Saat anda bekerja, kerjasama tim, atasan yang bijaksana dan mengerti tanggung jawab, pekerjaan yang sesuai passion atau keinginan serta fasilitas menjadi deretan alasan mengapa seseorang dapat bekerja dengan maksimal dan menyenangkan. Disisi lain banyak orang yang menganggap bahwa bekerja dengan maksimal bukan hanya di bayar sesuai gaji ataupun kontrak, melainkan bagaimana anda bisa mewujudkan hasil yang baik dan maksimal. Untuk itu tidak sembarang orang akan bekerja sembrono dan memanfaatan waktu sebaik mungkin, karena berkaitan dengan pendapatan yang akan anda dapatkan.

Dalam sebuah pekerjaan anda juga harus membuat sebuah rencana, memang tidak sembarangan dan harus dipikirkan dengan matang. Adanya rencana ini akan mempermudah anda dalam melakukan to do list atau daftar pekerjaan. Disisi lain, anda juga bisa menjelaskan pada rekan tim maupun kepada bawahan yang ingin memahami program kerja anda. umumnya banyak orang yang menggunakan metode roadmap untuk membantu menjelaskan rencana dan cara kerja yang dimiliki.

Loading...

Pengertian Road Map

roadmap, template roadmap, pengertian roadmap

Roadmap adalah sebuah peta atau alur yang sengaja dibuat untuk menampilkan jaringan dan juga jalanya sebuah rencana dan kegiatan. Roadmap ini identik dengan jaringan transportasi dari informasi geografis alami, mungkin sebagian orang menyebutnya sebagai peta atau navigasi. Sebenarnya, road map tidak terbatas hanya itu saja melainkan luas. Mulai dari batasan yang bersinggungan dengan rencana kerja, perbatasan, hal bisnis, bangunan terkemuka dan lain sebagainya. Meskipun begitu roadmap tidak bisa dibuat sembarangan dan anda standarnya, agar dapat dipahami dan dapat membantu anda menyampaikan informasi secara profesional.

Karena masuk kedalam rencana maupun panduan, penunjuk jalan yang biasa disebut roadmap juga menjadi salah satu alasan mengapa roadmap bisa memiliki definisi yang luas dan bebas. anda bisa menggunakan roadmap untuk menunjukan tahapan sistematis mengenai pelaksanaan suatu program kegiatan dalam kurun waktu yang singkat dan tertentu.

Tujuan Roadmap

roadmap, template roadmap, pengertian roadmap

Setelah mengetahui definisi, maka selanjutnya yang hal yang bisa anda ketahui adalah tujuan roadmap :

  1. Menjadi instrumen yang bisa digunakan untuk memandu perubahan lingkungan kegiatannya sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh anda. Selain itu roadmap juga bisa dilakukan untuk menjelaskan karakteristik yang ada.
  2. Menjadi instrumen yang dapat mempersatukan semua kegiatan dalam lingkungan yang sudah ditentukan batas jelasnya.
  3. Selanjutnya tujuan yang paling banyak dilakukan adalah merupakan dokumen yang dapat menjadi acuan untuk melakukan perubahan setiap individu di bidang masing-masing
  4. Membantu menjelaskan hal yang sudah anda buat dan yang akan anda lakukan, sehingga menjadi lebih mudah untuk menjelaskan.
  5. Roadmap bertujuan untuk menuangkan rencana atau ide menjadi hal yang resmi dan sah, serta membantu merujuk menjadi dokumen yang resmi.

Prinsip dasar roadmap

Setelah memahami mengenai pengertian dan tujuan, masuk ke pembahasan selanjutnya mengenai prinsip dasar yang wajib anda pahami ketika membaca dan membuat roadmap. Hal ini dikarenakan adanya aturan dan prinsip dapat membpermudah sebuah roadmap untuk dibuat, termasuk anda yang senang dengan penggunaan roadmap. Contoh dari roadmap sendiri akan diberikan dalam artikel ini.

  • Jelas : road map harus mudah di pahami dan dapat di laksanakan.
  • Ringkas: road map di sajikan secara ringkas dan padat sesuai format yanag di tentukan.
  • Terukur : program, kegiatan, target, waktu, outputs, dan outcoms harus dapat diukur.
  • Adjustable : road map dapat mengakomodasikan umpan balik dan perbaikan yang di perlukan.
  • Terinci : road map merupakan rincian dari pelaksanaan kegiatan dan hasil kegiatan tersebut.
  • Komitmen : road map merupakan kesepakatan bersama yang memberikan gambaran kesadaran akan tnggungjawab yang harus di selesaikan.
  • Dokumen resmi : road map harus menjadi dokumen resmi yang dapat di tetapkan dalam lingkungan kerja yang bersangkutan.

Template atau Contoh Roadmap

roadmap, template roadmap, pengertian roadmap

Ketika anda memutuskan untuk membuat dan mencoba menggunakan roadmap maka hal yang paling penting adalah bagaimana tahapan pembuatannya atau standar yang bisa anda dapatkan. Dimana produk ini masuk kedalam planning wajib yang harus bisa anda gambarkan ketika membuat sebuah program dan kegiatan. Adapun template yang bisa anda persiapkan diantaranya adalah :

  1. Roadmap membutuhkan satu lembar besar tanpa potongan atau berlembar-lembar. Ketika anda membagikan dan menjelaskan roadmap usahakan tertera dalam satu lembar utuh tanpa terpotong ataupun tanpa terpecah. Hal ini menjadikan anda lebih mudah menjelaskan mengenai template dibandingan dengan terpisah. Kertas bisa saja bebas mulai dari ukuran A4 hingga A2.
  2. Informasi yang dimuat roadmap harus jelas, diantaranya adalah nama kegiatan atau program yang dicetak besar, flow dengan menggunakan alur dan shape yang jelas dan terakhir adalah tujuan serta latar belakang kegiatan tersebut dilakukan. Semua harus tertera dalam satu lembar yang sama.
  3. Selanjutnya template digunakan untuk membagi tim kerja atau sumber daya manusia. Jika banyak yang harus dkikerjakan dalam satu waktu maka bagi orang menjadi beberapa tim sehingga lebih aman dan tentu saja sesuai. Disisi lain anda tidak membuang waktu untuk menjelaskan tim apa saja dan apa job desknya.
  4. Jelaskan dan cantumkan deadline serta proses dan output yang diharapkan. Boleh memuat berupa informasi ataupun hal lainnya yang dapat membantu anda menjelaskan apa yang ingin dicapai.
  5. Jangan lupa roadmap dibuat bukan berdasarkan opini saja, anda harus membuatnya berdasarkan fakta yang ada bahkan kajian. Terutama bagi roadmap yang dibuat untuk sebuah panduan maka tidak boleh sembarangan.

Baca Selengkapnya
Loading...