Kenali Beberapa Merek Prosesor HP Android

Bukan hanya pada perangkat komputer, HP pun memiliki prosesornya sendiri. Umumnya merek prosesor HP juga menjadi pertimbangan banyak orang ketika ingin membeli HP. Sebab, prosesor layaknya otak yang memungkinkan HP untuk bekerja dengan keinginan penggunaannya.

Semakin baik performa sebuah prosesor, maka sudah pasti HP yang menggunakannya juga memiliki kinerja yang unggul. Inilah mengapa banyak vendor yang menonjolkan prosesor pada smartphone-nya untuk menggaet konsumen.

Prosesor sendiri tersedia dalam banyak merek dan jenis. Namun begitu, setiap prosesor bisa dikatakan unik karena memiliki kelebihannya masing-masing.

Merek Prosesor HP

Image Attachment

Beberapa daftar di bawah ini adalah contoh dari merek prosesor HP. Di antara merek-merek ini ada yang masih digunakan hingga saat ini, namun ada juga yang sudah tidak diproduksi lagi. Berikut adalah informasi selengkapnya

1. Qualcomm Snapdragon

Merek prosesor yang satu ini mungkin sudah tidak asing kamu dengar. Biasanya prosesor ini digunakan untuk HP Android kelas atas. Contoh merek HP prosesor Snapdragon di antaranya adalah Xiaomi, Asus, Lenovo, Oppo, Samsung, dan Vivo.

Tidak berlebihan rasanya, jika Qualcomm Snapdragon disebut sebagai merek prosesor HP terbaik. Ini telah dibuktikan dari dominasinya dalam beberapa tahun belakangan. Bahkan, eksistensinya sudah sangat populer saat OS Android baru saja muncul.

Hal ini cukup wajar, mengingat Qualcomm Snapdragon selalu selangkah lebih maju dalam hal teknologi dari para kompetitornya. Snapdragon dikenal sebagai pelopor konektifitas paling cepat, 4G LTE dan resolusi layar paling tinggi, Quad HD.

2. Mediatek

Berbeda halnya dengan Snapdragon, Mediatek cenderung memiliki pasar untuk HP kelas menengah ke bawah. Prosesor ini dianggap belum mampu menyaingi performa dari Qualcomm Snapdragon.

Meskipun begitu, seiring perkembangannya mediatek telah menjadi salah satu merek prosesor HP terbaik karena memiliki kinerja yang mendekati Qualcomm Snapdragon. Terbukti, prosesor ini sudah dipakai oleh beberapa merek HP ternama seperti Samsung Galaxy, Xiaomi, Sony Experia, dan lain sebagainya.

Mediatek umumnya memiliki harga yang cukup murah dibandingkan dengan merek prosesor lain. Sehingga, kamu bisa membeli HP dengan prosesor ini apabila menginginkan harga yang murah, namun kualitas tinggi.

3. Intel

Intel bukanlah hal yang baru dalam dunia prosesor. Seperti yang kita ketahui, prosesor Intel sangat berjaya untuk perangkat komputer. Selain itu, Intel ternyata juga hadir dalam pasar persaingan prosesor HP.

Merek prosesor HP Intel dulunya dikenal sangat bertenaga karena memiliki teknologi thread yang dapat membuat Dual-Core serasa seperti Quad-Core. Performa dari Lenovo K900 dan Asus Zenfone adalah bukti dari keunggulan prosesor tersebut.

Meskipun begitu, sayangnya saat ini Intel sudah jarang ditemukan. Bahkan mungkin saja prosesor ini tidak lagi digunakan. Belum diketahui apa penyebab kemunduran Intel dari prosesor HP.

4. Exynos

Selain Qualcomm Snapdragon, Exynos juga merupakan salah satu prosesor yang terkenal karena performanya yang bagus. Prosesor ini diproduksi oleh perusahaan ponsel besar, yaitu Samsung.

Exynos memiliki kelebihan untuk game 3D dan multitasking. Hal ini dikarenakan Exynos dilengkapi CPU ARM Cortex A9 Dual-Core dengan kecepatan 1.2GHz sampai 1.5GHz dan GPU ARM Mali-400 MP4.

Bukan hanya itu, merek prosesor HP ini juga memiliki ketahanan konsumsi daya baterai dan grafik yang tinggi. Sehingga, secara performa prosesor ini tidak kalah jauh jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon.

Kamu bisa menjumpai prosesor ini di merek HP terkenal dari Samsung seperti Samsung Galaxy S7, dan Samsung Galaxy Note 7. Meskipun begitu, saat ini Exynos tidak hanya untuk Samsung, melainkan Meizu pun menggunakannya pada perangkat unggulan mereka.

5. Nvidia Tegra

Tidak jauh berbeda dengan Intel, Nvidia juga merupakan perusahaan di ranah komputer yang mencoba peruntungan di prosesor HP. Adapun merek prosesornya dikenal dengan nama Nvidia Tegra.

Merek prosesor HP Nvidia Tegra adalah prosesor yang pertama kali menjadi pelopor Quad-Core, di mana saat itu brand prosesor lain masih mengandalkan Dual-Core. Prosesor ini sangat cocok untuk kamu yang suka bermain game HD dan memutar video resolusi 4K.

Untuk saat ini, Nvidia Tegra memang sudah tidak lagi diproduksi. Tetapi, soal kualitas prosesor ini tidak perlu diragukan karena dulunya memiliki segmen pasar kelas atas. Beberapa merek HP yang pernah menggunakannya antara lain LG, Xiaomi, Acer, dan juga Asus.

6. Kirin

Jika sebelumnya Exynos adalah buatan vendor smartphone, maka begitu pun dengan Kirin. Prosesor ini dibuat oleh produsen smartphone ternama di China, yaitu Huawei.

Tidak hanya sama-sama diproduksi oleh vendor smartphone, Kirin layaknya Exynos juga memiliki performa yang dapat bersaing dengan Qualcomm Snapdragon. Sebabnya, pabrikan Huawei juga sudah mengimplementasikan AI (Artificial Intelligent) pada prosesor yang mereka buat.

Meskipun begitu, prosesor Kirin ini sangat jarang terlihat. Sehingga, kemungkinan merek prosesor HP ini hanya diperuntukkan untuk HP Huawei dan turunannya saja, yaitu Honor.

7. OMAP

Merek prosesor berikutnya adalah OMAP (Open Media Application Platform). Prosesor ini mungkin jarang terdengar namanya. Akan tetapi, dulunya prosesor ini cukup terkenal berkat dukungan GPU Power VR yang menjadikannya sangat bertenaga.

Prosesor buatan Texas Instrument ini didesain agar memiliki kinerja yang cepat dan responsif. Selain itu, OMAP juga memiliki kelebihan karena dapat menghasilkan video berkualitas Full-HD dari kamera depan maupun belakangnya. Sehingga sangat cocok untuk pengguna yang gemar mengambil video.

Merek prosesor HP ini memang sudah tidak banyak diketahui keberadaannya. Terakhir kali diketahui pengembangan yang dirilisnya ke publik adalah 2013 lalu. Meskipun begitu, prosesor ini dulunya dipercayai sebagai otak dari merek HP kelas atas seperti Samsung Galaxy Nexus, Motorola Droid, LG Optimus, Huawei Ascend, Amazon Kindle.

Baca Juga

Rekomendasi Prosesor HP Terbaik, Berikut Daftarnya
Rekomendasi Prosesor HP Terbaik, Berikut Daftarnya
Apa Saja Prosesor Terbaik Android Saat ini? Berikut Urutannya!
Apa Saja Prosesor Terbaik Android Saat ini? Berikut Urutannya!
Apa Saja Tingkatan Prosesor Hp? Yuk Kenali Lebih Jauh!
Apa Saja Tingkatan Prosesor Hp? Yuk Kenali Lebih Jauh!
Pengertian, Perbedaan, Serta Fungsi RAM dan ROM Pada HP dan Laptop
Pengertian, Perbedaan, Serta Fungsi RAM dan ROM Pada HP dan Laptop
10 Tips Foto Produk Dengan Kamera HP Agar Hasilnya Bagus
10 Tips Foto Produk Dengan Kamera HP Agar Hasilnya Bagus
Ini Dia Rekomendasi HP RAM 6GB Harga Cuma 2 Jutaan
Ini Dia Rekomendasi HP RAM 6GB Harga Cuma 2 Jutaan