6 Daftar Menu Buka Puasa Berkuah Yang Bisa Kamu Pilih

Menu Buka Puasa Berkuah – Bulan puasa adalah salah satu bulan yang pasti dilewati oleh mayoritas umat muslim di Indonesia. Sebagian orang memanfatkan momen tersebut untuk berwisata kuliner ketika menjelang berbuka puasa. Kalau anak jaman now, biasa menyebutnya dengan istilah ngabuburit.

Menu yang paling banyak dicari biasanya yang manis dan seger2. Selanjutnya, makanan yang pedas. Menu Buka Puasa Berkuah juga jadi pilihan. Kamu bisa beli makanan tersebut di abang2 atau buat sendiri dirumah. Nah, kali ini kita akan bahas beberapa menu buka puasa berkuah.

1. Soto lamongan

6 Menu Buka Puasa Berkuah
cookpad.com

Soto merupakan salah satu makanan berkuah favorit. Ini terbukti dengan banyaknya pedagang yang menjual makanan tersebut. Hampir di tiap kota atau wilayah di Indonesia menjual makanan ini. Dan tentunya dengan ciri khasnya masing – masing. Ragam soto di Indonesia seperti soto lamongan, soto kudus, soto banjar, soto betawi, soto seger solo, soto medan, soto madura, coto makassar, soto mie bogor dll.

Namun, soto lamonganlah yang paling mudah ditemukan di bulan puasa. Soto lamongan yang memiliki cita rasa gurih dan lezat pada kuah bening dengan rasa ayam kampung yang khas. Ciri khas dari soto ini adalah adanya tambahan serbuk kerupuk udang dalam kuahnya atau yang biasa disebut koya. Isian dari soto ini tidak hanya suwiran daging ayam. Isian lainnya yaitu irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun, kentang goreng kering tipis dan irisan telur ayam dalam satu mangkuk. Dan koya ditaburkan setelah semua komplit.

Menggiurkan…,bukan! Yuk berangkat ngabuburit atau stay di artikel ini. Karena kamu bisa temukan resep soto lamongan disini

2. Rawon Jawa Timur

6 Menu Buka Puasa Berkuah
detik.com

Rawon adalah makanan berkuah lainnya yang nggak kalah enak dari soto. Makanan ini akan mudah kalian temukan di surabaya. Makanan ini sangat familiar di masyarakat jawa timur dan jawa tengah. Selain itu, bumbu- bumbu yang digunakan berasal dari rempah yang hanya ada di Indonesia.

Kuah rawon berwarna coklat hampir kehitaman. Tapi jangan salah…, cokelatnya kuah rawon bukan dari kecap lho. Melainkan dari bumbu rempah khusus yaitu biji keluak. Dan bahan inilah yang menjadi ciri khas dari rawon.

Rawon tergolong sedikit sulit membuatnya. Karena penggunaan biji keluak sebagai bumbu bukanlah hal yang mudah. Biji keluak beracun bila dikonsumsi mentah, karena mengandung asam sianida konsentrasi tinggi. Kandungan tersebut menyebabkan pusing (mabuk dan muntah). Jadi harus diolah dengan benar. Tapi jangan khawatir, keluak aman jika sudah direbus dan direndam.

Penasaran…!! mau cobain rasanya atau bikin sendiri? Kamu bisa temukan resepnya disini.

3. Gulai Kepala Kakap

6 Menu Buka Puasa Berkuah
beritagar.id

Gulai kepala kakap…siapa yang tidak pernah makanan ini? Makanan menjadi salah satu primadona di padang selain rendang. Buat kalian yang tidak menyukai makanan amis, jangan khawatir. Karena jika ikan kakap diolah dengan benar, bau amis akan hilang.

Kuahnya yang lezat nan gurih dan ditambah lagi sambal lado mudo yang membuat semuanya menjadi paduan yang mantap dan nikmat. Makanan ini tergolong makanan yang relatif mahal. Namun, kalian bisa temukan makanan ini di warung makan padang atau restoran mewah.

Jika ditempat mu tidak ada yang jual, kalian bisa intip resepnya disini

4. Bakso

6 Menu Buka Puasa Berkuah

Kalau bakso pasti sudah familiar semuanya. Baik di kalangan muda-tua, laki2-perempuan, anak2-dewasa. Desa-kota dan bahkan mancanegara. Penjual pun juga sudah banyak, bahkan mungkian di tiap komplek sudah ada…:)

Daging giling yang dibentuk bulat ini seakan tidak ada punahnya. Justru semakin menjamur. Banyaknya peminat menyebabkan jumlah pedagangpun ikut meningkat. Hal ini pula membuat mereka semakin berinovasi ke berbagai jenis bakso. Diantaranya bakso urat, bakso keju, bakso telur, bakso rusuk, bakso mercon, atau yang populer sekarang adalah bakso beranak.

Penyajiannya pun bermacam – macam. Namun, campuran yang sering dipakai adalah mie keriting/ bihun, daun seledri, bawang goreng, kecap, sambal dan kerupuk pangsit. Pas buka puasa, pasti tidak sulit untuk mencari makanan ini.

5. Sop Buntut

6 Menu Buka Puasa Berkuah
panduanwisata.id

Dari namanya sudah dipastikan bahwa sop buntut ini berasal dari ekor (buntut) sapi. Sop buntut juga tergolong makanan mahal. Jadi hanya bisa ditemukan di restoran mewah atau di warung makan daerah perkotaan.

Kalau menurut beberapa artikel, sop buntut terdiri dari berbagai macam versi, muali dari cina hingga korea. Namun, yang pasti kita akan referensikan sop buntut versi Indonesia dong pastnya. Sop buntut Indonesia disajikan dengan irisan tomat, kentang, kacang hijau, jagung,b awang putih, dan rempah-rempah yang tentunya setiap daerah punya ciri khas tersendiri.

Ayo mulai searching lokasi penjual sop buntut atau stay disini buat intip resepnya.

6. Sayur Asem Jakarta

6 Menu Buka Puasa Berkuah
imgarchive.online

Sayur asem sendiri ada banyak macamnya. Dan tiap daerah pasti memiliki ciri khas. Namun, yang pasti semua orang pasti kenal makanan yang merakyat ini. Sayur dengan isian kacang panjang, nangka muda, jagung manis, labu dan asam jawa. Bahkan ada pula yang menambahkan terasi hingga tetelan di dalamnya. Selain itu, ada juga tambahan kacang tanah utuh yang rasanya yang menyegarkan. Makanan ini cukup diminati karena akan menjadi menu yang sangat menggoda ketika dipadukan dengan makanan lainnya yaitu temnpe/tahu goreng, ikan asin, dan sambal terasi.

Menu buka puasa berkuah ini biasanya dijual di warung – warung makan ketika pagi hari. Dan tak jarang pula beberapa restoran yang menyediakan makanan ini. Jadi kalau mau buka dengan sayur asem jakarta, mending masak sendiri aja. Simpel, gampang dan nggak pake ribet. Langsung klik aja disini.

Loading...
Close Menu