Permainan Outbound, Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Manfaat Outbound

Permainan Outbound – Outbound ialah sebuah kata yang kerap disampaikan untuk memvisualisasikan sebuah kegiatan di luar ruang. Kata ini makin terkenal bersamaan dengan ramainya penerapan kegiatan outbound oleh bermacam perusahaan. Tetapi, apa Anda betul-betul pahami apakah itu Outbound?

Berikut Pengertian, permainan, tujuan dan manfaat Outbound yang penting Anda ketahui.

Pengertian Outbound

Secara teoritis, bisa disebutkan jika outbound ialah satu wujud dari evaluasi semua pengetahuan aplikasi yang divisulasikan dan dilaksanakan di alam terbuka ataupun tertutup dengan wujud permainan yang efisien, yang menyatukan di antara intelegensia, fisik dan psikis.

Arti Outbound

Bedasarkan uraian diatas, Outbound artinya adalah sebuah pendidikan yang dikemas dalam permainan bersama baik outdoor ataupun indoor yang bertujuan untuk melatih fisik dan psikis sekaligus menjadi media pengakraban antar anggota sehingga membentuk kerjasama yang baik.

Baca Juga :

Sejarah Singkat Outbound

Permainan outbound berawal dari Dr. Kurt Hant yang terlahir di Jerman pada 5 Juni 1886 ialah seorang intelektual yang menemukan dan mengenalkan berbagai pengetahuan dan aplikasi pengajaran yang inovatif yang dinamakan outbound. Sekarang ini, semua kegiatan outbound sudah disesuaikan dengan maksud dan tujuan yang ingin dicapai.

Jenis – Jenis Outbound

Outbound bisa digolongkan berdasar banyak hal.

1. Berdasar Pemain

Dapat kita saksikan bahwa dari beberapa pemain outbound terdapat beberapa orang yang ikut serta dalam kegiatan Outbound, Oleh karena itu Outbound dapat dibagi jadi 2 kategori.

a. Outbound Anak (Kids)

Outbound Anak atau Outbound Kids adalah salah satu kegiatan outbound yang dilaksanakan atau dilakuakn oleh beberapa anak yang berusia antara 5 tahun sampai usia 15 tahun. Umumnya outbound anak ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kepencayaan diri anak, dan meningkatkan keberanian serta daya kretifitas anak.

b. Outbound Dewasa (Adult)

Outbound dewasa atau Outbound Adult adalah salah satu kegiatan outbound yang dilaksanakan atau dilakuakn oleh sekumpulan orang dengan usia lebih dewasa atau 17 tahun keatas. Outbound dewasa mempunyai bermacam-macam permainan, tidak hanya bertujuan untuk membentuk kerjasama kelompok tap juga memicu jantung atau andrenalin, contohnya adalah arum jeram, high rope dan permain-permainan lain-lain yang bersifat kelompok.

Baca Juga : Permainan Outboud : Permainan Indoor Untuk Karyawan

2. Berdasar Jenis Permainan

Ada begitu banyak permainan outbound diluar sana, namun jika kita liat secara seksma dari beberapa jenis permainan atau games yang dilaksanakan memiliki suatu tujuan khusus, yaitu:

a. Outbound Soft Skill

Outbound soft Skill merupakan kegiatan outbound yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan individual dan interpersonal, umumnya berbentuk potensi (talenta) ataupun ketrampilan. Permainan outbound soft skill ini direncanakan sedimikian rupa hingga tidak butuhkan kekuatan fisik yang berlebihan dalam melakukanya.

b. Outbound Hard Skill

Outbound hard skill merupakan kegiatan outbound yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan teknis atau kepenguasaan terhadap suatu keahlian seseorang, sehingga permainan outbound lebih mudah untuk dilaksanakan ataupun diaplikasikan. Umumnya jenis outbound ini dipusatkan untuk menambah keterampilan seseorang sehingga dibutuhkan kecepatan dan keakuratan.

Beberapa permainan outbound hard skill yang terkenal saat ini adalah :

  1. Outbound Pelatihan
  2. Arum jeram (rafting)
  3. Paint Ball (war game)
  4. High Rope aktivity seperti Flaying Fox
  5. Fun Outing
  6. Family Gathering
  7. Camping

Baca Juga : Permainan Outbound untuk membentuk Kerjasama Kelompok

Tujuan Outbound

Masing-masing dari Kita mungki mempunyai sebuah tujuan saat ingin melakukan kegiatan outbound, sehingga sering kali mencari info tentang permainan outbound, agar permainan outbound yang dilakukan sesuai dengan tujuan.

Dan Berikut tujuan-tujuan yang biasanya ingin diraih ketika melakukan kegiatan outbound.

1. Team building

Team building ialah wujud dari peningkatan hubungan kerja sama kelompok, kompak, kolaborasi dan kesolidaritas sebuah team.

2. Team work

Tim work ialah satu wujud kerja sama team untuk capai sebuah tujuan bersama.

3. Komunikasi.

Komunikasi ialah satu proses dan tata cara untuk sampaikan suatu info yang tepat dari satu orang ke orang lain dalam sebuah tim atau kelompok.

4. Leadhersip

Leadership ialah kemampuan dalam memengaruhi seorang atau barisan untuk capai tujuan yang diinginkan.

5. Fokus atau Konsentrasi

Fokus atau Konsentrasi ialah proses meningkatkan kemampuan konsentrasi dan ingatan pikiran seorang pada suatu hal.

6. Kreasi

Kreasi atau kreativitas ialah satu proses meningkatkan daya cipta atau gagasan baru seseorang untuk lebih dikembangkan lagi.

7. Strategi Planing

Strategi Planing atau taktik perencanaan ialah meningkatkan kemambuan perencanaan atau strategi dari sisi management untuk capai target atau tujuan yang ingin dicapai.

8. Riset atau Analisis

Riset atau analisis ialah kekuatan untuk meneliti dan/atau menyelidik suatu hal sehingga mudah untuk dimengerti dan dipecahkan.

9. Convidence

Convidence ialah penikatan rasa optimis pada kekuatan atau kemampuan yang dimiliki.

Baca Juga : Permainan Outbound Kelompok Dalam Ruangan

Manfaat Outbound

Setelah Anda ketahui apa itu outbound, beberapa jenis outbound dan tujuan dari Outbound. Anda juga harus mengetahui apa manfaat dari permainan outbound, berikut manfaat dari outbound:

  1. Menjadi tali Silahturohmi antar anggota kelompok.
  2. Menghilangkan lelah atau penat dari kegiatan sehari-hari.
  3. Memperoleh pengetahuan baru dari materi yang disisipkan di dalam permainan outbound.
  4. Lebih mengenali lingkungan.
  5. Membuat lebih optimis.
  6. Memberikan kemampuan analisa, untuk menganalisis kekuatan dan kemampuan seorang untuk kepentingan management.

Setelah Anda ketahui betapa bermanfaatnya permainan Outbound untuk pengembangan diri dan kelompok, ada kemungkinan Anda langsung untuk mengadakan kegiatan Outbound di perusahaan, organisasi atau kelompok yang Anda pimpin.

Baca Juga :

Tapi sebaiknya Anda gunakan jasa tenaga ahli dibidang outbound seperti event organizer agar permainan outbound yang dimainkan menjadi lebih tepat sasaran dan team anda dapat memperoleh hasil yang diinginkan.

Leave a Comment

Baca Al Qur'an Online