10 Ide Pekerjaan Sampingan Online Paling Direkomendasikan

Pekerjaan sampingan online – Kamu seorang pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau bahkan seorang karyawan, namun ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Mencari pekerjaan sampingan online bisa jadi alternatif dan solusi terbaik. Pasalnya, kerja online sangat fleksibel karena bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Mengambil double tidak akan terasa menyeramkan, lagi jika profesi part time yang kamu geluti dikerjakan secara online. Sebab tidak akan mengganggu aktivitas utama kamu, baik belajar, bekerja, atau mengurus keluarga. Kuncinya adalah kamu bisa mengatur waktu dengan sebaik mungkin.

Daftar Ide Pekerjaan Sampingan Online

Ide Pekerjaan Sampingan Online
Ide Pekerjaan Sampingan Online

1.     Dropshipper

Kamu ingin memiliki usaha sendiri tapi terkendala modal, sedangkan gaji hanya cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari? Kamu bisa memulai bisnis dropshipper guna mewujudkan impian tersebut. Selain tidak perlu modal, waktu pengerjaannya juga sangat santai.

Sebagai dropshipper, kamu hanya perlu mempromosikan produk dari supplier. Jadi, tidak ikut campur tangan kegiatan operasional, seperti packing dan mengirim barang. Tidak heran kalau bisnis mudah namun menguntungkan ini begitu diminati oleh banyak pihak.

2.     Social Media Influencer

Kamu bisa memanfaatkan sosial media dan platform entertainment, seperti YouTube untuk memulai karir sebagai influencer. Bagikan kreativitas dan keahlian kamu dan bangun komunitas untuk mengumpulkan loyal followers dan lihat apa yang akan bisa didapatkan.

Menjadi seorang influencer sukses memang tidak mudah. Sebab, membutuhkan konsistensi dan belajar menciptakan karya-karya menarik. Namun, setelah sukses, maka profesi ini bisa menjadi ladang uang bagi kamu, seperti monetisasi dan endorse dari pihak-pihak tertentu.

3.     Copywriter

Tugas copywriter adalah menulis konten kreatif (copywriting) untuk keperluan digital marketing, dengan tujuan memperkenalkan, mempromosikan, atau menginformasikan sesuatu sesuai permintaan klien. Karenanya, kamu harus punya keterampilan digital milenial.

Profesi sebagai copywriter memang begitu digandrungi milenial, khususnya yang tertarik dengan dunia digital marketing. Apalagi, sebenarnya pekerjaan ini cukup mengasyikkan, sebab kamu berkesempatan belajar pemasaran digital secara mendalam dan terperinci.

4.     Search Engine Evaluator

Pekerjaan sebagai pengevaluasi mesin pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing, dsb memang belum begitu familiar di telinga masyarakat awam. Apalagi, lowongan kerja ini umumnya dibuka perusahaan luar negeri yang mengaplikasikan sistem work remotely (jarak jauh).

Sebagai search engine evaluator, kamu bukan hanya dituntut menguasai bahasa Inggris, namun juga mampu mengerjakan job desk utama, yaitu melakukan evaluasi terhadap web di hasil mesin pencari. Tujuannya adalah supaya search engine menampilkan hasil relevan.

5.     Kontributor Media Online

Kamu suka menulis dan kebetulan sedang cari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan secara online? Mengirimkan artikel ke media online bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Akan tetapi, sebelum itu kamu harus menentukan di situs mana ingin menjadi kontributor.

Setelah itu, buatlah konten artikel sesuai ketentuan yang tertera di web (Umumnya akan dijelaskan mengenai tema tulisan, jumlah kata, dsb). Selanjutnya, kamu bisa mengirimkan konten yang dibuat ke email tertulis, dan tunggu konfirmasi dari pihak media online.

6.     Back End Developer

Kamu seorang programmer yang menguasai bahasa pemrograman PHP, SQL, Python, dan Node.js, dan sedang mencari pekerjaan sampingan yang sesuai passion? Salah satu bidang pekerjaan eksklusif ini bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

Tugas utama seorang back end developer adalah mengelola database, membuat kode program aplikasi, mengatasi masalah server, mengembangkan kode program, melakukan riset dan evaluasi, dsb. Namun, pekerjaan kompleks ini tentu sesuai dengan gajinya.

7.     Blogger

Sayang sekali jika memiliki hobi menulis tapi tidak dimanfaatkan. Kamu bisa membuat blog personal dan menaikkan traffic dengan teknik SEO agar hobi menulis bisa mendatangkan uang. Dengan kata lain, kamu harus bisa menghadirkan sebuah blog yang berkualitas.

Darimana blogger mendapatkan uang? Sederhana saja, kamu bisa dapat uang dari iklan, affiliate marketing, dan kerja sama dengan brand tertentu untuk mempromosikan produk maupun jasa. Semakin bagus blog kamu, semakin banyak cuan yang bisa didapatkan.

8.     Photo & Video Editor

Apabila kamu memiliki kemampuan mengoperasikan berbagai perangkat lunak editor, maka bisa mempertimbangkan bekerja sebagai editor foto maupun video. Kamu bisa mempromosikan skill yang dimiliki secara online agar lebih mudah mencari klien potensial.

Di era serba online ini, tentu setiap orang ingin menampilkan foto dan video artistik di feed sosial media mereka. Oleh karena itu, bisa dimanfaatkan sebagai bisnis untuk menghasilkan uang tambahan. Mengenai harga, maka dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan editan.

9.     Transkrip Dokumen

Untuk kamu yang ahli mengetik cepat, memiliki fokus tinggi dan pendengaran bagus, maka bisa mempertimbangkan bekerja sebagai transcriber online. Meskipun pekerjaan ini membutuhkan tingkat fokus tinggi, namun tempat dan jam kerjanya sangat fleksibel.

Untuk jumlah penghasilan transcriber, maka tergantung pada seberapa banyak transkrip dokumen yang berhasil kamu selesaikan. Semakin banyak file audio yang kamu ubah ke format teks, semakin tinggi pula salary yang akan didapatkan oleh transcriber.

10.  Penerjemah

Gunakan keahlian bahasa asing untuk melamar profesi sebagai penerjemah. Di zaman modern ini, pekerjaan sebagai translator online sangat diminati. Selain sistem kerjanya praktis. beban kerja dalam melakukan job desk juga masih dalam kategori medium.

Dengan begitu, kamu tetap dapat mengelola waktu sebaik mungkin. Selain fleksibel, jadi penerjemah online juga memungkinkan kamu mendapatkan pemasukan cukup besar dalam waktu singkat. Bagaimana, apakah tertarik untuk bekerja jadi penerjemah?

Mengambil pekerjaan sampingan online memungkinkan kamu mendapatkan cuan tambahan tanpa harus menelantarkan aktivitas utama. Pasalnya, sistem kerja remote terkenal memiliki tingkat fleksibilitas tinggi. Kamu bisa mengerjakannya kapan saja, selama tidak melewati batas deadline.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment