Ketika berbicara soal mengatur waktu maka tidak pernah ada habisnya. Banyak orang yang mencoba untuk mempelajari bagaimana cara mengatur waktu agar menjadi lebih efisien dan juga lebih bermanfaat. Banyak yang bilang waktu adalah bom, dimana anda tidak dapat diputar kembali atau tidak terasa berjalan. Hal ini menjadikan berbagai ilmu mengkaji terkait manajemen waktu dan juga pengelolaan agar menjadi lebih baik.

Salah satunya mungkin anda pernah mendengar istilah road map ? Istilah ini sudah sering didengar bagi mereka yang berpergian ataupun traveling. Istilah ini juga banyak digunakan bagi anda yang sering menggelar program atau kegiatan diluar. Namun bagi anda yang baru mendengar tidak perlu khawatir. Karena berikut ini akan kita bahas tidak jelas mengenai road map dengan berbagai isinya :

Pengertian Road Map

road map, road map adalah, road map template
Roadmap – Wildbit

Berdasarkan pengertiannya, roadmap adalah salah satu istilah yang banyak digunakan Ketika seseorang bepergian ataupun sebuah organisasi yang mengadakan kegiatan diluar. Roadmap juga banyak digunakan oleh mereka yang mengadakan kegiatan diluar ruangan. Road map merupakan peta atau panduan yang digunakan sebagai petunjuk untuk mengarahkan jalan, di mana letak ini sengaja dibuat dengan cara yang lebih rinci yang membuat tahapan sistematis mengenai pelaksanaan suatu program kegiatan dalam kurun waktu tertentu.

Sehingga bagi anda yang ingin membuat program khusus di luar atau di lapangan program ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu. Dalam melaksanakan kegiatan dan menjelaskan area lebih rinci kepada orang lain ataupun anggota anda. Tujuan dari roadmap adalah :

  • Dengan adanya road map menjadi instrumen yang mempersatukan seluruh kegiatan dalam lingkungan yang membatasinya
  • Road map dapat memberikan petunjuk tentang dari mana dan akan kemana perubahan dilakukan dalam rangka mensukseskan sebuah program. Hal ini sangat penting mengingat pemahaman masing-masing orang berbeda beda. Terutama jika anda melakukan kegiatan atau sebuah program dan bersama dengan tugas yang berbeda. Jika anda yang membuat roadmapnya, maka anda harus memberikan pengarahan dan juga pemahaman akan program tersebut.
  • Merupakan dokumen yang menjadi acuan untuk melakukan perubahan bagi setiap individu di berbagai bidang.
  • Menjadi instrumen yang penting yang akan membantu perubahan lingkungan sekitarnya sesuai dengan karakteristik atau sifat yang telah dimiliki.
  • Menjelaskan sebuah program atau rencana dengan sistematis dan juga tersusun sehingga sangat penting bagi Anda yang melakukan penjelasan dengan sistem metode atau alur.

Prinsip Dasar Roadmap

roadmap roadmap penelitian roadmap organisasi road map, road map adalah, road map template
prinsip roadmap – behance

Roadmap sendiri memiliki beberapa prinsip dasar yang harus anda ikuti ketika membuatnya. Sehingga anda tidak salah dalam membuat roadmap adalah :

  1. Pertama prinsip dasar yang harus anda ikuti saat membuat atau menggunakan roadmap, haruslah jelas. Di mana roadmap harus mudah dipahami dan dapat dilaksanakan. Bukan hanya oleh anda namun juga oleh semua orang yang membacanya.
  2. Kedua roadmap haruslah ringkas. Roadmap bertujuan untuk menjelaskan secara keseluruhan dengan poin-poin utama saja. Hal ini menjadikan ketika anda membuat roadmap maka harus disajikan secara ringkas dan juga padat sesuai format dan juga konten yang akan ada lampirkan. Selain itu roadmap sendiri memiliki template khusus sehingga orang tidak akan salah.
  3. Prinsip dasar selanjutnya adalah terukur. Di mana program kegiatan target waktu dan juga harus dapat diukur dan dapat dijelaskan dalam suatu alur yang sama dan juga ringkas. Sehingga adanya roadmap ini untuk menjelaskan berbagai pertanyaan yang mungkin saja akan diajukan oleh anggota. Namun jika roadmap sudah tertulis dengan jelas dan baik, maka tidak akan ada lagi pertanyaan dan mudah untuk dipahami.
  4. Prinsip dasar selanjutnya adalah komitmen. Di mana roadmap merupakan kesepakatan bersama yang memberikan gambaran kesadaran akan tanggung jawab. Sehingga harus diketahui oleh semua pihak dan juga dipahami oleh semua pihak tidak boleh satu atau dua orang saja.
  5. Roadmap bisa masuk ke dalam dokumen yang sangat rinci. Roadmap ini merupakan rincian dari pelaksanaan kegiatan dan juga hasil yang akan didapatkan dari kegiatan tersebut. Sehingga biasanya membuat roadmap sembarangan. Namun mereka yang dapat mengerti dan juga Memiliki gambaran luas akan kegiatan dan program tersebut.
  6. Prinsip terakhir roadmap adalah merupakan dokumen resmi bagi beberapa program. Untuk anda yang membuat roadmap, usahakan untuk tidak sembarangan dalam menunjukkan atau menjelaskan roadmap kepada orang-orang yang tidak berkaitan atau tidak bertanggung jawab. Roadmap masuk ke dalam dokumen resmi yang dapat ditetapkan dalam lingkungan kerja yang bersangkutan dan dapat di sahkan dalam salah satu Standar Operasional jika memang perusahaan menginginkan.

Struktur Dan Finalisasi Roadmap

roadmap roadmap penelitian roadmap organisasi
struktur roadmap – hutwork

Roadmap harus dijelaskan dengan cara sistematis dan juga terurut. Anda yang ingin membuat roadmap  bisa menggunakan sistematika dasar dari pembuatannya, diantaranya adalah pertama ringkasan eksekutif, kemudian pendahuluan dalam program tersebut kemudian pencapaian dari program dan kegiatan, serta rencana yang akan dilakukan selanjutnya.

Baca juga :  10 Gaya Kepemimpinan

Pada bagian terakhir anda dapat menambahkan kriteria keberhasilan program tersebut dan juga agenda prioritas ketika melakukan kegiatan. Jangan lupa dari seluruh roadmap tersebut, harus dijelaskan waktu pelaksanaan dan juga tahap kerjanya sehingga ketika orang membaca roadmap, maka akan mudah dipahami.

Memang tidak mudah membuat roadmap, terutama bagi anda yang belum pernah melihatnya. Namun roadmap sendiri memiliki dasar-dasar yang harus diikuti sehingga anda tidak perlu khawatir lagi atau merasa bingung untuk membuatnya. Berbagai kegiatan bisa menggunakan roadmap ini, namun umumnya pembuatan roadmap sedikit memiliki perbedaan terkait penyampaian informasi. Semua tergantung dari bidang yang menggunakannya.