Jika berbicara soal manajemen waktu, maka masih banyak orang yang merasa bahwa manajemen waktu merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan. Terutama bagi masyarakat Indonesia yang terkenal akan “malas dan ngaret” alias tidak disiplin dengan waktu. Jika dikaji kembali, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan manajemen waktu ? Apa tujuan utama adanya manajemen waktu ?

Pengertian Manajemen Waktu Menurut Ahli

Manajemen Waktu manfaat manajemen waktu cara manajemen waktu
MANAJEMEN WAKTU – STUDY

Berikut ini akan kita bahas secara jelas mengenai manajemen waktu pengertian tujuan serta pembahasan lainnya :

1. Atkinson

Menurut Atkinson, manajemen waktu adalah jenis keterampilan yang berhubungan dengan segala bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan secara terencana agar individu tersebut dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin.

2. Forsyth

Menurut Forysth, definisi manajemen waktu adalah cara membuat waktu menjadi terkendali sehingga menjamin terciptanya sebuah efektifitas dan efisiensi dan juga produktivitas.

3. Orr

Menurut Orr, pengertian manajemen waktu adalah kemampuan dalam menggunakan waktu secara efektif dan efisien untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Pengertian Manajemen Waktu

Apa yang anda ketahui tentang manajemen waktu ? Manajemen waktu atau biasa disebut sebagai tim manajemen merupakan sebuah perencanaan, mengorganisir, menggerakkan, dan juga pengawasan terhadap produktivitas waktu. Di mana waktu merupakan salah satu sumber daya yang harus anda kelola dengan baik. Agar anda bisa mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Waktu sendiri memiliki beberapa sifat, seperti hal yg tidak bisa diulang, tidak bisa dijalankan sesuai dengan keinginan anda, tidak bisa diperlambat, dan juga tidak bisa dipercepat. Banyak yang mengatakan bahwa waktu adalah bom. Di mana anda tidak akan merasa bahwa waktu sudah berjalan dengan cepat, atau anda tidak pernah merasa bahwa waktu berjalan dengan lambat.

Pengertian manajemen waktu juga bisa diartikan sebagai sebuah metode, untuk memanfaatkan dan juga mengatur setiap bagian waktu dalam mengerjakan aktivitas. Sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia atau pun Percuma.

Tujuan Manajemen Waktu

Manajemen Waktu manfaat manajemen waktu cara manajemen waktu

Tujuan utama dari manajemen waktu tentu saja melakukan pekerjaan atau aktivitas secara efektif dan juga efisien. Efektif di sini merupakan sebuah pekerjaan yang dapat dilihat dari tercapainya tujuan ataupun target yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sehingga adanya waktu dan juga pekerjaan dapat berjalan dengan sinkron dan seimbang. Di sisi lain ada beberapa tujuan manajemen waktu yang dapat anda rasakan di antaranya adalah :

  • Berkurangnya penolakan terhadap perubahan
  • Dapat memilah mana prioritas yang harus anda lakukan sehingga anda dapat menggolongkan pekerjaan berdasarkan seberapa penting dan seberapa urgent jenis pekerjaan tersebut
  • Membuat hidup menjadi lebih teratur dan juga seimbang sehingga tidak ada yang berlebihan atau kekurangan
  • Menjadikan seseorang lebih disiplin terutama jika berkaitan dengan orang lain dan juga berkaitan dengan konsekuensi atau komitmen
  • Semua kegiatan dapat dilakukan dengan lancar dan juga berurut tanpa terburu-buru atau tergesa-gesa

Prinsip Manajemen Waktu

Manajemen Waktu manfaat manajemen waktu cara manajemen waktu
MANAJEMEN WAKTU – LYNDA

Setelah mengetahui mengenai tujuan dan juga pengertiannya, berikut yang akan kita bahas adalah prinsip-prinsip dari manajemen waktu. Prinsip atau dasar pedoman kerja ini bersifat pokok yang tidak boleh diabaikan oleh siapapun yang melakukan manajemen waktu. Dalam prakteknya manajemen waktu ini memang dapat mengatur berbagai penggunaannya. Namun bukan berarti aku atau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah prinsip dari manajemen waktu :

1. Manajemen waktu bertujuan untuk mendirikan kedisiplinan. sehingga jika ada sebagian orang yang sudah melakukan kedisiplinan dan juga pengaturan yang cukup baik, berdasarkan selera masing-masing. maka manajemen waktu tersebut dapat diterima di mana hal tersebut bisa ditandai dengan tingkat kesalahan 0% dan juga tingkat kerjasama serta toleransi antar teman 100%.

2. Selanjutnya adalah kesatuan perintah di mana beberapa orang hanya menerima satu jenis perintah saja, dan juga dipimpin oleh satu orang saja. hal ini menyebabkan manajemen waktu menjadi lebih efektif dan juga lebih efisien.

Tips Melakukan Manajemen Waktu

Hasil gambar untuk time management Manajemen Waktu manfaat manajemen waktu cara manajemen waktu

Terakhir yang akan kita bahas adalah mengenai tips melakukan manajemen waktu. Bagi anda yang biasanya serampangan atau hidup dengan tidak mengatur waktu, pasti akan sulit untuk menerapkan manajemen waktu ini. Sehingga berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan. Sehingga anda bisa terbantu untuk mulai menata atau mengatur waktu anda :

1. Mulai dari yang Kecil

Ketika anda berubah dan berusaha untuk menerapkan manajemen waktu, maka anda tidak bisa menerapkannya padahal yang besar sekaligus. Anda harus menerapkan padahal kecil sampai anda merasa terbiasa dengan kehidupan yang lebih teratur. Setelah itu, barulah anda melakukan perkembangan kegiatan atau hal yang lebih besar. Untuk itu manajemen waktu bisa dimulai dari Bagaimana anda melakukan aktivitas sehari-hari, atau bagaimana anda mengontrol pengeluaran setiap bulannya.

Baca juga: Pengertian Roadmap

2.  Siapkan konsekuensi

Hal yang tidak pernah terpikir selanjutnya untuk anda yang ingin menerapkan manajemen waktu adalah konsekuensi. Memang hal ini harus dilakukan agar memberikan kesadaran pada diri sendiri. Bahwa Anda harus menerapkan manajemen waktu agar menjadi lebih baik.

Adanya konsekuensi ini bisa saja anda terapkan sendiri atau minta bantuan pada orang lain. Apa yang sangat penting bagi kehidupan dan itulah yang dipertaruhkan untuk mengatur diri anda, menjadi seseorang yang lebih terkontrol dan dapat menerapkan manajemen waktu dengan baik.

3. Libatkan orang

Melakukan manajemen waktu pada diri sendiri terutama bagi anda yang tidak terbias,  Pasti akan sangat sulit. untuk itu tips selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah melibatkan orang lain yang sudah memiliki manajemen dan pengaturan waktu yang sangat baik. tanya tips dan juga cara yang tepat kepada mereka, bagaimana bisa memanajemen waktu secara rutin.

Selain itu melibatkan juga orang-orang yang bisa mengatur anda dan berhak mengatur anda. sehingga secara tidak langsung mau tidak mau tidak mengikuti. Namun semua kembali pada keputusan masing-masing orang, mengingat ada beberapa orang yang kurang menyukai aturan yang diberikan orang lain.

Baca Selengkapnya
Loading...