Mendaki gunung adalah sebuah olahraga dan kegiatan alam yang menarik untuk dilakukan oleh beberapa orang. Namun sekarang ini kegiatan tersebut sering dilakukan mengingat banyaknya promosi atau dokumentasi kegiatan yang sering dilakukan orang – orang sehingga menarik perhatian. Mendaki gunung menawarkan sensasi dan kepuasan tersendiri bagi  orang yang melakukannya. Mendaki gunung juga menjadi hal yang menyenangkan karena dengan melihat alam selama mendaki gunung akan menenangkan diri dari segala beban yang ada.

Tips Mendaki Gunung Sendirian

Meskipun kelihatan menyenangkan dan seru, mendaki gunung juga butuh keahlian dan harus mewaspadai ancaman yang ada di sekitaran gunung. Jika tidak memiliki persiapan matang tentu akan menjadi hal yang tidak baik. Oleh karena itu biasanya mendaki gunung dilakukan berkelompok baik itu kelompok kecil 4 orang atau rombongan besar hingga 20 orang. Dengan mendaki berkelompok dapat mengurangi beban yang ada dan bisa saling bahu membahu dalam menghadapi rintangan yang ada selama mendaki gunung. Akan tetapi bagaimana jika mendaki gunung dilakukan sendirian?, seorang diri dengan hanya membawa peralatan yang anda miliki. Apakah hal ini bisa dilakukan dan bagaimana dampak nya bagi pendaki tersebut?.

Dalam tulisan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana mendaki gunung sendirian, bagaimana dampak baik dan buruknya serta tips melakukannya bagi anda yang ingin melakukan perjalanan mendaki gunung sendiri tanpa teman.

Alasan Mendaki Gunung Sendiri, Serta Dampak Baik dan Buruk

Mendaki gunung sendirian memang bukan hal yang dilarang karena tidak ada peraturan tertulis mengatur tentang hal tersebut. Oleh karena itu mendaki gunung sendirian bisa dilakukan oleh orang – orang yang mampu atau hanya sekedar ingin melakukannya karena merasa mendaki berkelompok memakan waktu atau merepotkan.

Alasan orang mendaki gunung sendirian mungkin bisa terbagi dalam beberapa hal, misalnya orang tersebut sudah berkompeten atau memiliki kemampuan mendaki gunung sendiri, ditambah dengan kemampuan lain seperti kemampuan surivival, tentu mendaki gunung sendirian bukan sebuah masalah. Selain itu mendaki gunung sendiri mungkin tidak akan merugikan orang lain dan tidak membuat diri sendiri repot karena tidak membawa orang lain dengan beban sendiri.

Mendaki gunung sendirian memiliki dampak baik dan buruk yang tentu ada resikonya masing – masing. Hal baik yang bisa tercapai dengan mendaki gunung sendiri adalah tidak adanya gangguan dari orang lain mengenai perjalanan kita selama mendaki gunung, anda bisa istirahat atau berjalan tanpa diatur atau tergantung dengan kondisi kelompok. Selain itu dengan mendaki gunung sendiri anda bisa bebas dari masalah akibat orang lain selama mendaki, karena biasanya sifat orang seperti egois akan muncul saat mendaki. Adapun dampak buruk juga ada misalnya jika anda tidak mampu anda akan kesulitan mencari bantuan teman dan juga akan merepotkan orang lain diluar kelompok anda. Bisa juga anda tidak mampu menaklukan alam sendirian karena tidak adanya bantuan dari orang lain.

Tips Mendaki Gunung Sendirian

Dari beberapa poin di atas, anda bisa mencoba melakukan pendakian gunung sendirian jika anda mau dan mampu, namun jangan mencobanya jika anda hanya modal nekat dan tanpa persiapan matang. Berikut adalah tips mendaki gunung sendirian yang berguna saat anda ingin melakukan kegiatan ini.

1. Beritahu Orang Lain Rencana Mendaki Sendiri Sebelum Mendaki

Hal ini penting agar jika anda mengalami masalah saat mendaki gunung, orang lain akan mudah mengetahui keberadaan anda. Beritahu teman atau keluarga bahwa anda melakukan kegiatan ini sendirian, dan bila perlu beritahukan pegawai pos pendakian mengenai kegiatan anda yang dilakukan sendirian

2. Persiapkan Diri Ekstra dan Perbekalan Lebih Banyak

Mendaki gunung butuh persiapan, apalagi jika dilakukan sendirian. Pastikan persediaan yang anda bawa cukup bahkan lebih untuk mendaki gunung karena tidak ada teman berbagi. Selain itu persiapan diri juga harus lebih ekstra dari sebelumnya, karena hanya anda yang tahu fisik anda sendiri.

3. Kenali Trek Pendakian dan Medan

Mendaki gunung sendirian butuh keahlian / keterampilan, maka dari itu anda juga harus mengenal trek mendaki gunung dengan baik, jika kurang mengerti bisa menanyakan pada orang yang mengerti seperti petugas basecamp atau pos pendakian.

4. Kenali dan Persiapkan Diri Terhadap Cuaca

Cari informasi mengenai cuaca di area pendakian baik melalui aplikasi di gadget atau menanyakan kepada warga sekitar, jika merasa cuaca bersahabat anda dapat melakukan pendakian, jangan paksakan mendaki saat cuaca buruk karena membahayakan diri anda sendiri.

5. Pilih Jalur Pendakian Yang Ramai Pendaki

Hal ini penting karena anda tidak memiliki teman yang bisa dimintai bantuan, pilih jalur ramai agar anda merasa aman karena banyak orang yang ikut mendaki di gunung tersebut.

6. Kenali Batasan Diri Sendiri

Meskipun cuaca sedang baik atau jalur aman, anda juga harus tetap mengenali batasan diri sendiri terhadap kegiatan ini. Jangan paksakan diri anda mendaki gunung apabila sedang tidak fit atau cedera, karena ini akan merepotkan pendaki lain karena tidak ada teman yang bersama anda.

7. Meminta Tolong Pendaki Lain dan Ramah Terhadap Mereka

Ramah terhadap pendaki lain adalah wajib karena di alam kita harus selalu ramah dan berbuat baik terhadap sesama. Apalagi jika anda sendirian dan tidak ada teman, ramah terhadap pendaki lain akan sangat bermanfaat ketika anda akan meminta tolong / bantuan kepada mereka apabila terjadi masalah.

Demikian tulisan kami mengenai mendaki gunung sendirian, kami sarankan jika anda belum mampu mendaki gunung sendiri tidak melakukannya demi keselamatan anda, alangkah baiknya mendaki gunung bersama teman atau orang lain agar menjadi kegiatan yang menyenangkan dan aman, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.