10 Peluang Usaha Rumahan di Desa Yang Sangat Potensial

10 Peluang Usaha Rumahan di Desa Yang Sangat Potensial

Membuka usaha atau bisnis di daerah perkotaan tentu bukan hal yang asing atau aneh. Namun, membuka usaha rumahan di pedesaan menjadi hal baru yang tentu menguntungkan. Banyak jenis peluang usaha rumahan di desa yang bisa kamu coba jalankan.

Ditambah lagi dengan adanya komitmen dari pemerintah dalam meningkatkan perekonomian yang ada di wilayah pedesaan. Persaingan bisnis di desa memang tidak setinggi di kota, karena pelaku usahanya belum sebanyak di kota.

Jenis Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

Banyaknya kesempatan menjalankan usaha atau bisnis di pedesaan, membuat banyak orang yang mulai beralih ke desa untuk membuka suatu usaha tertentu. Berikut ini beberapa jenis peluang usaha rumahan yang bisa dijalankan di wilayah pedesaan dengan keuntungan yang menjanjikan:

Petani

Menjadi petani di pedesaan memang banyak, tetapi kamu bisa coba dari skala kecil saja misalnya menanam hasil pertanian di pekarangan atau kebun rumah. Banyak jenis tanaman yang bisa kamu coba tanam misalnya cabe, sayur-sayuran, bawang, dan sebagainya.

Pilih jenis tanaman yang sesuai dengan iklim tempat kamu tinggal saat ini, supaya tanaman yang kamu tanam nantinya akan hidup dan tumbuh dengan baik di sana. Sesuaikan juga ukuran lahan kebun yang akan digunakan untuk bercocok tanam tersebut.

Distributor dari Hasil Pertanian

Jika tidak bisa menanam tanaman atau bercocok tanam, maka kamu bisa mencoba peluang usaha rumahan yang lainnya misalnya menjadi distributor dari hasil pertanian yang ada saat itu. Banyak hasil pertanian yang belum didistribusikan dengan baik sampai saat ini.

Maka kamu bisa menjadi distributor berbagai hasil pertanian yang dikirim dari desa ke kota. Mendistribusikan hasil tani ini bisa menjadi usaha sampingan yang hasilnya cukup besar.

Salah satu modal utama dalam menjadi distributor hasil tani ini adalah, memiliki jaringan/networking yang luas supaya komoditas tani tersebut bisa dikirim ke banyak wilayah di Indonesia.

Membuka Koperasi Simpan Pinjam

Masih ada lagi peluang usaha rumahan lainnya yang bisa kamu jalankan dari wilayah pedesaan, misalnya membuka koperasi simpan pinjam.

Tujuan utama dari dibukanya usaha ini adalah untuk membantu warga desa mencari mata pencaharian atau jenis usaha yang lebih baik. Misalnya dengan memberi pinjaman dana untuk warga desa yang ingin membuka usaha.

Membuka Warung Makan

Peluang bisnis skala rumahan berikutnya yang bisa dijalankan di wilayah pedesaan adalah membuka warung makan. Bisnis ini cocok dijalankan oleh kamu yang memang punya keahlian dalam memasak, atau tertarik di bidang kuliner.

Membuka warung makan atau menjual beragam jenis makanan khas dari wilayah desa tersebut bisa menjadi pilihan yang menarik.

Kamu bisa membuat makanan khas yang rasanya tak hanya enak, tapi juga membuat banyak orang yang datang ke desa penasaran dengan makanan khas di wilayah tersebut.

Berjualan Sayur

Tak hanya di wilayah kota saja, di pedesaan juga banyak orang yang membutuhkan sayur-sayuran. Nah, ini juga bisa menjadi peluang yang menarik untuk kamu yang ingin menjalankan usaha rumahan di desa.

Kamu bisa berdagang bermacam sayur-sayuran dan juga lauknya di pedesaan. Tentu akan ada banyak orang yang membeli karena sayur juga menjadi salah satu kebutuhan pokok warga desa.

Ternak Hewan

Tak hanya di bidang pertanian saja, tapi peluang usaha rumahan di desa juga bisa dilakukan dalam bidang peternakan. Kamu bisa membuat usaha ternak misalnya ternak bebek, kambing, ataupun ayam.

Manfaatkan halaman di rumah kamu menjadi lahan untuk mulai beternak. Apalagi jika ukuran lahannya cukup luas dan layak dijadikan tempat untuk beternak hewan. Jika usahanya sudah berkembang, maka kamu bisa menambah lahan untuk mengembangkannya.

Misalnya dengan mencari lahan baru yang lebih luas untuk mengembangbiakan ternak-ternak tersebut.

Warung Kopi

Tak hanya warung makan, warung kopi juga memiliki potensi yang cukup besar yang dijalankan di pedesaan. Kamu bisa membuka warung kopi di rumah saja, dan secara kecil-kecilan.

Nah, karena diawali dengan skala kecil maka modal yang dikeluarkan juga gak perlu besar. Menunya juga gak usah terlalu banyak dulu, misalnya awali dengan beraneka ragam kopi, gorengan, camilan, dan jajanan sebagai menu pelengkap saja.

Warung Internet

Teknologi di wilayah pedesaan memang cukup terbatas, sehingga hal ini juga bisa menjadi salah satu peluang bagi kamu yang ingin membuka bisnis di desa. Kamu bisa memasang Wifi internet di desa, kemudian menyewakan wifinya pada warga desa di sekitarnya.

Pastikan akses internet ke desa tersebut sudah tersedia ya, sehingga kamu bisa memasang wifi dengan jaringan internet yang lancar di sana.

Reparasi Perkakas Petani

Banyaknya orang yang berprofesi sebagai petani di pedesaan, dan sudah menggunakan perkakas serta alat yang canggih untuk bertani. Untuk itu, kamu bisa membuka reparasi perkakas petani yang akan memudahkan mereka dalam memperbaiki alat yang rusak.

Namun, pastikan kamu sudah punya keahlian khusus di bidang mesin dan peralatan tersebut, dalam memperbaiki alat atau perkakas yang rusak.

Membuka Warung Sembako

Minimarket di wilayah pedesaan tentu tidak akan sebanyak di kota. Maka kamu bisa juga membuka usaha warung sembako dan kebutuhan lainnya di desa, dengan produk yang lengkap.

Kamu bisa menambahkan fasilitas layanan pesan antar untuk warga desa di sekitarnya, sehingga mereka tak usah repot mengambil belanjaannya ke tempat Anda. Pilih salah satu peluang usaha rumahan di desa yang sudah dijelaskan di atas, yang menurut kamu cocok dijadikan salah satu bisnis/usaha yang dijalankan skala rumahan.

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment