10 Penyebab Umum Pencemaran Udara

Penyebab pencemaran udara – Pencemaran udara merupakan suatu kondisi dimana kualitas udara di lingkungan mengalami penurunan yang apabila kita terpapar Pencemaran lingkungan khususnya pencemaran udara dalam jangka panjang akan berefek pada munculnya gangguan kesehatan.

Dengan Jangka yang awalnya panjang dapat berubah menjadi jangka pendek apabila pencemaran udara semakin parah.

Pencemaran udara biasanya terjadi dikota-kota besar yang minim lahan hijau. Dimana udara segar tidak lagi kita rasakan, panas dan banyak asap kendaraan.

untuk menghindari semakin parahnya kondisi lingkungan kita musti mengetahui penyebab-penyebab apa yang membuat udara jadi tercemar.

Faktor Penyebab Pencemaran Udara

pencemaran udara, penyebab pencemaran udara, faktor pencemaran udara

Terdapat setidaknya 10 Faktor penyebab pencemaran udara yang dapat kita temui dalam keseharian kita.

1. Aktifitas Rumah Tangga

Tanpa sadar aktifitas kita, ibu atau ayah kita dapat menjadi salah satu sebab udara tercemar. contohnya adalah pembakaran sampah, memasak, mengecat rumah, dan penggunaan minyak wangi gas.

2. Kendaraan Bermotor

Kendara bermotor merupakan faktor yang menybabkan pencemaran udara nomor 2 karena memproduksi gas berbahaya seperti Carbon monoksida (CO) yang merupakan gas beracun, Nitrogen oksida dan senyawa organik volatil (VOC).

3. Letusan Gunung Berapi

Keberadaan gunung berapi di Indonesia bukan hanya menambah keindahan tapi juga memiliki ancaman apabila meletus. Gas dan debu vulkanik yang keluar ketika letusan terjadi dapat menyebabkan pencemaran udara yang membuat pernafasan kita terganggu.

4. Pembangkit Listrik

Pembangkit listrik yang menggunakan batu bara, gas dan minyak tidak jauh berbeda dengan kendaraan bermotor dalam mencemari udara karena menghasilkan Gas-gas berbahaya seperti Sulfur dioksida, Nitrogen oksida, Carbon dioksida dan partikul.

Selain mencemari udara, gas-gas diatas juga merupakan pemicu pemanasan global.

5. Aktifitas Industri dan Pabrik

Aktifitas pubrik memang tidak terelakkan dapat mencemari udara khususnya pada aktifitas pabrik yang mengeluarkan asap keudara. asap di dihasilkan mengandung Karbon monoksida, Hidokarbon dan senyawa organik merupakan polutan yang dapat merusak kualitas udara.

6. Pertanian

Untuk wilayah pertanian, pencemaran udara terjadi akibat penggunaan insektisida, pestisida dan pupuk pertanian yang mengandung amonia atau NH3 yang sangat berbahaya bagi atmosfer yaitu merusak lapisan ozon.

7. Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan merupakan suatu kejadian yang dapat mencemari udara akibat asap hasil pembakaran. baik pembakaran hutan ini dilakukan secara sengaja maupun terjadi secara alamiah tetap saja dapat mencemari udara.

8. Kegiatan Pertambangan

Kegiatan pertambangan merupakan kegiatan mengambil mineral dari dalam perut bumi. dan biasanya proses proses pertambangan mengeluarkan bahan kimia dan debu yang pada akhirnya menyebabkan pencemaran udara

9. Sampah

Pernah melintas didaerah tempat pembuangan sampah ? apakah bau ? ya tentu karena disana terdapat proses pembusukan yang menghasilkan aroma tidak sedap. aroma tidak sedap tersebut kemudian mencemari udara dan mengganggu pernafasan kita.

10. Penggundulan hutan

Pohon adalah mahkluk ciptaan tuhan yang dapat mengubah CO2 menjadi oksigen, selain keberadaan Oksigen ini dibutuhkan oleh makhluk hidup berparu-paru oksigen juga dapat mendinginkan lingkungan.

Dengan gundulnya hutan tidak heran kondisi lingkungan menjadi lebih panas karena selain hilangnya keteduhan ternyata jumlah oksigen juga berkurang.

Demikian 10 Faktor penyebab umum pencemaran Udara, dengan mengetahui penyebabnya kita bisa memikirkan cara untuk mengurangi pencemaran udara demi hidup sedikit lebih lama dan meninggalkan warisan berharga bagi anak cucu kita.

Loading...
Close Menu