8 Peluang Bisnis Online Tanpa Mengeluarkan Modal

8 Peluang Bisnis Online Tanpa Mengeluarkan Modal

Berbicara soal peluang bisnis online tentu banyak, mulai dari bisnis olshop, rumahan, ataupun bisnis online lainnya tentn ada yang harus dipersiapkan. Meskipun bisnis yang kamu pilih adalah bisnis online tanpa modal (uang) sepeserpun, tetap saja ada hal-hal yang harus dipersiapkan.

Ide untuk membuka bisnis online ini akan menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin punya penghasilan lebih atau tambahan. Apalagi di masa pandemi sekarang, yang membuat banyak orang memilih untuk bekerja di rumah saja dengan membuka usaha/bisnis secara online.

Ide dari Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

Peluang usaha yang dilakukan secara online saat ini dianggap menjadi bisnis yang sangat menjanjikan, karena dalam memulai usaha ini tidak serepot membuka usaha offline. Nah, makanya banyak orang yang tertarik membuka bisnis online apalagi yang tanpa modal.

Berikut ini beberapa ide yang bisa kamu pilih dalam bidang bisnis online tanpa harus mengeluarkan modal:

1. Menjadi Seorang Dropshipper

Menjadi dropshipper juga termasuk ke dalam jenis peluang dalam bisnis secara online. Namun, dropshipper berbeda dengan reseller, karena dengan menjadi dropshipper maka kamu bisa berjualan tanpa harus menyediakan stok barang sehingga bisa dimulai dengan nol rupiah.

Kamu hanya perlu mempromosikan dagangan atau suatu produk, misalnya di sosial media atau pada orang terdekat. Kemudian ketika ada pembeli maka urusan pengiriman barang akan dilakukan oleh penjual atau supplier yang kamu pilih.

Selain itu, nanti barang akan dikirim dengan menggunakan nama kamu sesbagai penjual. Walaupun barang dikirim oleh supplier.

2. Membuka Jastip atau Jasa Titip

Nah, peluang usaha online berikutnya gak kalah menarik, nih. Usaha jastip juga lagi tren saat ini, karena banyak orang yang ingin membeli suatu produk tetapi sulit menjangkau atau membelinya secara langsung.

Maka kamu bisa memulai usaha jasa titip ini, dengan membeli sejumlah produk yang dititipkan oleh si pembeli. Biasanya jastip ini berlaku untuk produk yang dijual di luar negeri, tapi jenis produknya bisa apa saja tidak terbatas hanya di satu tempat saja.

3. Sosial Media Influencer

Figur yang ada di sebuah akun sosial media, yang akan memengaruhi para pengguna sosial media melalui postingan yang dibuat di sana, supaya mereka membeli produk yang dipromosikan di sosial media disebut dengan sosial media influencer.

Kamu juga bisa kok memilih jenis bisnis online yang satu ini, tapi dengan catatan jumlah follower kamu di sosial media jumlahnya sudah banyak. Setidaknya, kamu harus punya follower sebanyak 3.000 terlebih dulu.

Para sosial media influencer ini akan memperoleh penghasilan dari produk-produk yang diendorse. Apalagi kalau di setiap postingan kamu, ada banyak like, share atau comment, pasti itu akan menjadi nilai lebih.

4. Vlogger

Masih ada lagi nih pilihan bisnis online yang juga sedang menjadi tren saat ini, yaitu menjadi seorang vlogger. Bahkan, penghasilan seorang vlogger saat ini bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Rata-rata kebanyakan vlogger yang sudah sukses saat ini, mendapat gaji sebanyak 2 digit angka setiap bulannya. Ditambah lagi jika ada produk endorse yang juga bisa dipromosikan di Youtube Channel vlogger tersebut.

Kamu bisa coba menjadi Vlogger dan buat konten yang menarik, mendidik, dan tidak mengandung hal yang negatif.

5. Jasa Pembuat Situs

Internet sudah menjadi sesuatu yang terus berkembang, gak heran kalau banyak orang yang mencoba peruntungan dengan berbisnis melalui internet. Semakin banyaknya orang yang berbisnis di internet, maka jumlah permintaan pembuatan situs pun otomatis bertambah.

Kalau kamu punya kemampuan dalam membuat website atau situs online, maka kamu bisa membuka jasa dalam membuat situs tersebut. Bisnis online ini bisa dilakukan tanpa modal lho, asalkan kamu punya keahlian yang mumpuni.

Semakin banyak fitur yang bisa kamu tawarkan pada konsumen, maka harga dalam membuat situs tersebut pun akan semakin tinggi.

6. Konsultan

Jenis bisnis apa lagi ya yang bisa dijadikan peluang bisnis online? Nggak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang konsultan. Bidangnya bisa apa saja ya, sesuaikan dengan keahlian yang kamu punya.

Misalnya kamu punya latar belakang pendidikan sebagai arsitek maka kamu bisa membuka usaha jasa konsultan, yang berhubungan dengan desain interior suatu bangunan tertentu.

Bisa juga kamu ahli di bidang SEO, maka kamu bisa menjadi pakar SEO yang membagikan ilmu kamu ke perusahaan-perusahaan yang ingin meningkatkan brand produk mereka secara online.

7. Desain Grafis

Sama halnya dengan menjadi pembuat situs, ketika kamu punya keahlian di bidang desain grafis, maka kamu bisa membuka jasa desain grafis secara online. Saat ini banyak banget loh bisnis-bisnis yang memerlukan logo-logo desain.

Nah, kamu bisa menawarkan jasa kamu di bidang desain grafis tersebut. Tak hanya pembuatan logo produk/perusahaan saja, tapi kamu juga bisa membuat desain brand, brosur, dan sebagainya.

Jumlah fee akan bergantung pada tingkat kesulitan dari jenis desain yang diminta oleh konsumen.

8. Penulis Lepas

Banyaknya jenis-jenis bisnis yang beralih pada dunia digital, membuat para pebisnis online tersebut juga membutuhkan tulisan yang dapat mempromosikan bisnis tersebut. Itulah sebabnya kini banyak sekali bisnis online dengan membuka jasa penulis lepas.

Selain itu, banyak juga perusahaan kecil dengan biaya operasional terbatas yang memerlukan promosi melalui tulisan. Maka mereka akan menggunakan jasa penulis lepas tersebut. Hal ini juga bisa dilakukan apabila kamu punya keahlian di bidang tulis menulis.

Masih banyak lagi ya peluang bisnis online lainnya yang bisa kamu coba, tetapi pastikan dahulu keahlian apa yang kamu punya dalam memulai bisnis online tersebut. Kamu bisa klik peluang bisnis ini untuk mendapatkan rekomendasi lainnya.

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment