Pengertian, Penyebab dan Mengatasi VGA Artefak

Pernahkah kamu ketika menggunakan komputer tiba-tiba menunjukkan tanda-tanda aneh seperti munculnya garis-garis pada tampilan visual ke layar monitor, hal ini bisa jadi karena kondisi VGA (Video Graphics Adapter) Komputer mengalami Artefak. Maka dari itu temukan langkah-langkah dalam mengatasi VGA Artefak.

VGA yang mengalami masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh kondisi VGA yang mengalami kerusakan yang parah. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara ampuh mengatasi VGA artefak alangkah baiknya kita mengetahui apa itu VGA card.

VGA merupakan perangkat keras yang mempunyai fungsi menerjemahkan tampilan ke layar monitor. VGA disini dapat disebut dengan kartu VGA (VGA Card).  Dapat dikatakan bahwa kartu VGA ini merupakan hal yang wajib dalam kebutuhan rangkaian suatu komputer agar dapat berfungsi dan bermanfaat secara keseluruhan.

VGA berfungsi untuk membantu para penggunanya untuk bermain game atau pengguna yang menggunakannya dalam kebutuhan desain grafis. Jika sampai mengalami masalah VGA artefak pasti akan membuat penggunanya kecewa dan menjadi tidak bisa melakukan hal yang dapat dilakukan dengan VGA tersebut.

Maka dari itu jika mengalami masalah pada kartu VGA kita, kita harus mengetahui bagaimana cara mengatasi VGA artefak dan mengetahui penyebab terjadinya VGA artefak agar kita dapat mengambil langkah yang tepat dalam mengatasi VGA artefak pada komputer kita.

Penyebab VGA Artefak

Image Attachment

Adapun penyebab-penyebab terjadi VGA Artefak adalah karena masalah software maupun hardware, beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Driver VGA yang tidak cocok atau ada bug (Software)
  • Terdapat masalah dalam sistem operasi (Software)
  • Adanya kerusakan pada VGA (Hardware)

Cara Mengatasi VGA Artefak

Untuk mengatasi masalah VGA karena alasan driver tidak cocok atau adanya bug, kamu harus uninstall driver VGA yang sudah diinstall sebelumnya kemudian kita dapat download kembali dengan versi yang terbaru dari situs resminya pastikan kita mendownload sesuai dengan tipe dan merk VGA yang kita miliki.

Selain itu kita juga dapat menggunakan software pencari driver otomatis jika kamu ingin melakukan cara yang lebih mudah. Software driver otomatis akan mencari secara otomatis dari tipe dan merk driver yang terpasang di komputer, kemudian juga otomatis menginstallnya sekaligus.

Mengatasi masalah VGA artefak dengan penyebab sistem operasi juga cukup mudah, kamu tinggal install ulang sistem operasi pada computer dan menginstalkan kembali driver dari VGA dengan benar. Dan jangan lupa menggunakan driver yang paling terbaru agar terhindar dari bug-bug sering kali terjadi.

Jika kedua cara ini tetap tidak bisa dilakukan atau belum bisa mengatasi masalah VGA artefak. Maka bisa jadi VGA kita mengalami masalah pada hardwarenya dan dibawah ini merupakan cara mengatasi masalah VGA artefak yang disebabkan masalah hardwarenya.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengatasi Kartu VGA Artefak Pada Hardwarenya

Dalam mengatasi vga artefak kita dapat melakukan troubleshooting pada langkah yang paling kecil dulu, karena bisa jadi masalah artefak pada VGA ini tidak disebabkan oleh komponen yang benar-benar rusak melainkan karena masalah yang lain seperti debu yang menumpuk sehingga menyebabkan overheat atau masalah lain.

Sebelum melangkah untuk mengatasi vga artefak ada hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Lepas semua baut pada kartu VGA dan bersihkan kotoran atau korosi di setiap komponen yang ada pada papan VGA.
  • Sebelum memasang kartu VGA ke motherboard perhatikan bahwa setiap komponen sudah bersih dan benar-benar kering agar tidak terjadi masalah lain.
  • Tidak setiap permasalahan kartu VGA artefak dapat diatasi karena disisi lain faktor keberuntungan juga memiliki peran penting dalam cara ini.

Cara ini dapat dilakukan pada kartu VGA yang sudah mengalami kerusakan yang parah atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Langkah-langkah Mengatasi VGA Artefak

  • Sebelum memulai memperbaiki VGA ada hal yang pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan semua komponen dari debu-debu dan kotoran lain. Dalam membersihkannya dapat menggunakan kuas pembersih dan jangan lupa untuk melepaskan fan dari heat sinknya agar semua bagian dapat benar-benar dibersihkan.
  • Buka papan VGA pada setiap bagiannya lalu rendam dalam ember yang berisi air dan deterjen pembersih. Pastikan semua bagian terendam dan tunggu selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah 15 menit bersihkan seluruh bagian papan VGA dengan cara menggosok pada permukaan vga yang kotor hingga bersih.
  • Jika sudah dipastikan bersih langkah selanjutnya bilas papan VGA yang sudah dibersihkan tadi dengan air bersih dan pastikan semua bagian ikut dibilas.
  • Selain papan VGA, fan VGA juga perlu dilepas dan lakukan cara pembersihan dan pembilasan yang sama seperti proses pembersihan papan VGA tadi
  • Gunakan pengering untuk mengeringkan semua komponen dengan hair dryer atau semacamnya. Jika kita tidak mempunyai alat tersebut kita juga bisa menjemurnya dibawah terik sinar matahari dan pastikan semua komponen benar-benar kering. Karena jika ada yang masih basah hal ini dapat menimbulkan masalah nanti.
  • Setelah benar-benar kering pasangkan semua bagian yang sudah dilepas sebelumnya. Pasangkan juga pada bagian fan heat sink dan jangan lupa berikan thermal paste pada permukaan chipset VGA
  • Selanjutnya cek hasil dari perbaikan tadi pada PC kita. Demikian cara mengatasi masalah artefak baik pada bagian software maupun hardwarenya, jika dengan semua cara di atas masalah artefak itu tetap saja muncul mungkin kita harus membeli kartu VGA yang baru.
Tags:

Baca Juga

20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
permainan kelompok, game kelompok, games kelompok, permainan outbound, outbound games, permainan team building dalam ruangan, permainan kelompok dalam ruangan, permainan indoor team building, games teamwork, team building activities, team building games indoor
10 Permainan Outbound untuk membentuk Kerjasama Kelompok
Empek-Empek Ikan Tenggiri, Camilan yang Mengenyangkan
Empek-Empek Ikan Tenggiri, Camilan yang Mengenyangkan
Resep Oseng Cumi Tomat Pete, Masakkan Mudah Penggugah Selera Makan
Resep Oseng Cumi Tomat Pete, Masakkan Mudah Penggugah Selera Makan
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo, Cocok Untuk Melengkapi Nasi Gudeg
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo, Cocok Untuk Melengkapi Nasi Gudeg
Resep Camilan Kentang Keju Kopong, Camilan Sederhana yang Cocok untuk Kumpul Bersama Keluarga
Resep Camilan Kentang Keju Kopong, Camilan Sederhana yang Cocok untuk Kumpul Bersama Keluarga