Membuat grafik di excel – Hal yang paling menarik dari Microsoft Excel adalah Microsoft excel dapat menyajikan dalam bentuk grafik yang sangat memudahkan kita dalam membaca laporan suatu aktifitas dengan sangat mudah dan enak dipandang. Biar bagaimanapun gambar lebih nyaman dipandang daripada sekumpulan angka yang memusingkan kepala. Oleh karenanya dalam Belajar Microsoft excel ini kita akan belajar membuat grafik di excel.

Membuat Grafik di Microsoft Excel

Sebenarnya membuat grafik di excel ini cukup mudah, kita hanya perlu menyediakan sebuah table sebagai sumber data untuk dijadikan sebuah grafik di Microsoft excel.

Baiklah kita ambil studi kasus agar lebih mudah dipahami. Dalam studi kasus membuat grafik di excel ini kita akan membuat grafik laporan pendapatan organisasi dari bulan Januari hingga bulan Maret. Dengan data kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

Langkah pertama untuk membuat grafik di excel adalah dengan menyeleski dari CELL A3 (biru) hingga CEL: E6 ( diangka Rp 6,000.00 ) seperti gambar berikut.

Klik “Tab Insert” pada menu Ribbon.

Perhatikan pada “Charts” yang ditandai merah, disana terdapat banyak sekali model-model grafik dan bagan yang bisa kita pilih untuk digunakan.

Pertama kita pilih “Column” dulu

Kemudian kita akan ditawari beberapa model Bagan yang nantinya akan kita jadikan sebagai grafik seperti berikut.

Kalian bisa pilih yang mana saja yang kalian sukai. Sebagai contoh disini menggunakan “Clustered Column” pertama paling kiri dari bawah “2-D Column”.

Berikut hasilnya

 

Mengganti Grafik di Microsoft Excel

Jika dengan apa yang tersedia kalian tidak puas kalian bisa menggunakan model lain, kalian bisa klik “Tab Design” dan memilih style grafik yang kalian inginkan.

Atau mengganti tipe Chart nya dengan mengklik “Change Chart Type” dan kalian akan dihadapkan pada sebuah window yang didalamnya ada banyak sekali pilihan model grafik / bagan yang siap pakai.

Disini akan kita contohkan dengan mengubah grafik dalam model “Pie Doughnut”.

Kemudian klik OK.

Dan hasilnya adalah sebagai berikut

Kalian bisa berkreasi sendiri dengan model-model grafik di Microsoft excel sehingga laporan yang kalian buat mudah untuk dibaca dan dipahami.

Bagi yang ingin mengikuti tutorial Microsoft excel dari awal, kalian bisa klik daftar isi dibawah ini:

Dan bagi yang ingin berdiskusi mengenai hal-hal terkait tutorial Microsoft Excel ini atau hal lain asal berhubungan dengan Excel silahkan gunakan kolom komentar dibawah.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.