Pengertian Artikel: Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan dan Manfaat Artikel

Pengertian Artikel

Pengertian artikel– Sering dengar kata artikel ? atau sering dapat tugas membuat artikel ? nah taukah kalian apa itu artikel ? secara lengkap pengertian artikel  adalah karya tulis yang tidak memiliki ketentuan panjang (kata) tertentu, berisi suatu gagasan atau fakta yang mampu membujuk, menghibur, meyakinkan, dan mendidik pembacanya, serta dipublikasikan ke suatu media (seperti buletin, majalah, koran, blog, website, media sosial, dan media lainnya).

Sedangkan secara mudah artikel dapat dipahami dengan sebuah karya tulis berdasarkan fakta yang terjadi. Untuk artikel itu sendiri bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari seperti blog, website, portal berita yang mana situs-situs tersebut memuat informasi yang benar terjadi (faktual) dan tidak dibuat-buat (mitos).

Biasanya artikel memuat informasi-informasi sebagai berikut :

  • Sejarah
  • Hasil penelitian
  • Argumentasi tentang suatu isu
  • Petualangan seseorang
  • Tutorial

yang mana kesemuanya bersumber dari kenyataan dan benar-benar terjadi.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian Artikel: Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan dan Manfaat Artikel

Jika diawal kalian bingung dalam menerka apa itu artikel, maka kalian tidak sendiri karena pada dasarnya pengertian artikel ini sangat banyak, antara satu ahli dengan ahli yang lain dapatlah berbeda.

Berikut pengertian artikel menurut para ahli:

Arti Artikel Menurut KBBI

Pertama adalah pngertian artikel menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), menurut KBBI pengertian artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya.

Menurut Cambridge Dictionary

Pertama, pengertian artikel menurut Cambridge Dictionary, pengertian artikel adalah sebuah tulisan yang membahas subjek tertentu dan dipublish di berbagai media, seperti; koran, majalah, atau di internet.

Menurut The America Heritage Desk Dictionary

Pengertian artikel Menurut The America Heritage Desk Dictionary, adalah sebuah bagian tulisan non fiksi yang berbentuk bebas bagian dari penerbitan misalnya seperti laporan esai.

Menurut Rillan E. Wolseley

Pengertian artikel menurut Rillan E. Wolseley, pengertian artikel adalah suatu karangan tertulis yang panjangnya tak tentu. Bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik dan menghibur.

Menurut Andi Baso Mappatoto

Pengertian artikel menurut Andi Baso Mappatoto, Pengertian artikel merupakan karya tulis lengkap, tulisan nonfiksi dan karangan tertulis yang panjangnya tak tentu.

Menurut Webster’s Collegiate Thesaurus

Pengertian artikel dalam Webster’s Collegiate Thesaurus, Pengertian artikel didefinisikan sebagai karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran atau survey.

Menurut Longman Pitman Office Dictionary

Dalam Longman Pitman Office Dictionary, artikel diartikan sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran dan lain-lain.

Essential English Dictionary

Dalam Essential English Dictionary, sebuah artikel didefinisikan sebagai tulisan lengkap dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya.

Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia

Menurut Enskiklopedia Indonesia, pengertian artikel adalah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas.

Menurut Al-‘Aqli

Artikel adalah sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu. Setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan cara tuntas, lugas dan jelas sehingga pembaca dapat mengambil intisari dari sebuah karangan yang ditulis penulis.

Menurut Sumandiria

Artikel merupakan tulisan lepas yang berisikan opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas tentang sebuah masalah yang sifatnya aktual dan biasanya kontroversial dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan dan menghibur para pembaca.

Ciri-Ciri Artikel

Mengacu pada penjelasan arti artikel di atas, maka sebuah artikel dapat dikenali karakteristiknya. Adapun ciri-ciri artikel adalah sebagai berikut:

  1. Secara umum artikel dibuat ringkas, padat, jelas, dan tuntas.
  2. Sebuah artikel didasari oleh fakta, bukan fiksi atau mitos yang kebenarannya masih diragukan.
  3. Artikel bersifat informatif dan faktual, mengungkapkan informasi berdasarkan suatu penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Artikel dapat mengandung opini dan analisis, namun harus berdasarkan teori dan data yang valid.
  5. Penulisan artikel menggunakan bahasa baku atau resmi, serta kalimat yang lugas, logis, denotatif, dan efektif.
  6. Metode penulisan artikel dibuat secara sistematis sehingga pembaca dapat mengerti isinya dengan mudah.

Jenis-Jenis Artikel

Secara umum, terdapat lima jenis artikel yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. dan berdasarkan pengertian artikel di atas, jenis-jenis artikel dapat dibagi sebagai berikut:

1. Narasi

Artikel narasi adalah jenis artikel yang berisi tentang sebuah cerita dengan serangkaian peristiwa yang ditulis secara sistematis (awal, tengah, dan akhir). Di dalam narasi terdapat tokoh, konflik, dan penyelesaian masalah. Contoh narasi; biografi, autobiografi, kisah pengalaman.

2. Deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis artikel berupa karangan yang menggambarkan tentang suatu hal kepada pembacanya, sehingga pembaca seolah-oleh dapat merasakan, melihat, dan mendengar isi dari deskripsi.

3. Eksposisi

Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang berisi penjelasan atau informasi mengenai suatu topik untuk menambah pengetahuan pembacanya. Artikel eksposisi biasanya dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya agar mudah dipahami.

4. Argumentasi

Artikel argumentasi adalah artikel yang berisi sebuah opini atau argumentasi beserta bukti-bukti ilmiah maupun otentik yang tujuannya ingin membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan menyajikan data/ fakta sebagai alasan.

5. Persuasi

Artikel persuasi adalah artikel yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga bersedia melakukan sesuatu yang dianjurkan oleh si penulis dalam karangannya. Artikel seperti ini banyak digunakan dalam promosi atau kampanye. seperti “Iklan layanan masyarakat”

Tujuan dan Manfaat Artikel

Keberadaan artikel tidak serta merta hanya untuk menghibur atau mendidik, biasanya ada banyak Tujuan dan Manfaat yang disalurlkan melalui sebuah Artikel.

Tujuan dan Manfaat artikel biasanya:

  • Sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan penulis kepada masyarakat.
  • Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Membantu penulis untuk berpikir secara sistematis dan melatih penggunaan bahasa secara baik dan teratur.
  • Membantu penulis untuk memahami tujuan menulis sehingga diharapkan memiliki komptensi dalam menulis artikel.
  • Cara untuk menjelaskan atau membahas suatu masalah sesuai dengan bidang ilmu tertentu.
  • Memberikan dampak akademis kepada penulis artikel.

Loading...
Close Menu