10 Referensi Pekerjaan Online untuk Pelajar SMP, SMA, SMK

10 Referensi Pekerjaan Online untuk Pelajar SMP, SMA, SMK

Berstatus sebagai siswa sekolah menengah pertama, namun ingin mendapatkan uang tambahan? Di era digital ini, ada berbagai jenis pekerjaan online untuk pelajar SMP, SMA, maupun SMK yang bisa dijadikan pilihan. Jadi, meskipun masih duduk di bangku sekolah, namun tidak menghalangi kamu untuk bekerja.

Pekerjaan sistem online memang dinilai jauh lebih mudah dan praktis. Sebab pekerja tidak wajib hadir di tempat kerja, karena segala sesuatu dilakukan secara online. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pelajar, karena pekerjaan tidak akan mengganggu aktivitas belajar di sekolah.

Daftar Pekerjaan Online untuk Pelajar SMP, SMA, dan SMK

Pekerjaan Online untuk Pelajar SMP, SMA, dan SMK

1.     Berjualan Pulsa dan Token Listrik

Meskipun terlihat sepele, namun bisnis jual pulsa dan token listrik bisa dijadikan alternatif solusi pilihan untuk menambah uang jajan. Apalagi, kamu tidak perlu terikat dengan waktu kerja, sehingga bisnis bisa dijalankan seusai pulang sekolah dan pada hari libur saja.

Seperti diketahui, bahwa pulsa dan listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Oleh sebab itu, kamu tidak akan menemukan kesulitan dalam mencari pangsa pasar. Kamu tinggal promosikan kepada teman-teman sekolah saja, dijamin pelanggan akan berdatangan.

2.     Dropship

Siapa yang tidak mengenal dunia online shopping di zaman modern ini? Tidak sedikit remaja yang bahkan sudah memiliki akun ecommerce dan melakukan transaksi belanja online. Kalau kamu termasuk salah satunya, maka bisa sekalian menjalankan bisnis dropship.

Usaha dropship sangat recommended untuk dijalankan pelajar, sebab sistem pengerjaannya mudah dan fleksibel. Apalagi, kamu tidak perlu sibuk berurusan dengan produk fisik. Tinggal mempromosikan produk tertentu dan tentukan sendiri keuntungan yang diinginkan.

3.     Menjual Akun Game

Sebagai pelajar kamu tentu sudah sangat familiar dengan game online, bukan? Bahkan, bisa dikatakan kalau dunia game didominasi oleh anak-anak dan remaja, mulai dari siswa SD, SMP, dan SMA. Tapi, tahukah kamu kalau game bisa mendatangkan uang?

Kalau kamu memiliki passion main berbagai jenis game, maka bisa memulai bisnis menjual akun game yang sedang populer dengan harga tinggi. Namun, harga tentu harus sesuai dengan kualitas akun, seperti jangka waktu permainan, level, dan lain sebagainya.

4.     Penulis Lepas

Pekerjaan sebagai penulis artikel lepas memang semakin dilirik oleh pelajar di era digital ini. Bagi kamu yang memiliki keterampilan menulis, maka bisa melamar pekerjaan sebagai penulis artikel freelance. Apalagi, rate bayaran untuk penulis juga lumayan untuk pelajar.

Selain menawarkan sistem kerja yang fleksibel, baik waktu maupun tempat. Kamu bisa membuat target pendapatan sesuai keinginan dan kemampuan. Sebab semakin berkualitas tulisan kamu dan semakin banyak artikel yang ditulis, maka semakin besar pula bayarannya.

5.     Input Data

Profesi ini adalah yang paling mudah dilakukan dan bisa dikerjakan oleh siapa saja, termasuk pelajar SMP, SMA, dan SMK. Selain pekerjaannya tidak begitu berat, salary yang bisa didapatkan juga lumayan. Tentu tergantung berapa banyak data yang berhasil kamu input.

Di bawah ini adalah beberapa referensi web freelance online untuk mencari loker data entry:

  • Sribulancer.com
  • Freelancer.co.id
  • Sribu.com
  • Project.co.id
  • Upwork.com
  • Freelancer.com

6.     YouTuber

Tidak dapat dipungkiri, bahwa kanal YouTube yang sukses bisa membuat seseorang menjadi crazy rich dalam sekejap mata. Bagi para pelajar, daripada membuang waktu dan kuota untuk menonton YouTube. Lebih baik mulai membangun kanal YouTube sendiri.

Kamu bisa memilih konsep atau tema konten sesuai minat. Misalnya, kamu suka makan dan hunting kuliner, maka bisa mengangkat hobi tersebut sebagai konten dengan membuat video mukbang atau icip-icip makanan. Namun, tentu saja harus sabar dalam menjalankannya.

7.     Selebgram/TikToker

Suka berpose di depan kamera dan membuat konten kreatif? Tidak ada salahnya terjun ke dunia entertainment sosial media, seperti Instagram dan TikTok. Kamu bisa mulai mempublikasikan konten atraktif dan bermuatan positif ke akun sosial media yang dimiliki.

Cara kerja di berbagai platform sosial media umumnya sama, kamu hanya perlu membangun komunitas dengan memperbanyak followers. Semakin banyak pengikut kamu, semakin besar potensi untuk mendapatkan tawaran endorse dan kerja sama dengan pihak-pihak tertentu.

8.     Mengisi Kuesioner

Pelajar bisa mendapatkan pendapatan pasif melalui pengisian kuisioner online. Selain tingkat pengerjaannya relatif mudah dan praktis, karena bisa dilakukan dengan modal ponsel saja, kamu juga bisa memulainya tanpa harus mempersiapkan modal atau skill tertentu.

Tugas kamu nantinya adalah menjawab berbagai materi pertanyaan interview (umumnya dikelola organisasi yang sedang investigasi). Sebagian besar jawabannya biasanya dalam bentuk pilihan. Untuk setiap pengisian kuesioner, maka kamu akan mendapat reward (gift).

9.     Blogger

Di era modern ini, 99% orang memanfaatkan internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Bagi siswa yang suka menulis, maka hobi tersebut bisa dijadikan jalan untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya adalah dengan memulai karir sebagai blogger.

Namun, untuk menaikkan traffic pengunjung, sebaiknya tentukan tema blog dan konten seperti apa yang hendak di publish, misalnya menulis review produk kosmetik tertentu. Setelah itu, langganan Google Adsense untuk menampilkan iklan di blog agar dapat cuan.

10.  Affiliate Marketing

Para pelajar sekolah menengah pertama maupun atas yang sedang cari pekerjaan untuk mendapatkan pemasukan tambahan, maka bisa menjalankan affiliate marketing. Sistem kerjanya bisa dikatakan sangat sederhana, sehingga dijamin tidak akan membuat bingung.

Tugas utama seorang affiliate marketer adalah menjual produk orang lain. Untuk setiap transaksi penjualan yang diselesaikan pelanggan, maka kamu akan mendapatkan komisi. Jadi, kamu tinggal mempromosikan suatu produk saja melalui sosial media atau blog pribadi.

Beberapa bidang bisnis dan pekerjaan online untuk pelajar SMP, SMA, dan SMK di atas bisa dijadikan referensi oleh para siswa yang ingin mendapatkan uang saku tambahan. Selain fleksibel, beberapa jenis pekerjaan juga dapat dilakukan dengan modal ponsel saja, jadi cukup praktis.

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment