10 Pekerjaan Freelance Online Paling Populer 2021

Pekerjaan freelance online memang semakin diminati di era digital, khususnya di kalangan kaum milenial. Selain menawarkan sistem kerja yang fleksibel baik waktu maupun tempat, gaji yang ditawarkan juga sangat kompetitif dan variatif, tergantung pada kemampuan serta bidang pekerjaan.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa digitalisasi memang menuntut perusahaan-perusahaan untuk bisa beradaptasi menjalankan bisnis dengan sistem digital. Hal tersebut pula yang mendorong semakin banyaknya lowongan kerja remote (jarak jauh), atau yang mungkin lebih dikenal dengan kerja online.

Daftar Pekerjaan Freelance Online

Kerja Freelance Online

1.     Content Writer (Penulis Artikel)

Kamu hobi menulis artikel dengan beragam tema? Keahlian tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan. Apalagi, bekerja sebagai content writer freelance juga sangat fleksibel. Kamu bisa bekerja kapan dan dari mana saja tanpa terikat ruang serta waktu.

Lowongan kerja penulis artikel lepas bisa ditemukan dengan mudah di berbagai situs atau platform online, maupun grup sosial media. Untuk memulai pekerjaan ini, kamu hanya membutuhkan modal laptop dan kuota internet saja. Gajinya juga terbilang lumayan.

2.     Content Creator

Di era digital sekarang, content creator memang sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi dan perusahaan. Salary yang bisa didapatkan juga cukup besar, tergantung pada skill dan jam kerja kamu. Wajar apabila banyak kalangan milenial menggandrungi pekerjaan ini.

Apa tugas seorang content creator? Job desk yang harus dikerjakan adalah membuat konten berkualitas sesuai konsep branding klien. Jadi, kamu mengerjakan semua kerangka, mulai mencari ide, riset konsep berkaitan dengan promosi produk, mengumpulkan data, dsb.

3.     Voice Over

Pekerjaan online satu ini memang membutuhkan skill khusus. Sebab, kamu harus memiliki kemampuan merubah suara sesuai dengan kriteria yang diinginkan klien. Voice over biasanya digunakan untuk mengisi suara audiobook, video game, iklan, e-learning, dll.

Apabila kamu memiliki kemampuan merubah suara dan aksen, maka bisa mulai membangun portofolio online, baik melalui situs, aplikasi, maupun media sosial supaya semakin banyak orang mengetahui keahlian kamu. Dengan begitu, tawaran job semakin lancar mengalir.

4.     Web Designer

Memiliki kemampuan programming dan desain grafis memang sangat dibutuhkan di zaman modern ini. Pasalnya, tidak akan sulit bagi kamu untuk mencari pekerjaan secara online. Ada banyak sekali perusahaan membutuhkan web designer freelance untuk direkrut.

Apa saja keahlian yang harus dimiliki web designer? Kamu harus menguasai JavaScript, HTML, CS, dan berbagai software desain, misalnya Corel Draw, Photoshop, dsb. Pasalnya, pekerjaan kamu adalah membuat tampilan web yang indah, memiliki ciri khas, dan unik.

5.     Data Scientist

Selain membutuhkan tingkat ketelitian tinggi, pekerjaan ini juga menuntut kamu untuk ahli di bidang matematika dan statistik. Pasalnya, tugas seorang data scientist adalah membuat algoritma guna menemukan data paling relevan, kemudian dianalisis dan dijadikan laporan.

Dengan kata lain, kamu bertanggung jawab mengumpulkan, mengolah, serta menganalisis data agar menghasilkan suatu informasi berguna bagi perusahaan. Meskipun pekerjaan ini terdengar berat dan membosankan, namun gaji yang akan didapatkan juga sangat sepadan.

6.     Specialist SEO

Profesi sebagai ahli SEO (Search Engine Optimization) juga tidak kalah populer di era digital ini. Tugas yang harus dikerjakan umumnya berkutat pada mengoptimalkan mesin pencarian guna menghasilkan pemasaran yang lebih baik, mulai riset keyword hingga memantau traffic.

Tidak sedikit perusahaan rela membayar mahal untuk mempekerjaan specialist SEO. Sebab, peran SEO dalam keberhasilan mempromosikan suatu produk cukup besar. Menariknya lagi, pekerjaan ini dapat dilakukan secara remote, sehingga cocok bagi yang ingin kerja online.

7.     Konsultan Bisnis

Profesi sebagai konsultan bisnis memang tidak bisa dianggap remeh. Selain memungkinkan kamu menghasilkan cuan dalam jumlah besar, pekerjaan ini juga dapat dikerjakan secara online. Tidak heran kalau banyak world traveler yang melakoni pekerjaan satu ini.

Hanya saja, untuk menjadi konsultan bisnis tentu membutuhkan skill handal. Terutama dalam melakukan research guna mengumpulkan dan juga menganalisis data dari suatu masalah bisnis. Jadi, tidak sembarangan orang yang dapat melakukan pekerjaan tersebut.

8.     Spesialis Pemasaran

Tugas dari seorang spesialis pemasaran (marketing) adalah melakukan riset mengenai cara menjangkau lebih banyak pelanggan dengan metode menilai data pasar. Jadi, secara umum bertugas membantu klien mengembangkan teknik penawaran produk paling relevan.

Tentu saja, untuk melamar pekerjaan online satu ini kamu bukan hanya membutuhkan skill marketing, namun juga memiliki pengalaman di bidangnya. Pasalnya, akan sulit mendapatkan klien apabila belum punya portofolio mengenai riwayat pekerjaan serupa.

9.     Asisten Virtual

Di tengah perkembangan teknologi dan informasi saat ini, profesi sebagai asisten virtual memang semakin populer. Tugas seorang asisten virtual adalah menawarkan layanan administrasi dari jarak jauh kepada klien. Jadi, sama dengan asisten pada umumnya.

Kamu harus mengatur berbagai hal, seperti membuat jadwal janji pertemuan, mengatur perjalanan, menerima panggilan telepon, mengelola email dan pesan online, dsb. Meskipun pekerjaan asisten virtual sangat sibuk, akan tetapi gaji yang didapatkan juga sepadan..

10.  Spesialis Media Sosial

Selain mempublikasikan konten di berbagai platform sosial media, seperti Instagram dan Facebook. Seorang spesialis media sosial juga harus bisa menemukan ide cemerlang seputar konsep yang akan diangkat untuk mengoptimalkan promosi dalam bentuk konten.

Jadi, tugas kamu bukan sekedar mengelola dan update di media sosial. Namun, juga bertanggung jawab dalam menentukan pangsa pasar agar konten lebih tepat sasaran.

Di era digital seperti sekarang, cari pekerjaan sebenarnya bukanlah suatu hal sulit. Pasalnya, ada banyak sekali jenis pekerjaaan freelance online yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Jadi, kamu bisa bekerja secara fleksibel tanpa harus terikat dengan masalah ruang dan waktu.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment