Sedang Menganggur? Berikut Tips Mencari Lowongan Pekerjaan.

Cara Melamar Pekerjaan, Kebutuhan akan ekonomi tidaklah dapat dipungkiri, karena hampir setiap lini kehidupan membutuhkan yang namanya uang. dan salah satu solusi untuk mendapatkan uang adalah dengan bekerja.

lalu bagaimana kalau kita sedang tidak bekerja alias menganggur? jawabannya ya kalo ndak cari kerja ya bukalah usaha. untuk usaha kalian bisa mulai belajar berwirasuaha dengan memanfaatkan peluang usaha.

Jika kalian ingin bekerja mulailah untuk mencari lowongan pekerjaan.

Mencari Lowongan Pekerjaan

dijaman serba online ini, mencari lowongan pekerjaan terbilang sangat mudah karena semuanya sudah tersedia secara online, tinggal ketik “lowongan pekerjaan di kota xxx” otomatis menampilkan hasil berupa situs-situs penyedia lowongan pekerjaan yang bisa kalian cek.

Usaha mencari lowongan pekerjaan lainnya, bisa kalian lakukan dengan:

  • Mengikuti JOB Fair
  • Mencari lowongan dikoran
  • Bertanya pada teman, ataupun kerabat

Cara melamar dan Syarat melamar pekerjaan

Setelah mendapatkan lowongan yang diinginkan kalian bisa memulai untuk mempersiapkan syarat-syarat untuk melamar pekerjaan. secara umum syarat melamar pekerjaan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan senjata utama untuk melamar sebuah pekerjaan, surat lamaran kerja ini biasanya tersaji dua macam, bisa berupa tulisan tangan ataupun cetak. dan bisanya cuma satu lembar saja.

Tips. tulislah surat lamaran kerja dengan jelas, to the point dan tidak bertele-tele.

2. Curriculumm Vitae Atau Daftar Riwayat Hidup

CV atau daftar riwayat hidup adalah sebuah lembar yang memuat informasi tentang diri kalian, mulai dari asal-usul hinggal jenjang karir kalian. informasi yang terkandung dalam sebuah CV sangat penting untuk pertimbangan HRD untuk menerima kalian bekerja atau tidak. agar lebih mudah kalian bisa cek contoh daftar riwayat hidup agar CV kalian lebih menarik.

3. Foto Kopi Ijazah

4. Fotokopi Sertifikat Dan Piagam

Jika kalian mempunyai sebuah prestasi sebaiknya lampirkan juga fotokopi sertifikat dan piagam yang kalian miliki, ini akan menjadi nilai tambah kalian.

tipsnya. bawalah sertifikat dan piagam kalian yang sesuai dengan lowongan kerja yang kalian lamar.

5. Fotokopi Identitas Diri (KTP)

6. SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau biasa dikenal sebagai surat kelakuan baik adalah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian yang menyatakan bahwa kita tidak pernah bermasalah dengan UU Pidana, Perdata, kriminalitas dan lain-lain.

7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

8. Pas Foto

Pas foto ini digunakan untuk meyakinkan bahwa yang melamar perjaan ini adalah benar-benar kamu. bukan orang lain.

untuk ukuran foto umumnya 4×6, 4R berwarna. terkadang bisa berbeda antar perusahaan.

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Tak jarang jika kalian melamar sebuah lowongan pekerjaan secara online, biasanya kalian akan diminta untuk mengirim surat lamaran melalui email.

sebelum kalian mengirim lamaran melalui email sebaiknya perhatikan beberapa hal ini.

  • Persiapkan seluruh dokumen yang ingin dikirimkan via email
  • Gunakan email asli dan aktfi. jangan gunakan nama email aneh-aneh.

 Isi alamat email perusahaan dengan benar

dalam mengirim email pastikan alamat yang dituju benar, jika salah maka tidak akan terkirim alias salah alamat.

Isi subjek/judul email dengan benar

Beberapa perusahaan mencantumkan ketentuan dalam membuat subjek dalam pengiriman surat lamaran kerja, misalkan saja Posisi pekerjaan – Nama Anda. walaupun perusahaan lain kadang tidak memberikan perlakuan khusus.

Isi body/badan email

Isilah body email kalian dengan teks yang kurang lebih sama dengan isi dari surat lamaran kalian. meskipun ini tidak wajib tapi ini mencerminkan bahwa kalian dapat menggunakan email dengan tepat.

Lampirkan persyaratan

Kemudian lampirkan dokumen-dokumen yang sudah dipersiapkan, klik icon “clip” sebelah kanan icon “A”. kemudian cari letak dokumen-dokumen kalian.

terakhir adalah klik tombol Kirim untuk mengirim surat lamaran melalui email.

Loading...
Close Menu