6 Menu Buka Puasa Irit

Menu Buka Puasa Irit – Di bulan puasa, kita hanya makan 2 kali yaitu saat buka dan sahur. Logikanya, pengeluaran lebih irit. Namun faktanya, kita lebih boros, bukan? Tidak masalah jika kita tinggal bersama orang tua. Lalu, apa jadinya kalau kita ngekos dan merantau jauh dari rumah. Alhasil, makanan yang serba instan bin murah yang jadi sasaran seperti mie instan.

Ya ampun…, nggak segitunya juga kan? Udah nahan makan pas puasa…, terus buka/sahur pake mie instan.

Nggak perlu pusing – pusing atau minjam uang sana – sini. Disini kita infokan referensi menu buka puasa irit tapi nggak nyiksa kantong ya guys…:)

1. TEH MANIS PANAS DAN GORENGAN

menu buka puasa irit

Teh manis dan gorengan, duo makanan ini memang kombinasi yang pas. Jika dihari biasa, makanan ini disantap saat sarapan. Ternyata cocok pula dimakan saat berbuka puasa.

Kenapa kita kategorikan irit?

Makanan ini mudah didapat dengan harga terjangkau. Apalagi saat menjelang waktu berbuka. Untuk anak kos yang memiliki dapur, makanan ini juga cukup mudah dibuat.

2. ES KELAPA DAN AYAM KENTUCKY

menu buka puasa irit

Ayam kentucky bisa kamu beli di abang2. Kenapa saya pilih ayam kentucky? Karena dari semua olahan ayam, ayam kentucky inilah yang paling murah dan bisa membantu kita untuk lebih irit. Kamu bisa makan ayam ini dengan nasi putih dan saus sambal.

Jika kamu ingin menu buka puasa lebih irit, kamu bisa masak nasi sendiri. Sedangkan saus sambal bisa kamu dapatkan dari abang penjual ayam. Lalu, makanan tersebut bisa kamu kombinasikan dengan es kelapa. Karena es kelapa bisa jadi pilihan minuman yang lebih mengenyangkan dibanding dengan es jeruk atau es teh manis.

3. ES JERUK DAN NASI GORENG

menu buka puasa irit

Nasi goreng adalah makanan yang terjangkau dan mudah didapat pula. Disamping itu, nasi goreng sangat lengkap. Karena didalamnya sudah ada sayur, dan lauk yaitu telur. Di nasi goreng komplit akan ditambahkan dengan potongan ayam dan sosis.

Selain itu, makanan ini juga mudah dibuat. Cocok kan buat yang lagi tipis kantongnya dan ingin menu buka puasa yang irit. Sepiring nasi goreng dengan kerupuk dan segelas es jeruk, sudah cukup kenyang kan.

4. ES BUAH DAN ROTI

menu buka puasa irit

Seharian penuh berpuasa membuat kamu merasa haus dan ingin mengonsumsi minuman dingin serta menyegarkan. Salah satu menu andalan yang banyak dijual di pinggir jalan untuk menghilangkan dahaga adalah es buah.

Terdapat berbagai macam variasi isian es yang dijual, mulai dari buah-buahan berwarna cerah, ditambah dengan kolang kaling, rumput laut, hingga cincau. Buat anak kosan, kamu bisa patungan dengan teman-teman kost untuk membuat es buah. Dijamin pasti lebih irit…hahaha

Selain menyegarkan, es buah juga mengenyangkan. Kamu tidak perlu makan nasi lagi. Cukup makan sepotong roti atau roti tawar dengan selai coklat untuk berbuka puasa.

5. KOLAK DAN BUAH KURMA

menu buka puasa irit

Kolak merupakan makanan yang terbuat dari olahan santan serta tambahan makanan lain seperti pisang menjadi sajian wajib ketika berbuka. Para pedagang makanan di pinggir jalan selalu diserbu para penikmat minuman bersantan ini. Cobalah untuk membuat kolak pisang di kost menggunakan bahan-bahan instan. Saat ini sudah tersedia santan instan berbentuk bubuk atau cair, sehingga kamu tidak perlu mengalami kesulitan jika harus menghaluskan kelapa.

Selain itu, membeli pisang beberapa biji di warung akan menghemat pengeluranmu. Jadi, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli santan dan pisang saja. Namun kamu juga bisa menambahkan kolang-kaling dan daun pandan agar aroma kolak pisang menjadi lebih khas.

Kurma juga bisa menjadi pilihan untuk berbuka. Pasalnya, buka puasa dengan kurma merupakan sunnah nabi muhammad SAW. Kurma memiliki 50-70 persen kandungan glukosa sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan gula ini bisa cepat diserap oleh tubuh dan membuat tubuh akan menjadi bugar kembali. Jadi, ambil manfaat kurma bagi kesehatan ini untuk memulihkan energi Anda yang menurun selama berpuasa.

6. ES TEH DAN NASI SAYUR

menu buka puasa irit

Nasi putih bisa kita masak sendiri di rice cooker. Sayuran bisa dibeli di warung. Untuk kalian yang ngekos, kalian bisa pilih sayuran – sayuran yang simpel dan mudah diolah seperti tumis kangkung, sayur bening, sayur asem dll. Untuk lauknya bisa dikombinasikan dengan tempe goreng, tongkol/cuek, gorengan atau telur.

Di bulan puasa, ada banyak sekali pedagang yang menjual minuman beraneka macam olahan dan rasa. Namun, es teh adalah minuman yang simpel, mudah didapat, cocok untuk semua orang dan yang paling pasti adalah murah. Kalian juga bisa buat sendiri di kosan.

Diatas adalah tips memilih menu buka puasa yang irit. Semuanya bisa didapatkan 2-3 jam sebelum berbuka. Jangan terlalu mepet dengan waktu berbuka agar tidak kehabisan. Namun, ada bebrapa hal yang perlu diperhatikan

  • Jangan kalap saat belanja menu berbuka. 2-3 jam sebelum berbuka adalah saat – saat paling lapar. Dan ketika orang lapar, pasti menginginkan semua makanan yang dilihat. Tahan dirimu dan beli saja yang kamu perlukan
  • Makan dan Minuman Manis. Pada saat berbuka, awali buka puasa Anda dengan makanan atau minuman hangat dan manis seperti kolak, teh, ataupun minuman manis lainnya.
  • Makan Secukupnya dan Kunyahlah dengan Pelan. Makan berlebihan dan terburu-buru dapat menyebabkan perut menjadi sakit karena kaget. Sebaiknya makannya sedikit saja dan secara bertahap saat berbuka agar perut tidak sakit.

Loading...
Close Menu