8 Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

8 Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Selain usaha atau bisnis online, banyak juga peluang usaha rumahan yang bisa dicoba dan memiliki keuntungan yang menjanjikan. Kamu juga bisa membuka usaha rumahan, yaitu jenis usaha yang dijalankan dari rumah.

Pilih jenis usaha rumahan yang tidak memerlukan modal terlalu besar, supaya kamu bisa mengawalinya dengan modal yang seadanya. Tunggu sampai usahanya bisa berkembang lebih besar maka hasilnya pun akan lebih menguntungkan.

Daftar Peluang Usaha Rumahan yang Diawali dengan Modal Kecil

Daftar Peluang Usaha Rumahan yang Diawali dengan Modal Kecil

Bisnis yang dijalankan di zaman sekarang ini, tidak harus selalu membutuhkan modal dalam jumlah besar. Banyak jenis usaha yang dijalankan dari rumah saja, dengan mengeluarkan modal dalam jumlah yang tidak besar.

Apa saja jenis peluang usaha yang dijalankan di rumah tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:

Bisnis Camilan

Usaha kuliner memang tak pernah mati dan sifatnya tidak musiman. Banyak orang yang suka jajan alias ngemil. Nah, gak ada salahnya kamu coba usaha rumahan dengan membuat berbagai camilan yang menarik tapi rasanya juga enak.

Dalam bidang bisnis ini tentu kamu harus punya dasar membuat kue atau jenis camilan yang memang enak. Tak hanya soal rasa saja, tapi buatlah jenis camilan yang unik sehingga banyak orang yang ingin mencobanya.

Usaha rumahan ini bisa dijual dari rumah secara online, atau bisa juga sambil dititipkan di warung dekat rumah.

Usaha Ikan Hias

Ikan hias juga tengah menjadi sesuatu yang banyak peminatnya, tak hanya para pecinta ikan saja. Namun, banyak juga anak-anak yang menggemari ikan hias yang warna dan corak tubuhnya indah dan beragam.

Budidaya ikan hias bisa menjadi salah satu bisnis rumahan yang menguntungkan. Banyak juga ikan cupang yang dijual dengan harga jutaan rupiah.

Sebelum memulai usaha ini, ada baiknya kamu menentukan jenis ikan hias apa yang akan dijual misalnya ikan hias yang sedang banyak dicari saat ini. Kamu bisa berjualan dari rumah sambil memasarkannya di media sosial.

Menjadi Penulis Freelance

Peluang usaha rumahan lainnya yang termasuk kategori rumahan atau bisa dikerjakan di rumah adalah menjadi penulis freelance. Khususnya bagi kamu yang punya keahlian di bidang tulis menulis.

Selama memiliki PC/laptop dan jaringan internet, maka kamu bisa menjalankan usaha ini dari rumah saja. Ada banyak artikel yang dibutuhkan sebagai konten dari berbagai macam produk yang dijual secara online.

Itulah fungsi dari penulis freelance, yang akan membuat artikel dengan berbagai tema kemudian diunggah ke internet.

Menjadi Guru Les Privat

Misalnya kamu suka dengan anak-anak kecil dan memiliki kemampuan di bidang ilmu pengetahuan. Nah, boleh banget kamu membuka usaha menjadi guru les privat di rumah.

Pada masa pandemi ini, menjadi guru privat ini bisa dilakukan secara online misalnya melalui aplikasi Zoom sehingga kamu bisa melakukannya dari rumah. Hal ini tentu akan lebih praktis, karena banyak anak yang belajar online dari rumah dan sudah terbiasa dengan metode itu.

Usaha ini lebih cocok dijalankan di lokasi perumahan yang memang padat penduduknya, atau lokasi yang banyak terdapat anak sekolah.

Membuat Toko Online atau Online Shop

Online shop sedang menjadi salah satu bisnis yang sangat merajalela saat ini. Membuka toko online dari rumah lalu memasarkan produknya melalui media online, menjadi peluang bisnis yang sangat praktis saat ini.

Supaya lebih terlihat professional, maka kamu bisa membuka online shop di rumah saja dengan persiapan yang matang. Ide bisnis yang satu ini cukup menggiurkan, apalagi jika kamu bisa memilih jenis produk yang most wanted di zaman sekarang ini.

Bisnis Tanaman Hias

Tanaman hias juga sedang menjadi hobi baru bagi banyak orang. Banyak sekali orang yang mulai budidaya tanaman hias di rumah, sehingga bisnis tanaman hias pun mulai mengalami peningkatan yang pesat.

Tanaman hias telah menjadi salah satu gaya hidup baru di masa pandemi. Anda bisa memulainya dengan berbudidaya beragam tanaman hias seperti misalnya tanaman anggrek, mawar, lidah mertua, melati, kaktus, bonsai, monstera, dan masih banyak lagi.

Pilihlah jenis-jenis tanaman yang daya belinya stabil, bukan jenis tanaman yang sifatnya musiman saja supaya kamu tidak merugi saat jenis tanaman hias tersebut sudah tidak musim lagi di pasaran.

Menjadi Youtuber

Tak hanya orang dewasa, tapi anak-anak kecil juga banyak yang menjadi Youtuber dengan membuat kanal Youtube dengan konten yang menarik.

Tema konten yang memiliki banyak jumlah viewer saat ini misalnya tema parenting, makanan, wisata, gaya hidup, dan sebagainya. Kamu bisa tentukan dulu tema apa yang ingin diangkat, kemudian buatlah konten yang isinya mampu menarik perhatian viewer.

Ide usaha rumahan ini sangat bisa dijalankan oleh para ibu rumah tangga, misalnya membuat konten yang berkaitan dengan keseharian.

Menjahit Pakaian

Kalau kamu punya keterampilan atau keahlian menjahit baju atau jenis fashion yang lainnya, maka kamu bisa membuka jasa jahit pakaian dari rumah saja.

Peluang bisnis rumahan yang satu ini juga menguntungkan lho, karena banyak orang yang memerlukan jasa jahit pakaian yang mulai jarang di zaman sekarang ini. Kamu juga bisa mencoba berbagai produk fashion dengan menjahitnya sendiri lalu dipasarkan.

Misalnya membuat topi bayi, pita rambut, gaun untuk boneka, baju-baju bayi, kaus kaki, dan masih banyak lagi. Pasarkan hasil jahitan tersebut hingga banyak orang tertarik untuk membelinya.

Peluang usaha rumahan tersebut bisa disesuaikan dengan keahlian yang kamu punya saat ini. Kemudian buat riset dan persiapkan modal yang dibutuhkan di awal, agar lebih mudah dalam menjalankannya.

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment