hal tersebut akan sulit untuk maju sebab mau berusaha sekuat apa pun usaha yang dijalani tidak akan dikenal masyarakat. Agar lebih memahami hal ini sebaiknya baca dulu beberapa ulasan di bawah ini saja.

6 Manfaat Dari Menggunakan Personal Branding

personal branding
personal branding

Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu branding tetapi masih banyak juga yang belum tahu branding ini. Branding sendiri bisa membuat seseorang bisa bertahan sendiri tanpa bergantung pada orang lain, jadi bisa dikatakan kalau orang tersebut jadi mandiri. Selain manfaat tadi ada juga manfaat lainnya yang akan dirasakan dan berikut penjelasannya.

1. Membuat Nyaman Waktu Bekerja

Membangun branding untuk diri sendiri bisa membuat seseorang akan lebih merasa nyaman waktu bekerja. Selain itu bisa juga membuat rekan kerja makin percaya dan menciptakan niat tulus dan jelas. biasanya yang tidak melakukan branding seperti ini suka sekali pindah pekerjaan karena tidak merasa nyaman dengan pekerjaan atau rekan kerja.

Tetapi kalau sudah branding diri sendiri pasti orang lain atau rekan kerja akan lebih paham dengan seseorang. Kalau sudah paham reputasi seseorang maka orang tersebut akan lebih merasa nyaman dan mudah bekerja dengan orang tersebut. Jika sudah seperti itu pasti bekerja jadi lebih menyenangkan dan bisa cepat mengerjakan apa yang jadi tugasnya.

2. Membantu Membangun Koneksi

Selain membuat nyaman saat bekerja, branding ini juga akan mempermudah seseorang untuk membangun koneksi di bidang yang dijalani orang tersebut. Kalau seseorang sudah punya banyak koneksi pastinya akan menguntungkan orang tersebut, apalagi kalau punya bisnis pasti sangatlah terbantu.

Jika seorang pebisnis sudah bisa memanfaatkan branding ini maka pebisnis tersebut tidak akan sulit mencari rekan kerja dan juga tidak kesulitan saat mencari konsumen baru. Kemudahan yang dirasakan tersebut karena sudah banyak yang kenal dengan pebisnis tersebut makanya banyak yang ingin jadi rekan kerja dan jadi konsumen.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kalau bisa meningkatkan branding maka bisa fokus terhadap kemampuan diri saja bukan fokus pada kelemahan diri. Hal tersebut bisa terjadi karena branding ini proses pembuktian kemampuan kepada masyarakat luas. Jadi kalau sudah melakukan ini pasti masyarakat makin tahu apa saja kemampuan yang dimiliki orang yang melakukan branding.

Dengan banyak yang tahu apa yang bisa dilakukan pastinya akan lebih percaya diri karena masyarakat tidak lagi memandang rendah. Jika sudah seperti ini sebaiknya jangan sombong sebab yang namanya sombong bisa membuat orang lupa darat dan ini juga menyebabkan kehilangan kepercayaan dari masyarakat.

4. Meningkatkan Kredibilitas

Selain bisa membuat lebih percaya diri, personal branding jika diimplementasikan ke kehidupan nyata akan membuat kredibilitas meningkat. Akan ada banyak masyarakat yang mulai mengenal karena banyak yang tahu kemampuan yang Kamu miliki. Semua perkataanmu dan juga semua tindakan yang dilakukan pasti akan jadi bahan penilaian.

Kalau sampai banyak yang menilai tindakan atau perkataanmu itu bagus dan bisa ditiru maka Kamu akan dianggap sebagai seorang ahli. Jika sudah seperti ini maka akan sulit untuk melakukan hal-hal yang tidak pantas sebab banyak masyarakat yang mengawasi tindakan dan juga perkataanmu.

5. Memberikan Nilai Tambah

Personal branding jika sampai dilakukan dengan serius dan konsisten maka akan bisa membuat Kamu lebih dipandang masyarakat. Jadi bisa dikatakan kalau branding ini bisa menjadi rekam jejak perilaku dan perbuatanmu. Kalau brandingnya sudah maksimal dan terbangun dengan baik bisa jadi ladang mencari uang.

Jadi kalau ada masyarakat yang tidak dipercaya masyarakat lainnya sebaiknya perbaiki branding terlebih dahulu, kalau sudah melakukan hal tersebut pasti pandangan masyarakat akan berangsur-angsur membaik. Jadi bisa disimpulkan kalau branding ini bisa memperbaiki reputasi dan bisa dihormati banyak orang.

6. Membuat Lebih Berkembang

Branding bisa membuat seseorang akan selalu berkembang, hal tersebut disebabkan selama proses branding akan selalu mendapatkan hal-hal baru yang akan terus membuat berkembang. Hal baru tersebut bisa diperoleh dari orang lain atau dari pengamatan diri sendiri.

Dengan bisa mengembangkan diri pastinya akan menjadi orang yang lebih baik lagi, contohnya saja dulunya tidak percaya diri dan tidak punya kemampuan yang menonjol. Tetapi kalau sudah berkembang pasti akan percaya diri dan juga akan punya banyak sekali kemampuan baru dan kemampuan lama bisa berkembang.

Tata Cara Meningkatkan Personal Branding

Branding memang manfaatnya banyak sekali tetapi banyak juga yang tidak bisa mendapatkan manfaat branding tersebut karena tidak bisa meningkatkan branding tersebut secara maksimal. Kalau memang mau meningkatkan branding ini bisa menggunakan cara-cara yang ada di bawah ini.

1. Kenali Diri Sendiri

Agar branding dapat meningkat maka yang harus dilakukan pertama kali adalah harus tahu siapa diri Kamu sebenarnya. Untuk bisa tahu hal tersebut bisa membuat beberapa pertanyaan untuk menggali informasi mengenai kemampuan dan kelemahan. Contoh pertanyaannya adalah di bidang manakah Saya bisa menonjol.

Jika tidak bisa menjawab pertanyaan tadi maka bisa menanyakan hal tersebut kepada keluarga atau teman, semua orang yang diberikan pertanyaan seperti itu pasti bisa menggambarkan diri Kamu dengan sangat baik. Jika sudah tahu kelemahan dan kelebihan maka jadi bisa tahu cara apa yang bisa dipakai untuk membuat kelemahannya hilang.

2. Menentukan Tujuan Melakukan Branding

Setelah lebih mengenal diri sendiri maka langkah berikutnya adalah menentukan tujuan dari melakukan branding, kalau tujuannya untuk membuat lebih dikenal masyarakat maka branding yang dilakukan jangan terlalu berlebihan. Sebab kalau sampai berlebihan, masyarakat bukannya merasa kagum malah akan menganggap Kamu itu orang yang sombong.

Jadi kalau ingin dikenal dengan baik di lingkungan masyarakat tinggal lakukan apa yang Kamu bisa dan jangan sampai berbuat kesalahan yang akan membuat orang lain merasa dirugikan. Kalau sudah bisa melakukan itu semua pasti branding Kamu akan berhasil dan Kamu akan lebih dikenal di lingkungan sekitar tempat tinggal Kamu.

3. Menentukan Target

Target dalam hal ini bukanlah penjahat tetapi siapa yang akan Kamu jangkau, untuk targetnya sendiri tergantung dari bidang pekerjaan, lingkungan hidup atau profesi Kamu. Misalnya kalau target Kamu adalah atasan di kantor maka kamu bisa bekerja dengan lebih giat lagi dan kurangi kesalahan waktu bekerja.

Dengan melakukan itu semua maka atasan akan lebih terkesan dengan personal branding Kamu, jika seperti itu tinggal menunggu naik pangkat saja. Jika sudah naik pangkat tinggal pertahankan kinerja yang baik ini agar brandingnya tidak jelek dan bisa terus dihormati sesama rekan kerja.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment