10 Pekerjaan Online untuk Mahasiswa dengan Gaji Menggiurkan

10 Pekerjaan Online untuk Mahasiswa dengan Gaji Menggiurkan

Di era modern sekarang, status sebagai mahasiswa bukan lagi halangan untuk bekerja dan mendapatkan pemasukan tambahan. Pasalnya, ada banyak sekali pilihan pekerjaan online untuk mahasiswa yang bisa dijadikan pertimbangan. Jadi, bisa bekerja tanpa mengganggu proses belajar.

Bekerja online merupakan smart solution untuk mahasiswa milenial yang ingin menghasilkan cuan tanpa harus mengganggu kegiatan belajar. Kamu bisa bekerja secara fleksibel, kapan dan dimana saja dengan modal laptop dan internet. Dengan catatan, pekerjaan selesai sesuai deadline.

Daftar Pekerjaan Online untuk Mahasiswa

Pekerjaan Online untuk Mahasiswa

1.     Desain Grafis

Pekerjaan ini sangat direkomendasikan untuk mahasiswa jurusan desain grafis atau yang memiliki minat di bidang tersebut. Selain bisa menyalurkan hobi dan mengasah skill desain, tentu kamu akan mendapatkan reward berupa gaji setelah menyelesaikan tugas dari klien.

Keahlian di bidang desain grafis memang sangat dibutuhkan di era digital ini. Pasalnya, tampilan visual mempunyai peran penting dalam mengembangkan bisnis. Pekerjaan desain grafis umumnya berkaitan dengan, kampanye produk, membuat ilustrasi, brosur, logo, dsb.

2.     Social Media Officer

Kamu suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk surfing di berbagai platform sosial media? Daripada hanya buang-buang waktu dan kuota, ada baiknya dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan sebagai social media officer online. Jadi, bisa sekalian dapat uang tambahan.

Untuk menjadi seorang social media officer, kamu hanya perlu betah bermain sosial media dan memiliki keahlian promosi. Jadi, kamu juga harus kreatif dalam mengelola sosmed. Pekerjaan ini tentu cocok sekali untuk mahasiswa yang sedang cari pekerjaan freelance.

3.     Editor

Hobi di bidang tulis menulis dan membaca? Pekerjaan sebagai editor online mungkin cocok untuk kamu. Selain jam kerjanya fleksibel, kamu juga dapat mengerjakannya di mana saja, yang penting sesuai deadline dari klien. Jadi, saat bersantai bisa digunakan untuk kerja.

Profesi editor online bukan hanya diburu oleh perusahaan penerbitan dan media saja, namun juga perusahaan di bidang digital marketing. Tugas dari editor adalah memeriksa dan mengoreksi naskah terkait penggunaan bahasa, kesalahan penulisan, EYD, dsb.

4.     Data Entry

Pekerjaan sebagai data entry cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Umumnya, tugas kamu hanya input atau memasukkan data ke database melalui form online yang telah disediakan. Jadi, meskipun tidak berpengalaman, kamu tidak akan kesulitan mengerjakannya.

Hanya saja, karena pekerjaan ini memang tidak membutuhkan skill khusus dan waktu lama. Gaji yang akan diterima juga tidak besar. Namun, lumayan untuk menambah uang saku.

5.     Tutor Online

Kamu menguasai satu atau beberapa mata pelajaran? Kenapa tidak memulai karir di bidang mengajar sejak dini? Untuk mahasiswa semester tiga ke atas, kamu bisa menjadi tutor online untuk mendukung siswa memahami dan meningkatkan kemampuan akademik mereka.

Sebagai tutor, kamu bertanggung jawab merencanakan aktivitas dan menemukan strategi yang tepat untuk membantu siswa mempelajari materi di kelas, kemudian melakukan evaluasi. Tujuannya adalah memastikan kalau secara akademik siswa mengalami kemajuan.

6.     Translator

Kalau kebetulan kamu adalah mahasiswa jurusan sastra bahasa asing, pekerjaan sebagai translator atau penerjemah sangat direkomendasikan untuk kamu. Di samping bisa mengasah skill berbahasa asing, kamu juga akan mendapatkan gaji yang nilainya lumayan.

Kamu bisa mencari informasi lowongan kerja sebagai penerjemah di berbagai platform online. Namun, alangkah lebih baik kalau kamu telah membuat portofolio sejak dini. Caranya adalah mengerjakan personal project, seperti menerjemahkan karya tulis berbahasa asing.

7.     Menjual Foto

Hobi fotografi faktanya bisa dijadikan ladang uang, asalkan tahu caranya. Namun, pastikan kalau hasil gambar bidikan kamu memiliki nilai artistik, unik, dan terlihat profesional. Dengan begitu, maka akan lebih mudah mendapatkan klien yang mau beli dengan harga tinggi.

Setelah melakukan seleksi mengenai foto yang ingin ditawarkan. Kamu bisa upload foto-foto tersebut ke berbagai situs fotografi untuk mencari klien, seperti Alamy.com, StockFresh.com, Veer.com, dsb. Selanjutnya, tunggu pembeli yang ingin menawar foto hasil karya kamu.

8.     Penulis Lepas

Sebagai mahasiswa, tentu kamu sudah familiar dengan dunia tulis-menulis, bukan? Kalau kebetulan kamu juga menikmati kegiatan menulis, kenapa tidak mendaftar menjadi penulis lepas untuk mengasah kemampuan sekaligus menghasilkan uang tambahan yang lumayan?

Gaji yang akan diterima content writer menyesuaikan dengan berapa jumlah artikel dan kata yang berhasil diselesaikan. Jadi, secara umum kamu bebas menentukan penghasilan. Karena konsepnya, semakin banyak bekerja, maka semakin banyak gaji yang didapatkan.

9.     Digital Marketer

Jika kamu memiliki fashion di bidang digital marketing, maka profesi sebagai digital marketer sangat cocok untuk kamu. Seorang digital marketer dituntut menguasai berbagai strategi pemasaran di platform digital, dan bertanggung jawab dalam brand awareness produk.

Tentu pekerjaan ini membutuhkan skill khusus, terutama dalam membuat strategi sales funneling. Apalagi, job desk yang harus dikerjakan cukup kompleks dan kamu perlu familiar dengan web marketing, social media marketing, display advertiser, SEO, dsb.

10.  Transcriber

Ingin mendapat pemasukan tambahan tapi belum yakin mengenai skill yang dimiliki? Kamu bisa mendaftar sebagai transcriber di berbagai situs lowongan kerja online. Tugas seorang transcriber cukup simple, yakni mengubah file audio (suara) ke dalam bentuk teks.

Hanya saja, pekerjaan ini membutuhkan tingkat kesabaran dan ketelitian tinggi. Sebab tidak menutup kemungkinan kalau terdapat error pada file, seperti suara tidak jelas atau terlalu cepat. Tidak jarang kamu harus mendengarkan file yang sama berulang kali.

Beberapa bidang pekerjaan online untuk mahasiswa di atas bukan hanya memungkinkan kamu mendapatkan pemasukan tambahan, namun juga bisa dijadikan ajang mengasah skill dan membangun portofolio. Dengan begitu, akan lebih mudah mendapat pekerjaan bagus di masa depan.

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment