8 Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan

8 Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan

Kebanyakan orang beranggapan kalau peluang usaha/bisnis yang menguntungkan itu hanya di wilayah di perkotaan saja. Padahal banyak banget lho jenis peluang usaha di desa yang juga menjanjikan dan menguntungkan.

Terbukti dengan banyaknya kisah-kisah inspiratif yang menarik, dari para pebisnis sukses yang mengawali usahanya di desa kemudian merambah ke berbagai wilayah. Jadi, gak usah underestimate lagi ya dengan peluang usaha yang ada di desa.

Jenis Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Jenis Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Untuk beberapa jenis usaha yang dianggap lebih menguntungkan di wilayah perkotaan itu gak salah juga, kok. Namun, sebenarnya banyak juga jenis usaha yang bisa kamu jalankan dan berhasil meraup keuntungan besar, walaupun dijalankan di wilayah pedesaan.

Beberapa jenis usaha di bawah ini akan menjadi ide bisnis terbaik yang bisa kamu jalankan di desa:

1. Usaha dalam Bidang Hidroponik

Wilayah perkotaan saat ini sudah semakin kekurangan lahan perkebunan. Itulah sebabnya banyak orang kota yang memanfaatkan sistem hidroponik untuk bercocok tanam, di wilayah perkotaan yang minim lahan.

Nah, kamu juga bisa memanfaatkan hal ini dengan mencoba usaha hidroponik di pedesaan. Sistem atau cara tanam ini mulai banyak diminati, karena hasil dari tanamannya pun lebih higienis. Sistem hidroponik juga lebih mudah dan praktis dilakukan, dan biayanya murah.

Sebelum mengembangkan bisnis hidroponik ini, bekali diri kamu dengan pengetahuan yang luas mengenai hidroponik agar hasilnya maksimal.

2. Pom Bensin Mini atau Portable

Biasanya di wilayah pedesaan pom bensin agak jarang ditemukan. Kecuali kalau kita sudah masuk ke jalan-jalan besar. Maka kamu bisa memanfaatkan hal itu, dengan membuka usaha pom bensin mini atau portable.

Tapi sebelumnya pastikan dahulu ya, apakah kebutuhan BBM di wilayah tersebut memang cukup tinggi. Artinya banyak masyarakat yang sudah menggunakan kendaraan, tetapi belum ada pom bensin yang jaraknya dekat dengan tempat tinggal mereka.

Perkembangan pertamini di wilayah pedesaan saat ini sedang maju, karena memudahkan orang-orang di desa untuk mendapat kebutuhan BBM di tempat yang jaraknya dekat.

3. Ternak Ayam Kampung

Kebanyakan orang desa biasanya memiliki usaha peternakan. Kamu juga bisa lho mencoba usaha ternak ini, misalnya dengan membuka usaha ternak ayam kampung. Peluang usaha di desa yang satu ini juga sangat menjanjikan.

Kebutuhan ayam kampung terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, tapi sayangnya peternak ayam kampung saat ini tidak banyak sehingga kebutuhannya belum terpenuhi.

Maka jika kamu mencoba usaha ternak ayam kampung di desa, bisa menjadi usaha yang menjanjikan dan menguntungkan.

4. Usaha Kuliner

Bidang usaha makanan/minuman saat ini sedang mengalami peningkatan yang cukup besar, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, jenis usaha kuliner memang tak ada habisnya.

Apalagi di bidang usaha kuliner ini target utamanya sangat luas, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Maka baik dijalankan di desa ataupun di kota, usaha ini akan sangat menguntungkan.

Bisa dengan cara membuka warung, membuat sistem pre order yaitu pesan kemudian kirim, memasarkan secara langsung, atau bisa juga secara online.

5. Pulsa HP dan Token Listrik

Peluang usaha di desa berikutnya yang bisa menjadi ide terbaik saat ini usaha pulsa. Pemakaian HP saat ini tak hanya digunakan oleh orang-orang kota saja, tapi banyak juga orang di desa yang sudah menggunakan HP.

Untuk itu, kamu bisa mencoba membuka usaha tersebut baik pulsa maupun token listrik. Modal awal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha ini tidak besar, mulai dari Rp 50.000 kamu sudah bisa memulai bisnis tersebut.

Semakin berkembangnya usaha ini kamu bisa menambah jumlah deposit pulsa tersebut. Tambahkan juga pulsa untuk token listrik yang juga sudah mulai banyak dibutuhkan banyak rumah di pedesaan.

6. Usaha Kerajinan Tangan

Sektor kerajinan tangan di Indonesia sebenarnya sangat bagus dan berkembang, tetapi sayangnya tak banyak orang yang tertarik memulai usaha di bidang ini. Padahal bidang kerajinan tangan juga menjanjikan dan menguntungkan loh.

Bahkan jika jenis kerajinan tangan yang kamu buat sangat menarik, target pasarnya bisa diperluas hingga ke taraf internasional. Apalagi jika didasari dengan keterampilan khusus dalam jenis kerajinan tangan tertentu.

Jenis kerajinan tangan yang bisa kamu pilih misalnya tas yang dibuat dari bahan daun kering, kerajinan yang dibuat dari bahan barang bekas, hiasan rumah tangga, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Pangkas Rambut atau Salon

Bidang usaha lainnya yang bisa kamu pilih saat ini di desa adalah membuka pangkas rambut atau salon. Biasanya pangkas rambut hanya melayani potong rambut saja sedangkan salon lebih meluas ke perawatan rambut yang lainnya.

Biasanya banyak orang desa yang memerlukan jasa perawatan atau potong rambut, tetapi harus ke kota atau ke wilayah yang lebih luas dari pedesaan tersebut. Maka cobalah untuk membuka bisnis pangkas rambut di sana, sampai mendapat pelanggan tetap.

8. Toko Sembako

Jenis usaha yang masih digemari dan dibutuhkan banyak orang baik di desa maupun di kota saat ini adalah toko sembako. Sembako akan selalu menjadi jenis kebutuhan banyak orang setiap saat.

Untuk itu, ide dalam membuka usaha sembako di desa juga bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Apalagi jika lokasi toko sembako yang kamu jalankan ini strategis, dengan persediaan banyak kebutuhan sembako yang dibutuhkan warga di desa. Coba klik peluang bisnis, untuk mendapatkan saran terbaik dalam usaha.

Pastikan kamu sudah memilih jenis peluang usaha di desa yang bisa memberi keuntungan lebih dan juga bisa berkembang lebih baik. Awali dengan perencanaan yang matang misalnya menetapkan target pasar yang tepat.

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment