Jenis dan Perbedaan RAM pada PC Serta Tips Membelinya

Sebelum menambah kapasitas, lebih baik ketahui dulu jenis dan perbedaan RAM pada PC untuk setiap mereknya.

Kenapa? Soalnya jenis RAM itu sangat banyak. Masing-masing dari mereka memiliki keunggulan dan kekurangan. Oleh karenanya, Anda tidak dapat menyamaratakan semua jenis yang tersedia dan mesti mengetahuinya sebaik mungkin.

Bayangkan saja apabila Anda coba menyamai semua jenis. Kemudian perangkat mengalami kerusakan saat menjalankan sistem.  Niscaya, Anda mesti mengulang semua proses yang tersedia dan cukup memakan waktu.

Jenis dan Perbedaan RAM Pada PC

Image Attachment

Secara umum, RAM di komputer terbagi menjadi empat tipe. Setiap dari mereka mempunyai karakteristik tersendiri yang menjadi perbedaan RAM pada PC. Lantas apa sajakah itu? Berikut ini adalah pembahasan lengkap untukmu!

1. Dynamic Random Access Memory

Random Access Memory (RAM) jenis pertama adalah DRAM. Jenis satu ini menggunakan satu transistor dan kapasitor untuk satu bit. Dengan demikian, DRAM mampu bekerja pada frekuensi yang beragam, mulai dari 4,5 MHz sampai 40 MHz.

Melalui ukuran tersebut, DRAM mampu menjalankan aplikasi yang biasa saja tanpa mengalami kendala sama sekali. Meskipun pengguna harus sedikit menunggu mengingat kemampuan dalam membaca data lebih rendah ketimbang jenis lain.

2. Synchronus Dynamic Random Access Memory

Jenis selanjutnya yang akan kami bahas adalah SDRAM. SDRAM sendiri adalah singkatan dari Synchronous Dynamic Random Access Memory. Jenis satu ini memiliki perbedaan RAM pada PC yang lainnya, terlebih dari segi kecepatan.

Digadang-gadang, RAM jenis ini mampu menjalankan program di kecepatan 110 MHz lebih. Angka tersebut sangat tinggi ketimbang DRAM.

Berkat kecepatan tersebut, SDRAM dimanfaatkan dan disematkan pada komputer keluaran tahun 1993-2003. Sementara itu, tidak ada lagi perangkat yang menggunakan ram jenis ini karena terbilang kuno dan gagal mendukung kegiatan manusia yang semakin kompleks.

3. SRAM

Dari segi kecepatan, SRAM alias Static Random Access Memory lebih tinggi ketimbang tipe RAM yang lain.

SRAM menawarkan kecepatan mencapai 500 MHz. Dengan angka tersebut, semua program yang berat di kelasnya mampu diproses sebaik mungkin. Tanpa harus menunggu waktu begitu lama selayaknya tipe lain.

Itulah yang menjadi salah satu perbedaan RAM pada PC lainnya yang mesti Anda ketahui untuk menghindari kemungkinan terburuk nantinya.

4. EDO-RAM

Extended Data Output Random Access Memory (EDO-RAM) adalah jenis ram berikutnya yang ada pada pembahasan kali ini.

Sebagaimana namanya, EDO-RAM berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kecepatan sistem dalam menampilkan halaman pada perangkat. Sehingga pengguna tidak mesti menunggu lama seperti seri ram lainnya.

EDO-RAM juga dibekali kemampuan untuk membaca memori mikroprosesor secara cepat yang menjadi poin utama di perbedaan RAM pada PC. Oleh karenanya, perintah dari prosesor bakal diproses dalam waktu singkat.

Buat sekarang, tidak ada komputer yang menggunakan komponen ini. Namun pada tahun 1994, produsen barang elektronik selalu menyematkan EDO-RAM ke perangkat berkat kemampuannya dalam membaca perintah secara singkat.

5. Flash RAM

Komputer jenis lama tidak dapat menyimpan data banyak ketika daya terputus. Oleh karenanya, file penting pengguna sering hilang.

Hal tersebut cukup menjengkelkan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? Semua pekerjaan yang dilakukan selama ini hilang seketika sehingga mesti mengulangnya dari awal yang cukup memakan waktu.

Dengan itu, diperkenalkanlah Flash RAM sebagai salah satu jenis RAM terbaru di pasaran. Seperti masalah di atas, tujuan diciptakan Flash RAM adalah untuk menyimpan data secara otomatis. Meskipun perangkat telah terlepas dari sumber dayanya.

Kemampuan tersebut menjadi poin utama perbedaan RAM pada PC yang mesti diketahui oleh semua orang.

6. SDR SDRAM

Seperti namanya, SDR SDRAM ini merupakan pengembangan dari jenis lain yang telah disebutkan penulis pada poin sebelumnya.

Keunggulan utama dari SDR SDRAM adalah kemampuan dalam membaca data secara singkat. Lebih cepat ketimbang SDRAM atau jenis lain. Dengan demikian, Anda tidak perlu waktu lama untuk membuka program berat di komputer.

Pada sisi lain, SDR-SDRAM dibekali keterampilan dalam menulis ulang data sewaktu-waktu. Oleh karenanya, banyak perangkat konsol yang menggunakannya karena lebih halus dan singkat ketika tampilan permainan muncul di layar.

7. DDR-SDRAM

Secara sistem, DDR SDRAM relatif sama seperti di atas. Perbedaan RAM Pada PC ini ketimbang tipe lain adalah kemampuannya untuk membaca sekaligus menulis dua perintah sekaligus dari prosesor.

Kemampuan tersebut membuatnya dipakai di beragam perangkat gaming yang dijual bebas di masyarakat. Sebut saja, salah satunya adalah Playstation 5. Anda dapat menemukannya di laptop sultan sekelas Republic of Game (ROG).

Tips Membeli RAM Untuk PC

Pembahasan di atas mengenai jenis-jenis dan perbedaan RAM pada PC. Buat selanjutnya, mari kita ulas bagaimana tips membeli komponen satu ini.

Pada umumnya, setiap perangkat dibekali dengan RAM untuk memproses semua data. Namun ada sebagian pengguna yang merasa kurang. Mereka pun hendak menambahnya agar lebih cepat. Sayangnya, mereka tidak tahu bagaimana tips beli komponen tersebut. Padahal para pengguna mesti mengetahui itu sebaik mungkin.

Nah bila Anda masuk ke dalam salah seorang yang masih belum tahu bagaimana tips tepatnya, berikut beberapa poin untuk Anda!

  • Beli dari produsen RAM terpercaya
  • Perhatikan jenis dari RAM dan sesuaikan dengan kemampuan perangkat.
  • Perhatikan jenis colokan RAM kepada perangkat.
  • Siapkan budget yang cukup karena harganya cukup mahal.
  • Periksa segel yang ada di setiap komponen.

Tags:

Baca Juga

Cara Menyelesaikan Pertanyaan Akar Kuadrat Kompleks Pada ASVAB:
Cara Menyelesaikan Pertanyaan Akar Kuadrat Kompleks Pada ASVAB:
5 kompresor PDF terbaik untuk mengurangi ukuran pdf pada tahun 2022
5 kompresor PDF terbaik untuk mengurangi ukuran pdf pada tahun 2022
INDORANSEL: Produsen Tas Ransel Pilihan Masa Kini
INDORANSEL: Produsen Tas Ransel Pilihan Masa Kini
INDOBLACU: Produsen Tas Souvenir Terbaik Masa Kini
INDOBLACU: Produsen Tas Souvenir Terbaik Masa Kini
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
Pameran Seni Rupa: Pengertian, Fungsi, Tujuan & Istilah-istilahnya
Pameran Seni Rupa: Pengertian, Fungsi, Tujuan & Istilah-istilahnya