Jenis dan Perbedaan RAM pada Laptop Serta Tips Membelinya

Perbedaan RAM Laptop merupakan sebuah hal yang cukup menjadi perhatian bagi para calon pembelinya.

RAM atau Random Access Memory merupakan bagian dari computer yang berfungsi sebagai memori atau tempat penyimpanan data yang bersifat sementara, artinya data yang tersimpan bisa hilang sewaktu-waktu. Karena itulah RAM hanya berfungsi ketika perangkat tidak mati alias menyala.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa RAM pada sebuah perangkat berfungsi sebagai penyimpanan data sementara. RAM akan secara otomatis menyimpan dan membaca data yang kamu kerjakan pada sebuah perangkat.

Selain sebagai media penyimpanan, RAM juga berpengaruh pada kecepatan proses kinerja suatu perangkat. RAM mampu membantu perangkat dalam proses multitasking, sehingga mampu mengurangi potensi lag pada perangkat.

Nah, pada Laptop terdapat berbagai jenis RAM yang berbeda-beda. Perbedaan RAM Laptop pasti akan ditemukan pada setiap jenis RAM Laptop. Kira-kira apa saja sih jenis RAM pada Laptop? Yuk baca artikelnya sampai habis.

Jenis-Jenis RAM Pada Laptop

Image Attachment

Karena perbedaan RAM Laptop menjadi hal penting dalam memilih jenis-jenis RAM, maka mengetahui apa saja jenis RAM pada Laptop ialah suatu keharusan.

Terdapat banyak jenis RAM Laptop yang pasti memiliki perbedaan atau kelebihan masing-masing. Diantara banyaknya jenis RAM tersebut, kamu bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk bagaimana tips memilihnya akan dibahas di point selanjutnya ya. Baiklah sekarang kita bahas terlebih dahulu mengenai jenis-jenis RAM pada Laptop, simak baik-baik ya.

1. DRAM

Oke, jenis RAM Laptop yang pertama adalah Dynamic Random Access Memory atau biasa disingkat DRAM. DRAM ini merupakan jenis RAM yang paling sering digunakan pada sebuah Laptop atau computer.

Perbedaan RAM Laptop yang membuat DRAM lebih unggul adalah karena desainnya yang sederhana namun kecepatannya cukup tinggi, yaitu mencapai 4,7 MHz sampai dengan 40 MHz.

2. SDRAM

Selanjutnya yaitu SDRAM atau Synchronous Dynamic Random Access Memory. SDRAM ini merupakan bentuk kedua atau bentuk pengembangan dari jenis RAM sebelumnya (DRAM).

Meski hanya bertahan kurang lebih 8 tahun, SDRAM tercatat memiliki kecepatan mencapai 100 MHz sampai dengan 133 MHz, dan berkapasitas sampai dengan 1 GB.

3. RDRAM

Pengembangan jenis DRAM selanjutnya yaitu RDRAM atau Rambus Dynamic Random Access Memory. RDRAM memiliki kecepatan mencapai 1 GHz, ini termasuk RAM yang super cepat pada masa medio 1995 hingga 1996.

Hal ini membuat RDRAM hanya cocok dipasang pada computer-computer yang digunakan untuk video grafis akselerator.

4. SRAM

Jenis RAM Laptop yang selanjutnya yaitu jenis SRAM atau Static Random Access Memory. RAM jenis ini bersifat statis, itu berarti SRAM tidak perlu selalu di refresh.

Perbedaan RAM Laptop yang menonjol pada jenis ini ialah kecepatannya yang cukup tinggi dibanding DRAM, hal ini juga membuat harga yang ditawarkan untuk SRAM lebih mahal daripada DRAM.

5. SDR SDRAM
SDR merupakan singkatan dari Single Data Rate yang artinya RAM jenis ini hanya mampu mengirimkan instruksi kepada prosesor dalam satu siklus clock.

6. DDR SDRAM

Seiring berkembangnya jaman, SDR SDRAM juga mengalami perkembangan, hingga muncullah DDR SDRAM atau Double Data Rate SDRAM. DDR SDRAM juga berkembang dan melahirkan DDR1, DDR2, DDR3, juga DDR4.

Tips Membeli RAM Laptop Dengan Benar

Perbedaan RAM Laptop yang ada saat ini juga berpengaruh pada pembelian yang mungkin akan dilakukan. Ya, banyaknya jenis RAM Laptop pada saat ini membuat calon pembeli harus lebih hati-hati dalam memilih.

Untuk kamu yang sudah paham tentang Laptop, hal ini mungkin bukanlah sesuatu yang sulit. Namun untuk kamu yang belum terlalu paham, mungkin kamu bisa menggunakan beberapa tips membeli RAM Laptop berikut ini.

1. Pilih Merek yang Terpercaya

Salah satu tips utama yang harus diperhatikan ketika membeli RAM Laptop adalah merek. Sebaiknya, pilihlah merek yang sudah jelas terpercaya. Saat ini, banyak RAM yang dijual murah namun tidak jelas mereknya. Merek-merek yang seperti ini biasanya adalah merek dari luar negeri.

Sebetulnya, tidak ada masalah apabila ingin membeli RAM dengan merek luar negeri. Hanya saja, RAM dengan merek luar negeri biasanya tidak memiliki garansi yang jelas karena service centernya pun tidak tersedia di Indonesia.

2. Perhatikan Sistem Operasi Apa yang Digunakan

Memperhatikan sistem operasi pada jenis RAM Laptop juga menjadi sebuah tips penting yang tidak boleh terlewatkan. Perbedaan RAM Laptop terletak pada sistem operasinya, yakni ada sistem operasi 32 bit yang mendukung RAM maksimal 4 GB, dan ada sistem operasi 64 bit yang mampu mendukung RAM mencapai lebih dari 100 GB.

3. Mengecek Tipe RAM dan Motherboard

Perbedaan RAM Laptop yang paling utama terletak pada tipe nya. Sebelum membeli RAM Laptop, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu tipe RAM yang kamu butuhkan. Cara mengeceknya bisa kamu lakukan melalui aplikasi CPU-Z.

Pengecekan tipe RAM ini dilakukan dengan tujuan menghindari kesalahan membeli tipe RAM Laptop. Contoh saja, tipe RAM yang kamu gunakan saat ini adalah DDR3, tapi kamu justru membeli tipe DDR5 karena merupakan tipe terbaru dan kamu mengira itu ialah tipe RAM terbaik.

Kesalahan tersebut bukan hal sepele, mengapa? Ya, karena ketika kamu salah membeli tipe RAM, itu artinya RAM tersebut tidak cocok dan tidak bisa digunakan.

4. Membeli RAM di Service Center

Tips membeli RAM Laptop yang paling aman yaitu membeli RAM di service center. Harga pembelian di service center memang sedikit lebih mahal, namun kepuasan yang diterima tidak perlu diragukan lagi.

Kalaupun terjadi kerusakan, service center akan memberikan bantuan untuk mengklaim garansi dengan mudah.

Tags:

Baca Juga

Cara Menyelesaikan Pertanyaan Akar Kuadrat Kompleks Pada ASVAB:
Cara Menyelesaikan Pertanyaan Akar Kuadrat Kompleks Pada ASVAB:
5 kompresor PDF terbaik untuk mengurangi ukuran pdf pada tahun 2022
5 kompresor PDF terbaik untuk mengurangi ukuran pdf pada tahun 2022
INDORANSEL: Produsen Tas Ransel Pilihan Masa Kini
INDORANSEL: Produsen Tas Ransel Pilihan Masa Kini
INDOBLACU: Produsen Tas Souvenir Terbaik Masa Kini
INDOBLACU: Produsen Tas Souvenir Terbaik Masa Kini
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
Pameran Seni Rupa: Pengertian, Fungsi, Tujuan & Istilah-istilahnya
Pameran Seni Rupa: Pengertian, Fungsi, Tujuan & Istilah-istilahnya